Yang tidak termasuk gaya dan teknik bernyanyi lagu daerah adalah…

A.  Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

    
        Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah dan dinyanyikan secara turun temurun oleh masyarakat di daerah tersebut sesuai budaya dan adat istiadatnya. Lagu daerah merupakan identitas suatu daerah.
       Setiap suku atau daerah di Indonesia memiliki lagu daerah yang menggunakan bahasa daerah setempat dan diiringi dengan karawitan (alat musik tradisional lengkap  secara orkes). Karya – karya seni musik (karawitan) dimainkan dengan ansambel gamelan atau repertor yang bersifat tradisional dan anonimus. Seringkali, seorang pemain / seniman ahli karawitan menambah atau mengurangi komposisi karawitan yang dimainkan, begitu juga dengan beberapa gaya.

      Gaya musikal adalah ciri khas atau karakteristik musikal dari beberapa kondisi. Maka setiap wilayah memiliki gaya yang berbeda-beda, seperti :

1.       Gaya Lokal, yakni karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lain. Kemudian, pada era globalisasi disebut entitas lokal genius.

2.       Gaya individual, yakni tipologi karakteristik seseorang tokoh yang menciptakan lagu, sehingga berbeda dengan pencipta lagu lainnya.

3.       Gaya periodikal, adalah tipologi karakteristik zaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal, adalah tipologi karakteristik yang dapat dibedakan dari berbagai bentuk karya musikal yang ada , misalnya : pada musik Betawi, dalam gambang kromong lagu sayur, dengan lagu phobin atau dalam keroncong tugu antara kroncong asli, langgam, dan stambul.

     
 Setiap daerah memiliki nama atau sebutan bagi seorang penyanyi yang membawakan lagu daerah, contohnya :  di Jawa, Bali,dan Sunda disebut dengan sinden.


Lagu daerah memiliki ciri-ciri:


1.       Teks lagu daerah menggunakan bahasa dan dialek setempat.

2.       Diwariskan secara turun temurun dengan tradisi lisan

3.       Pada umumnya penulis atau pencipta lagu daerah tidak diketahui

4.       Dibawakan dengan diiringi oleh music daerah setempat

5.       Mengandung makna atau pesan untuk masyarakat

6.       Irama dan melodi lagu daerah bersifat sederhana

Fungsi lagu daerah: 
1.       Mengiringi upacara adat 
2.       Mengiringi tari dan pertunjukan tradisional 
3.       Sarana hiburan 
4.       Media komunikasi 
5.       Media penerangan  

     Gaya bernyanyi lagu daerah cenderung berbeda-beda di setiap daerah dan mencerminkan ciri khas masyarakatnya. Contohnya gaya bernyanyi lagu daerah Sunda dan Jawa yang lebih kalem daripada lagu daerah Betawi.


     Lagu daerah dibawakan sesuai dengan teknik ucapan atau artikulasi daerahnya sehingga teknik menyanyi lagu tradisi antardaerah bisa saja brbeda-beda.Lagu daerah biasanya dibawakan oleh paduan suara dan dinyanyikan secara unison (satu suara). 
Paduan suara merupakan bentuk penyajian music vokal yang dihadirkan oleh suatu grup, dapat menggunakan satu suara (unisono), dua suara, atau lebih.

B.  Menyanyi secara Unisono


           Unisono adalah salah satu jenis paduan suara yang menggunakan satu suara dalam penampilannya sehingga tercipta suara yang harmonis dan kompak 

    Lagu daerah dapat dinyanyikan secara perorangan ataupun berkelompok. Contohnya saja Madihin yang menyanyikan pantun seorang diri sekaligus sebagai pemusiknya atau pengiringnya. Sinden pun juga dapat dilakukan secara berkelompok maupun secara sendiri.

Menyanyi secara unisono adalah menyanyi dalam satu suara, sehingga menyanyi unisono membutuhkan kerja sama antara anggota kelompok.

