Penyanyi wanita dalam musik gamelan jawa disebut

Diperbarui tgl 22 Desember 2021

Show

Gamelan jelas bukan musik yang asing. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan musik baru jazz-gamelan, melahirkan institusi sebagai ruang belajar dan ekspresi musik gamelan, hingga menghasilkan pemusik gamelan ternama. Pagelaran musik gamelan kini bisa dinikmati di berbagai belahan dunia, namun Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan karena di kota inilah anda bisa menikmati versi aslinya.

Baca juga:

Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa, sebuah bentuk gamelan yang berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.

Pandangan hidup Jawa yang diungkapkan dalam musik gamelannya adalah keselarasan kehidupan jasmani dan rohani, keselarasan dalam berbicara dan bertindak sehingga tidak memunculkan ekspresi yang meledak-ledak serta mewujudkan toleransi antar sesama. Wujud nyata dalam musiknya adalah tarikan tali rebab yang sedang, paduan seimbang bunyi kenong, saron kendang dan gambang serta suara gong pada setiap penutup irama.

Tidak ada kejelasan tentang sejarah munculnya gamelan. Perkembangan musik gamelan diperkirakan sejak kemunculan kentongan, rebab, tepukan ke mulut, gesekan pada tali atau bambu tipis hingga dikenalnya alat musik dari logam. Perkembangan selanjutnya setelah dinamai gamelan, musik ini dipakai untuk mengiringi pagelaran wayang, dan tarian. Barulah pada beberapa waktu sesudahnya berdiri sebagai musik sendiri dan dilengkapi dengan suara para sinden.

Seperangkat gamelan terdiri dari beberapa alat musik, diantaranya satu set alat musik serupa drum yang disebut kendang, rebab dan celempung, gambang, gong dan seruling bambu. Komponen utama yang menyusun alat-alat musik gamelan adalah bambu, logam, dan kayu. Masing-masing alat memiliki fungsi tersendiri dalam pagelaran musik gamelan, misalnya gong berperan menutup sebuah irama musik yang panjang dan memberi keseimbangan setelah sebelumnya musik dihiasi oleh irama gending.

Gamelan Jawa adalah musik dengan nada pentatonis. Satu permainan gamelan komplit terdiri dari dua putaran, yaitu slendro dan pelog. Slendro memiliki 5 nada per oktaf, yaitu 1 2 3 5 6 [C- D E+ G A] dengan perbedaan interval kecil. Pelog memiliki 7 nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 [C+ D E- F# G# A B] dengan perbedaan interval yang besar. Komposisi musik gamelan diciptakan dengan beberapa aturan, yaitu terdiri dari beberapa putaran dan pathet, dibatasi oleh satu gongan serta melodinya diciptakan dalam unit yang terdiri dari 4 nada.

Anda bisa melihat gamelan sebagai sebuah pertunjukan musik tersendiri maupun sebagai pengiring tarian atau seni pertunjukan seperti wayang kulit dan ketoprak. Sebagai sebuah pertunjukan tersendiri, musik gamelan biasanya dipadukan dengan suara para penyanyi Jawa [penyanyi pria disebut wiraswara dan penyanyi wanita disebut waranggana]. Pertunjukan musik gamelan yang digelar kini bisa merupakan gamelan klasik ataupun kontemporer. Salah satu bentuk gamelan kontemporer adalah jazz-gamelan yang merupakan paduan paduan musik bernada pentatonis dan diatonis.

Salah satu tempat di Yogyakarta dimana anda bisa melihat pertunjukan gamelan adalah Kraton Yogyakarta.

Gamelan sebagai pengiring tari klasik: Setiap hari Minggu, pukul 10.00 - 12.00 WIBGamelan sebagai pengiring karawitan: Setiap hari Senin, Selasa, dan Kamis, pukul 10.00 - 12.00 WIBGamelan sebagai pengiring wayang golek menak: Setiap hari Rabu, pukul 10.00 - 12.00 WIBGamelan sebagai pengiring seni macapat: Setiap hari Kamis, pukul 09.00 - 11.00 WIB

Gamelan sebagai pengiring wayang kulit: Setiap hari Sabtu, pukul 10.30 - 11.00 WIB

Tiket gratis, kita hanya membayar tiket masuk Kraton Yogyakarta [Rp 7.500 untuk wisatawan lokal, Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara]

Text YUNANTO WIJI UTOMO Photography JAYA TRI HARTONO
Copyright © 2006 YogYES.COM

Galeri Foto Pertunjukan Gamelan

Pengrawit Dewa Bara

Karawitan
Adalah permainan yang memadukan berbagai alat musik tradisional Jawa atau gamelan dan dimainkan oleh sekelompok orang yang disebut ‘wiyogo’ [semacam orchesrtra ala Jawa]. Karawitan dimainkan dengan diiringi penyanyi wanita yang disebut ‘waranggono’ dan penyanyi pria yang disebut ‘wiraswara’. Karawitan disebut juga ‘uyon-uyon’ yang terdiri dari bermacam-macam lagu. Saat instrumen gamelan dimainkan tanpa penyanyi disebut ‘soran’.

