Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100 persen animasi computer yakni

Animasi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup

Ditemukannya prinsip dasar animasi adalah dari karakter mata manusia yaitu : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

Animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai :
Suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis.

Jenis Animasi

Ada 4 jenis animasi menurut Hofstetter (2001, p26) :

  1. Frame Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.
  2. Vector Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
  3. Computational Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.
  4. Morphing : Peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk menampilan
    perubahan satu sampai perubahan bentuk lainnya.

Perkembangan Teknologi Animasi

Animasi pada awalnya bisa dikatakan sangat sederhana, namun sekarang telah berkembang dan dibedakan menjadi 3 teknologi , yaitu

  1. Animasi dua dimensi (2D),
  2. Animasi tiga dimensi (3D),
  3. Animasi clay.

Animasi (2D)

Sering disebut film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata cartoon, artinya gambar yang lucu. Memang film kartun ini kebanyakan film yang lucu misalnya :

  • Looney TunesScooby Doo
  • Doraemon Legenda
  • Raja Matahari,
  • The Lion King
  • Brother Bear

Animasi 3D

Finding Nemo, inilah contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image (CGI). CGI menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan tiga dimensi, tak sekedar datar. Salah satu studio CGI yang terbesar adalah Pixar yang berlokasi di Emeryville, California. Selain Finding Nemo, Pixar juga memproduksi Monsters.Inc, Toy Story, Toy Story 2, dan A Bugs Life. Toy Story ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100 persen animasi computer.

Animasi Clay

Film animasi clay pertama diliris bulan Februari 1908 berjudul A Sculptor’s Welsh Rarebit Nightmare. Kalau masih susah membayangkan seperti apa animasi clay ini, tonton saja film Bob the Builder di TV, Wallace and Gromit, atau Chiken Run.

Tokoh-tokoh dalam animasi clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya. Lalu, kerangka ini ditutup dengan plasticine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, bisa dilepas dan dipasang lagi.

REFERENSI : http://www.satriamultimeedia.com

SOAL MENGUASAI STORY BOARD APLIKASI MULTIMEDIA 1. Prinsip dalam penyusunan story board adalah,kecuali....  

    A. Pesan Visual harus kreatif (asli,luwes dan lancar),

    B. Editing       C. Komunikatif     D. Efisien dan Efektif     E. Sekaligus indah / estestis 2. Animasi (2D) atau yang bisa disebut dengan...     A. Sinetron

    B. Kartun  

    C. Teater     D. Komedi     E. Horor 3. Estetika berasal dari kata Yunani yakni aesthesis yang artinya..

    A. Perasaan,selera perasaan atau taste    

    B. Perasaan berseni     C. Keindahan     D. Keyakinan     E. Berperasaan 4. Adapun format yang paling populer untuk animasi web dengan pemutar adobe flash player adalah..     A. jpg     B. gif

    C. Shockwave Flash (SWF)    

    D. 3gp     E. mts 5. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..

    A. 1940    

    B. 1950     C. 1960     D. 1970     E. 1980 6. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah...     A. Video     B. Image  

    C. Animasi

    D. Vektor     E. Teks 7. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..

    A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image  

    B. Gambar hidup dan mati     C. Nyata dan rekayasa     D. Bercerita dan bersuara     E. Kotak dan persegi panjang 8. Pengertian storyboard secara global adalah....     A. Merevisi ide - ide awal

    B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera  

    C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum     D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan     E. Mempelajari script dengan baik 9. FFAI adalah singkatan dari..     A. Festival Film Anime Indonesia     B. Festival Film Animasi Inggris     C. Festival Font Animasi Indonesia     D. Film Festival Animasi Indonesia

    E. Festival Film Animasi Indonesia

10. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...     A. Animasi     B. Advertising

    C. Buku pelajaran    

    D. Teater     E. Komik 11. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..

    A. 1940    

    B. 1950     C. 1960     D. 1970     E. 1980 12. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...     A. 2,35 : 1

    B. 1,85 : 1  

    C. 1,78 : 1     D. 1,66 : 1     E. 1,33 : 1 13. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil sebagian objek tertentu (misal wajah) adalah teknik..     A. Extreme close up