Ada beberapa jenis lagu :

1.       Lagu yang dinyanyikan saat upacara tertentu, seperti pernikahan, kelahiran, kematian, atau permainan.

2.       Lagu-lagu yang berisi nasehat atau sanjungan terhadap makhluk sesama.

    Lagu-lagu daerah dapat menjadi kekayaan yang dapat dijadikan sebuah sarana untuk membentuk karakter dan pendidikan sikap pada diri anak  dan remaja, karena nasehat yang disampaikan melalui lagu dapat lebih bermakna dan lebih mudah untuk diterima.   

Menyanyi adalah salah satu aktivitas seni yang sering dilakukan oleh manusia. Melalui aktivitas bernyanyi, manusia dapat mengungkapkan perasaan melalui nada dan irama serta kata-kata. Ada yang menyanyi dilakukan secara unisono tetapi ada juga yang dilakukan dengan membentuk vokal grup. Jenis musik yang dilantunkan pun bermacam-macam, mulai dari lagu modern hingga lagu daerah yang hingga kini masih tetap bertahan.

Ya, bernyanyi merupakan hal yang telah dilakukan manusia dari sejak dulu. Musik dan lagu adalah bagian dari masyarakat yang tidak pernah lepas dari kesehariannya. Hal itu dibuktikan dengan beragamnya lagu dan masuk daerah di Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu dan musik adat yang hingga kini masih dinyanyikan. Gaya dan teknik yang digunakan pun amat beragam. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari berbagai gaya, teknik, fungsi, dan berbagai konsep lainnya dari lagu daerah atau musik tradisi. Dimulai dari kedudukan dan fungsi musik dalam tradisi masyarakat Indonesia terlebih dahulu.

Kedudukan dan Fungsi Musik dalam Tradisi Masyarakat Indonesia

Lagu daerah memiliki kedudukan dan fungsi kuat pada tradisi masyarakat Indonesia. Salah satu wujudnya adalah melalui penampilan musik tradisi. Selain menjadi penampilan seni musik sebagai hiburan seni tunggal, penampilan musik tradisi di daerah juga sering menyatu juga dengan tradisi lain. Contohnya, musik tradisi sering menjadi musik iringan pertunjukan tari, terkadang juga digunakan sebagai pengiring dalam upacara-upacara adat, dan sering menjadi ilustrasi pergelaran seni teater tradisi pula.

Oleh karena itu musik daerah pada umumnya memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat pendukungnya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa musik daerah berfungsi sebagai media rekreatif/hiburan untuk menghilangkan sejenak segala kepenatan dan keletihan dalam aktivitas sosial budaya sehari-hari. Selain itu, menurut Tim Kemdibud (2017, hlm. 35) beberapa fungsi musik tradisi atau lagu daerah adalah sebagai berikut.

1. Sarana Upacara Adat

Musik daerah bukanlah objek yang otonom atau berdiri sendiri. Musik daerah biasanya merupakan bagian dari kegiatan lain. Contohnya, di berbagai daerah di Indonesia bunyi-bunyian tertentu dianggap memiliki kekuatan yang dapat mendukung kegiatan magis. Itulah sebabnya, music di nusantara banyak terlibat dalam berbagai upacara adat. Sebagai contoh, upacara Merapu di Sumba menggunakan irama bunyi-bunyian untuk memanggil dan menggiring kepergian roh ke pantai merapu (alam kubur). Begitu pula pada masyarakat suku Sunda menggunakan musik angklung pada waktu upacara Seren Taun (panen padi).

2. Musik Pengiring Tari

Irama musik dapat berpengaruh pada perasaan seseorang yang mendengarkannya untuk melakukan gerakan-gerakan indah dalam tari. Bahkan berbagai macam tari daerah yang kita kenal, pada dasarnya hanya dapat diiringi dengan musik daerah tersebut agar tampak serasi, meskipun masih tidak menutup kemungkinan masih dapat dikreasikan. Contoh karya tari diiringi musik daerah yaitu tari Kecak (Bali), tari Pakarena (Sulawesi), tari Mandalika (Nusa Tenggara Barat), tari Ngaseuk (Jawa Timur), tari Mengaup (Jambi), dan tari Mansorandat (Papua).