Karawitan berasal dari bahasa jawa “rawit” berarti rumit dan berbelit–belit. Tetapi rawit juga berarti halus, lembut, cantik, berliku-liku, enak dan penuh keindahan. Nada-nada yang dihasilkan dari perpaduan berbagai alat musik gamelan sangat menyentuh jiwa, sehingga dapat menghipnotis dan mempengaruhi suasana hati pendengarnya mengikuti lagu yang dimainkan.  Berbeda dengan nada jenis musik yang lainnya yang tediri dari nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do, gamelan memiliki dua jenis nada pada gamelan, yaitu yang berlaras slendro dan pelok. Laras slendro memiliki nada ji, ro, lu, mo, nem, ji [1, 2, 3, 5, 6, 1], sedangkan laras pelok memiliki nada ji, ro, lu, pat, mo, nem, pi, [1, 2, 3, 4, 5, 6, 7].
Menurut fungsinya instrument dalam Karawitan terbagi menjadi 2, yaitu :

  1. Bagian Lagu : Gambang, Rebab, Siter / kecapi, Gender barung, Suling, Bonang,  Demung, Saron, Gender penerus, Slentem, Bonang penerus, Saron barung
  2. Bagian Irama : Kenong, Kempul, Ketuk, Kempyang, Kendang, Kecer, Gong

Secara filosofis gamelan jawa merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Jawa. Hal demikaian disebabkan filsafat hidup masyarakat Jawa berkaitan dengan seni budaya serta berhubungan dekat dengan perkembangan religi yang dianutnya. Bagi masyarakat Jawa gamelan mempunyai fungsi estetika yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial, moral dan spiritual. Kita harus bangga memiliki alat kesenian tradisional gamelan. Keagungan gamelan sudah jelas ada. Duniapun mengakui bahwa gamelan adalah alat musik tradisional timur yang dapat mengimbangi alat musik barat yang serba besar. Di dalam suasana bagaimanapun suara gamelan mendapat tempat di hati masyarakat. Gamelan dapat digunakan untuk mendidik rasa keindahan seseorang. Orang yang biasa berkecimpung dalam dunia karawitan, rasa kesetiakawanan tumbuh subur, tegur sapanya halus dan tingkah lakunya sopan. Semua itu karena jiwa seseorang menjadi sehalus gendhing-gendhing [Trimanto, 1984].

Dahulu karawitan sering dimainkan di dalam istana untuk menghibur para bangsawan ataupun sebagai sambutan bagi tamu kerajaan. Kepemilikan gamelanpun terbatas pada kalangan istana. Namun sekarang gamelan bisa dimiliki siapa saja yang berminat. Bahkan banyak orang mancanegara yang berminat untuk memiliki seperangkat gamelan. Nah…… mereka saja tertarik, mengapa kita sendiri malah melupakanya??

MIB dari berbagai sumber

Sinden [dari Bahasa Jawa] adalah sebutan bagi wanita yang bernyanyi mengiringi orkestra gamelan, umumnya sebagai penyanyi satu-satunya. Sinden yang baik harus mempunyai kemampuan komunikasi yang luas dan keahlian vokal yang baik serta kemampuan untuk menyanyikan tembang.

Para sinden

Seorang sinden dari Solo

Pesinden juga sering disebut sinden, menurut Ki Mujoko Joko Raharjo berasal dari kata "pasindhian" yang berarti yang kaya akan lagu atau yang melagukan [melantunkan lagu]. Sinden juga disebut waranggana "wara" berarti seseorang berjenis kelamin wanita, dan "anggana" berarti sendiri. Pada zaman dahulu waranggana adalah satu-satunya wanita dalam panggung pergelaran wayang ataupun pentas klenengan. Sinden memang seorang wanita yang menyanyi sesuai dengan gendhing yang di sajikan baik dalam klenengan maupun pergelaran wayang. Istilah sinden juga digunakan untuk menyebut hal yang sama di beberapa daerah seperti Banyumas, Yogyakarta, Sunda, Jawa Timur dan daerah lainnya, yang berhubungan dengan pergelaran wayang maupun klenengan. Sinden tidak hanya tampil solo [satu orang] dalam pergelaran tetapi untuk saat ini pada pertunjukan wayang bisa mencapai delapan hingga sepuluh orang bahkan lebih untuk pergelaran yang sifatnya spektakuler.

Pada pergelaran wayang zaman dulu, Sinden duduk di belakang Dalang, tepatnya di belakang tukang gender dan di depan tukang Kendhang. Hanya seorang diri dan biasanya istri dari Dalangnya ataupun salah satu pengrawit dalam pergelaran tersebut. Tetapi seiring perkembangan zaman, terutama pada era Ki Narto Sabdho yang melakukan berbagai pengembangan, sinden dialihkan tempatnya menghadap ke penonton tepatnya di sebelah kanan Dalang membelakangi simpingan wayang dengan jumlah lebih dari dua orang.

Di era modern sekarang ini Sindén mendapatkan posisi yang hampir sama dengan artis penyanyi campursari, bahkan sinden tidak hanya dibutuhkan untuk mahir dalam menyajikan lagu tetapi juga harus menjaga penampilan, dengan berpakaian yang rapi dan menarik. Sinden tidak jarang menjadi "pepasren" [penghias] sebuah panggung pertunjukan wayang. Bila Sindénnya cantik-cantik dan muda yang nonton akan lebih kerasan dalam menikmati pertunjukan wayang. Perkembangan wayang saat ini bahkan sinden tidak hanya didominasi wanita tetapi telah muncul beberapa orang sinden laki-laki yang mempunyai suara merdu seperti wanita, tetapi dalam dandannya sinden ini tetap memakai pakaian adat Jawa selayaknya pengrawit pria lainnya dan beberapa waktu lalu sinden laki-laki ini malah menjadi trend para Dalang untuk menghasilkan nilai lebih pada pergelarannya.

Artikel bertopik budaya ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Diperoleh dari "//id.wikipedia.org/w/index.php?title=Sinden&oldid=20321355"