    B. Close up  

    C. Medium long shoot     D. Long shoot     E. Over shoulder 14. Salah satu software animasi 2D yang merupakan keluaran Adobe adalah...     A. Dreamweaver

    B. Flash  

    C. Photoshop     D. Premiere     E. Ilustrator 15. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..

    A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image    

    B. Gambar hidup dan mati     C. Nyata dan rekayasa     D. Bercerita dan bersuara     E. Kotak dan persegi panjang 16. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion,kecuali adalah..     A. Movie Maker     B. Video Pad     C. Flash Player     D. Photo Story

    E. Format Factory

17. Di bawah ini adalah yang bukan komponen - komponen storyboard adalah..     A. Bentuk adegan / potongan - potongan gambar sketsa     B. Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa     C. Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu)

    D. Bentuk visualisasi (3D)    

    E. Bentuk isi cerita yang terdapat dalam setiap gambar 18. Sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah..     A. Properties     B. Action script     C. Frame     D. Time line

    E. Animation

19. Untuk membuat animasi pergerakan objek,biasanya dengan tahapan...     A. Klik kanan - Tween - Create Animation     B. Klik kanan - Motion Tween - Create Animation     C. Klik kanan - Insert Frame - Create Animation

    D. Klik kanan - Create Motion Tween 

    E. Klik kanan - Create Animation Tween 20. Yang merupakan pengertian dari storyboard,adalah...     A. Penjabaran tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi

    B. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar

    C. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan     D. Hal - hal yang berhubungan dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir proses produksi     E. Daftar tabel yang dimulai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan 21. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...     A. 2,35 : 1

    B. 1,85 : 1

    C. 1,78 : 1     D. 1,66 : 1     E. 1,33 : 1 22. Yang tidak termasuk software animasi adalah...     A. Forge 3D     B. 3Ds max     C. Frame     D. Maya

    E. Word

23. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...     A. Animasi     B. Advertising

    C. Buku pelajaran

    D. Teater     E. Komik 24. Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah / membuat animasi..     A. Coreldraw     B. Microsoft Word     C. Photosop     D. Paint

    E. Macromedia Flash

25. 3D pada tahap pembuatan animasi terdapat 2 tahapan yaitu...

    A. Konvensional dan Digital

    B. Tradisional dan Modern     C. Konvensional dan Modern     D. Tradisional dan Digital     E. Konvensional dan Manual 26. Teknologi yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar - benar hidup dan bernuansa 3 dimensi tak sekedar datar adalah definisi dari...     A. C D I     B. G C I

    C. C G I 

    D. I D G     E. C D R 27. Suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan,yang mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan disebut...     A. Ilmu Astetik

    B. Ilmu Estetika

    C. Ilmu Etika     D. Ilmu Tetika     E. Ilmu Estatika 28. Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100% animasi komputer yakni...

    A. Toy Story

    B. A Bugs Life     C. Monster Inc     D. Super Hero     E. Spiderman 29. Animasi dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu..     A. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi 4D     B. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi klay

    C. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi clay  

    D. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi kartun     E. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi murni 30. Contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image adalah di bawah ini...

    A. Finding Nemo

    B. Looney Tunes,dan Scooby Doo     C. Doraemon Legenda Raja Matahari     D. The Lion King     E. Brother Bear 31. Teknik pengolahan animasi menggunakan komputer dengan tool untuk membuat visual effect disebut..

    A. Computer Based Animation

    B. Computer Base Animation     C. Computer Book Animation     D. Computer Bold Animation     E. Computer Back Animation 32. Animasi ringan dapat juga ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk animasi...     A. jpg

    B. gif 

    C. Shockwave Flash (SWF)     D. 3gp     E. mts 33. Proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer disebut..     A. Composite     B. Editing

    C. Rendering

    D. Camera Shooting     E. Lay out 34. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut..     A. Skala     B. Posisi     C. Rotasi     D. Warna     E. Transparasi 35. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapat beranimasi disebut..     A. Button

    B. Movie clip

    C. Graphic     D. Library     E. Frame 36. File Flash yang dapat langsung di jalankan tanpa harus membuka program Flash adalah file yang berekstensi...     A. exe     B. fla