3. Media Bermain

Lagu-lagu rakyat atau dikenal dengan istilah folksongs tumbuh subur di daerah pedesaan dan banyak digunakan sebagai media bermain anak-anak. Beberapa di antar kita tentunya akan masih menging berbagai permainan dengan lagu ketika kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Banyak judul lagu sering dijadikan nama permainan anak-anak. Contoh lagu rakyat yang dijadikan permainan meliputi lagu Cublak-Cublak Suweng dari Jawa Tengah, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan, Ambil-ambilan dari Jawa Barat, Tanduk Majeng dari Madura, Sang Bangau dan Pok Ame-Ame dari Betawi.

4. Media Penerangan

Lagu-lagu ringan yang mudah diikuti dan diingat dalam iklan layanan masyarakat merupakan contoh fungsi musik sebagai media penerangan. Contoh lagu sebagai media penerangan misalnya dapat berisi informasi mengenai pelestarian lingkungan dan adat istiadat.

Pada masyarakat modern, lagu sebagai media penerangan bisa berisi tentang pemilu, Keluarga Berencana dan ibu hamil, penyakit AIDS, atau informasi sekaligus penerangan pandemi, dsb. Selain dalam iklan layanan masyarakat, lagu-lagu yang bernapaskan agama juga dapat dikategorikan menjadi media penerangan, musik qasidah, terbangan, dan zipin dengan syair-syair lagu dari Al-qur’an.

Teknik dan Gaya Bernyanyi dalam Musik Tradisi

Salah satu hal yang paling menarik dari musik tradisi adalah bagaimana dengan berbagai keterbatasannya seorang penyanyi musik tradisi dapat menampilkan penampilan terbaiknya. Maksudnya, coba lihat bagaimana penyanyi musik tradisi berpakaian ketat bahkan memakai stagen, bernyanyi dengan posisi bersimpuh, tetapi suaranya terdengar merdu dan menarik.

Sementara itu masyarakat dan suku bangsa asli Papua menari sekaligus bernyanyi dan bermain Tifa yaitu alat musik pukul dengan sumber bunyi membran (alat musik gendang masyarakat Papua) dalam kelompok. Stamina mereka tetap terjaga, karena kondisi fisik mereka sudah terlaltih sedari kecil. Selain itu, mereka juga banyak memakan ulat sagu yang kaya akan protein.

Lalu bagaimana dengan teknik dan gaya bernyanyi mustik tradisi daerah lain? Apakah teknik bernyanyi musik tradisi di masyarakat Sunda, Jawa, dan Bali berbeda? Jawaban singkatnya, ya, berbeda. Musik vokal dalam musik tradisi di Indonesia memang sangat beragam.

Sebagai contoh lainnya, pada masyarakat Sunda di wilayah Cianjur dikenal dengan sebutan mamaos atau mamaca. Mamaos adalah tembang yang telah lama dikenal jauh sebelum Indonesia merdeka. Pada awalnya mamaos dinyanyikan kalangan kaum laki-laki. Namun, selanjutnya mamaos juga dinyanyikan oleh kaum perempuan. Banyak kalangan perempuan yang terkenal dalam menyanyikan mamaos, seperti Rd. Siti Sarah, Rd. Anah Ruhanah, Ibu Imong, Ibu O’oh, Ibu Resna, dan Nyi Mas Saodah.

Pada akhirnya, setiap suku di Indonesia memiliki lagu-lagu daerah. Lagu-lagu ini menggunakan bahasa daerah setempat. Gaya bernyanyi lagu daerah juga berbeda-beda. Setiap lagu-lagu daerah biasanya diiringi dengan seperangkat alat musik daerah yang sering disebut dengan karawitan. Istilah karawitan untuk menunjuk pada seperangkat alat musik tradisional secara lengkap.

