Perkembangan multimedia dari jaman ke jaman semakin maju pesat. Hal ini ditandai dengan perubahan media hiburan masyarakat mulai dari radio hingga sekarang muncul sebuah televisi. Sehubungan dengan hal itu, perkembangan software multimedia juga semakin banyak bermunculan. Software multimedia merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah berbagai media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya. Banyak software yang bermunculan mulai dari yang hanya dapat melihat saja hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit. Software multimedia dapat dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video. Nah dibawah ini berikut beberapa software multimedia yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang. (baca juga: Fungsi DOS pada komputer) Media player merupakan sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player biasanya sudah dapat memutar informasi baik video maupun audio. Beberapa software media player antara lain adalah:
baca juga: 2. Image EditorPerangkat lunak ini memiliki fungsi untuk menggambar dan mengedit image atau foto. Saat ini sudah banyak software software image editor yang bermunculan. Dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa contoh software image editor antara lain adalah: Software ini merupakan pengolah gambar dan foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali dengan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu software multimedia terbaik. Software ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel. Photoshop sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit hasil gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya. Saat ini ada beberapa versi photoshop yang beredar di kalangan pengguna antara lain adalah
Salah satu software multimedia ini juga tergolong populer dan seringkali digunakan. CorelDraw diluncurkan oleh Corel Coorporation yang merupakan program dengan basis vektor. Salah satu ciri khas dari program berbasis vektor adalah objek yang dihasilkan dari program tersebut akan relatif sama meskipun mengalami perbesaran hingga beberapa kali. CorelDraw juga sangat unggul sebagai software yang dapat mengolah gambar yang akan dijadikan logo, simbol, dan masih banyak lainnya. Software ini merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh GNU (General Public License). Software ini dapat dioperasikan di beberapa sistem operasi baik sistem Linux maupun Windows. Fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi ini antara lain adalah format image, penampil gambar, penyunting foto otomatis, area kerja yang dapat anda warnai, dan masih banyak lainnya. Anda juga dapat membuka format file photoshop ke dalam GIMP Selain ketiga software diatas juga terdapat beberapa software image editor lainnyaseperti Microsoft paint, Paint shop pro, dan lain-lainnya. Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengedit dan membuat media dalam bentuk video dan audio. Prose pengeditan video dan audio biasanya berupa konversi format, manipulasi kualitas,dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa software editing video dan audio saat ini
baca juga: 4. Graphic/ Image ViewerPerangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view) gamabr secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak format image yang dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer yang ada saat ini
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang khusus tentang animasi antara lain adalah:
Baca juga: 6. Grafik 3DPerangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi merupakan representasi gambar dalam bentuk geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D antara lain adalah
Nah itu tadi informasi seputar software multimedia yang ada saat ini. Semoga dapat membantu anda.
1.beberapa aplikasi perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk membangun grafis dari sebuah multimedia di antaranya sebagai berikut kecuali 2. guna mempermudah dalam proses pemrograman dapat menggunakan bantuan.. 3. guna melati end user sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep maka format sajian multimedia interaktif yang sangat diperlukan adalah... a. eksperimen (percobaan) 4. jenis multimedia lini bawah dengan sasaran tidak terlalu luas dan mencakup komunitas pada wilayah tertentu saja dapat dikategorikan sebagai... b. multimedia communication d. multimedia content production e. multimedia interaktif linear 5. guna memenuhi prinsip kesebandingan maka hal utama yang harus diperhatikan adalah... a. ukuran output yang ingin dihasilkan b. kegiatan pemrograman yang dilakukan c. penulisan coding yang tepat d. penggunaan bahasa yang baku dan padat e. penggunaan gambar yang bersumber secara online 6. berikut yang bukan termasuk keunggulan multimedia adalah... a. kemampuan memperbesar benda yang sangat kecil bahkan yang tidak tampak oleh mata sekalipun seperti bakteri kuman elektron dll b.kemampuan memperkecil benda yang sangat besar benda-benda yang tidak mungkin seperti gedung bertingkat kapal laut gunung dan lain-lain. c. kemampuan menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks maupun berlangsung secara cepat atau lambat misalnya bekerjanya suatu mesin sistem tubuh manusia berkembangnya bunga