    C. swf

    D. gif     E. html 37. Merupakan teknikn animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap,adalah definisi dari...     A. Animasi pasir (Sand Animation)     B. Hand drawn Animation

    C. Animasi Gambar

    D. Animasi cut out (Cut out Animation)     E. Animasi clay ( Clay Animation) 38. Bagian judul (berisi tentang judul,episode,scene,dan halaman) adalah komponen penyusun...     A. Movie Maker     B. Animasi

    C. Storyboard

    D. Frame     E. Audio 39. Penggunaan storyboard dalam pembuatan stop motion adalah     A. Membingungkan pembuat     B. Mempercepat proses produksi     C. Memperlambat proses produksi

    D. Mempermudah proses produksi 

    E. Mempersulit proses produksi 40. Ide cerita dalam pembuatan stop motion berguna untuk...     A. Mengetahui cara pembuatan stop motion

    B. Mengetahui pesan yang disampaikan pembuat stop motion

    C. Mengetahui ekspresi gambar     D. Mengetahui biaya produksi     E. Mempersulit proses produksi 41. Berikut contoh dibawah ini yang merupakan animasi 2D adalah..     A. Final Fantasy,Pink Panther,Tom and Jerry

    B. Scooby Doo,Doraemon,Brother Bear 

    C. Pink Panther,Final Fantasy,Tom and Jerry     D. Scooby Doo,Monster Inc,Finding Nemo     E. Brother Bear,Tom and Jerry,Dinosaurs 42. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi..     A. Animasi Tradisional     B. Animasi Komputer

    C. Stop - motion animation

    D. Wayang     E. Puppet 43. Teknik animasi stop - motion pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton Pada tahun 1906,yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis,diambil gambarnya       dengan still camera,kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Teknik animasi stop - motion ini paling sering digunakan dalam visual effect untuk film - film di era..     A. Tahun 40-50 an

    B. Tahun 50-60 an

    C. Tahun 60-70 an     D. Tahun 70-80 an     E. Tahun 80-90 an 44.  Pengertian storyboard secara global adalah....     A. Merevisi ide - ide awal

    B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera

    C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum     D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan     E. Mempelajari script dengan baik

Menggabungkan Fotografi Kedalam Sajian Multimedia 1. Payung reflector yang berwarna perak berguna untuk.. A. Menghasilkan cahaya yang lebih kuat B. Menghasilkan cahaya yang hangat C. Menghasilkan cahaya soft D. Menghasilkan cahaya cross E. Menghasilkan cahaya latar 2. Alat bantu pencahayaan yang bentuk hampir sama seperti flash tetapi lebih besar dan cahaya yang dihasilkan juga besar disebut.. A. Snoot B. Light stand C. Strobe D. Slave unit E. Tripod 3. Alat yang dapat digunakan sebagai reflector saat pemotretan dibawah ini kecuali… A. Kain warna hitam B. Kain warna putih C. Kertas mengkilap D. Styrofoam E. Kain warna perak 4. Photography,yang berasal dari kata “Photos” berarti cahaya dan “Grafo” berarti melukis. Keduanya berasal dari Bahasa… A. Latin B. Sansekerta C. Krama inggil D. Inggris E. Yunani 5. Proses melukis atau menggambar dengan menggunakan media cahaya, disebut … A. Menggambar B. Memantulkan C. Melukis

1. Bagian ini mencakup bagaimana sinyal audio diciptakan, dapat berupa sumber langsung seperti mikrofon atau peralatan music atau memainkan kembali (playback) sumber seperti tape deck,CD,dan lainnya . . . A. Sumber B. Proses C. Keluaran D. Input E. Output 2. Peralatan ini berfungsi mengkonversi gelombang suara menjadi sinyal audio . . . A. Speaker B. Mikrofon C. Equalizer D. Mixer E. Amplifier 3. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mikrofon . . . A. On/off B. Play C. Recode D. Shift E. Eject 4. Suara dominan treble atau dominant bass dapat diatur dengan alat berikut ini . . A. Equalizer B. Mixer C. Amplifier D. Speaker E. Mikropon 5. Suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses shooting dan menata agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus disebut… A. Proses capture  video B. Proses editing video C. Proses rendering video D. Proses importing video E. Proses eksporting video 6. Proses pemind