Jangankan perbedaan wilayah atau adat, komposisi karawitan saja dapat mengembangkan perbedaan-perbedaan dari sebuah wilayah dengan wilayah lainnya sepanjang waktu. Inilah yang menyebabkan munculnya gaya yang berbeda-beda. Gaya musikal adalah ciri khas atau karakteristik musikal yang dihasilkan dari beberapa kondisi. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi perbedaan teknik dan gaya bernyanyi dalam musik tradisi.

1. Gaya Lokal

Gaya lokal adalah karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Contohnya adalah bagaimana para sinden di Jawa Barat memiliki gaya khas yang berbeda dengan gaya menyanyi di pulai lain di Indonesia. Pada isu globalisasi, gaya lokal juga disebut sebagai entitas local genius.

2. Gaya Individual

Gaya individual adalah tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu lainnya. Setiap pencipta lagu atau penyanyi akan memiliki gaya yang berbeda, bahkan meskipun di daerah yang sama.

3. Gaya Periodikal

Gaya periodikal adalah tipologi karakteristik zaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal tertentu. Misalnya gaya dalam bentuk musikal, adalah tipologi karakteristik yang dapat dibedakan dari berbagai bentuk karya musikal yang ada, misalnya pada berbagai karya musik Betawi. Musik Betawi di antaranya dalam gambang kromong lagu sayur, dengan lagu phobin, atau dalam kroncong tugu antara kroncong asli, langgam, dan stambul. Dalam karawitan Betawi gaya atau musical style dikenal dengan istilah Liaw.

Pertunjukan atau pagelaran lagu-lagu daerah tentunya akan dibawakan oleh seorang penyanyi. Penyanyi lagu daerah yang diiringi musik Tradisional di Jawa disebut dengan Sinden, demikian juga di Sunda dan juga Bali. Sementara itu, di daerah Sumatra Utara penyanyi lagu daerah sering disebut dengan Perkolong-kolong. Di Kalimantan disebut dengan Madihin yaitu menyanyikan pantun-pantun dengan diiringi tabuhan gendang. Setiap daerah memiliki nama tersendiri bagi seorang penyanyi yang diiringi dengan orkestrasi musik tradisional.

Bernyanyi Lagu Daerah secara Unisono

Banyak masyarakat dari beberapa suku di Indonesia yang hanya terbiasa bernyanyi dalam satu suara, yaitu sesuai dengan melodi pokoknya saja. Meskipun begitu, beberapa lagu daerah juga ada yang dilakukan secara berkelompok. Madihin misalnya yang menyanyikan pantun seorang diri sekaligus sebagai pemusiknya. Sinden dapat dilakukan secara berkelompok tetapi dapat juga dilakukan seorang diri. Menyanyi secara unisono membutuhkan kerja sama antara anggota kelompok karena jika berbeda sendiri suaranya akan terdengar kurang harmonis dan tidak bagus.

Menyanyi pada masyarakat sering dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat lagu-lagu yang dinyanyikan pada saat upacara tertentu seperti pernikahan, kelahiran, kematian, atau permainan. Ada pula lagu-lagu yang berisi nasihat atau sanjungan terhadap makhluk sesama. Ibu-ibu di daerah masih sering menyanyikan lagu nasihat saat menidurkan anaknya. Demikian juga anak-anak dan remaja masih sering menyanyi sambil melakukan permainan. Hal ini membuktikan bahwa menyanyi secara unisono baik secara perseorangan maupun berkelompok sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Berikut adalah beberapa lagu daerah yang dapat digunakan untuk berlatih secara unisiono maupun secara berkelompok.

Yang tidak termasuk gaya dan teknik bernyanyi lagu daerah adalah…

Yang tidak termasuk gaya dan teknik bernyanyi lagu daerah adalah…

Yang tidak termasuk gaya dan teknik bernyanyi lagu daerah adalah…

Yang tidak termasuk gaya dan teknik bernyanyi lagu daerah adalah…

Referensi

  1. Tim Kemdikbud. (2017). Seni Budaya VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.