matahari beredarnya planet dan lain-lain d.kemampuan dalam menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti posisi bulan pergerakan bintang gerhana matahari terjadinya salju dan lain- lain e. kemampuan meminimalisir peningkatan daya tarik dan perhatian 7. faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar media yang dihasilkan menjadi lebih optimal diantaranya e. bersumber secara online 8. berikut pernyataan rada dalam mendefinisikan multimedia yaitu.. a.multimedia merujuk kepada bermacam gabungan dari dua atau lebih susunan media yang ada di dalam bentuk informasi atau program. b. dalam konteks komputer multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks grafik audio video dengan menggunakan kata sehingga end user dapat berinteraksi berkreasi dan berkomunikasi c.multimedia identik dengan kombinasi dari tiga elemen yaitu suara gambar dan teks d. multimedia mengacu kepada gabungan berbagai multimedia yang ada e. multimedia identik dengan kombinasi dari komputer dan video 9. beberapa hal yang dapat dilakukan guna memenuhi prinsip kesatuan antara lain sebagai berikut, kecuali.... a. menggunakan palet warna yang identik di seluruh halaman. b. menggunakan hanya dua atau tiga tipe stylish atau jenis huruf dengan ukuran yang memiliki keterbacaan yang baik dan relatif sama di seluruh halaman media warna dan elemen. c. mengulang warna, bentuk atau tekstur untuk membentuk irama dan eyeflower. d. menyediakan ruang penuh untuk menghadirkan harmoni. e. menggunakan proporsi ukuran objek grafis yang baik dan peletakan yang teratur. 10. salah satu ciri khas dari keseimbangan asimetris adalah.... a. terkesan resmi atau formal b. adanya rasa serasi atau sepadan c. terkesan informal dan lebih dinamis d. kehadiran elemen pada luasnya bidang e. memberi kesan mantap dan tepat 11. berikut yang bukan termasuk unsur-unsur desain adalah... 12. salah satu penyebab kurang optimal media interaktif dalam menyampaikan materinya adalah minimnya penguasaan dan pengetahuan dasar.. a. proses pengembangan dari multimedia yang bersangkutan b. perangkat yang kurang memadai c. jenis perangkat standar untuk penghubung secara fisik sangat sedikit d. desain, komposisi tata letak, warna, dan elemen kesenirupaan e. menampilkan gambar dan suara dengan resolusi yang kurang tinggi 13. perangkat konektor yang identik dengan sebuah standar koneksi digital yang dirancang guna menampilkan gambar dan suara dengan resolusi tinggi adalah...... 14. secara umum manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaan multimedia interaktif adalah sebagai berikut kecuali... a. meminimalisir jumlah waktu pertemuan b. informasi yang lebih menarik dan lebih interaktif c. kualitas belajar dapat ditingkatkan d. proses penyampaian terbatas e. sikap belajar dapat ditingkatkan 15. jenis multimedia yang berjalan tanpa menggunakan suatu alat yang dapat dikontrol secara mandiri oleh end user adalah multimedia.. 1. terangkan yang anda ketahui tentang tahap visual development phase! adalah fase pengembangan dalam bentuk visual atau dapat dinikmati dengan indra penglihatan yaitu misalnya pada saat pengerjaan atau pengembangan proyek pembuatan animasi, video game aplikasi perangkat lunak dan sebagainya, ada tahap dalam produksi pengembangan tersebut bekerja dengan imajinasi, kreativitas dan kerja tim kreatif sebagai komponen terakhir penyelesaian proyek pengembangan. 2. jelaskan hubungan antara desain multimedia digital dengan fleksibel produksi! berikut adanya desain multimedia digital, proses pembuatan produk menjadi lebih fleksibel. perancangan produk tak lagi harus menghabiskan waktu berlama-lama mengulangi rancangan produk dari awal karena dapat melakukan revisi sesuai titik yang diperbaiki sehingga waktu yang digunakan dapat dipersingkat secara signifikan. selain itu, tampilan final yang muncul juga menjadi semakin sesuai dengan tampilan aslinya. 3. sebutkan hal-hal yang termasuk ke dalam prinsip kesatuan atau unity! prinsip kesatuan identik dengan sebuah kohesi konsistensi ketunggalan atau keutuhan sebagai isi pokok dari sebuah komposisi beberapa hal yang dapat dilakukan guna memenuhi prinsip kesatuan antara lain memberikan ruang kosong untuk menghadirkan harmoni, menggunakan paler warna yang identik secara menyeluruh, minimal dua atau tiga tipe stylish dengan ukuran yang memiliki ketebalan yang baik dan relatif sama di seluruh halaman menggunakan peletakan yang teratur dan proporsi ukuran objek grafis yang baik serta mengurangi warna bentuk atau tekstur untuk membentuk irama dan eyeflow. 4. uraikan yang anda ketahui tentang format sajian multimedia interaktif dalam bentuk tutorial! implementasi yang berisi sesuatu konsep disajikan dengan teks, gambar bayi dalam atau bergerak dengan grafik. pada sen yang tepat, yaitu ketika dianggap bahwa penggunaan telah membaca, menginterprestasikan dan menyerap konsep itu disajikan serangkaian pertanyaan atau tugas. 5. uraikan yang anda ketahui tentang perangkat penyimpanan dalam multimedia interaktif! pada dasarnya, perangkat penyimpanan atau media storage dapat digunakan untuk menahan atau memproses data memiliki kemampuan dalam merekam atau menyimpan informasi atau data jenisnya adalah piring cakram, CD dan DVD, Hardisk dan memori.
|