List Koleksi Soal Produktif Tata Busana lihat disini
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar ! 1. Desain yang digunakan untuk tujuan promosi atau menarik perhatian, digunakan teknik penyajian gambar…. a. Production sketching/desain produksi b. Sketching design/desain sketsa c. Presentation drawing/desain sajian d. 3 dimention drawing/desain 3 dimensi e. Fashion illustration/desain ilustrasi 2. Desain secara umum dibagi menjadi dua, yaitu.......
3. Di bawah ini yang bukan termasuk unsur-unsur desain adalah.....
4. Desain gaun berikut berdasar panjangnya adalah….
a. Mini b. Kini c. Midi d. Maksi e. Long dress 5. Dalam unsur desain ada bentuk garis, yang termasuk unsur garis dalam desain adalah.....
6. Garis lurus mempunyai sifat kaku dan memberi kesan kokoh, namun dengan adanya arah sifat, garis dapat berubah. Garis yang memberikan kesan tenang adalah....
7. Seorang yang suka dengan kegiatan alam terbuka, lebih suka celana dari pada gaun, serta model yang praktis. Gaya ini termasuk dalam gaya… a. Klasik d. Canggih b. Sportif e. Modis c. Romantik 8. Garis yang memberikan kesan lewes, riang gembira adalah......
9. Proporsi tubuh secara desain busana adalah… a. 7 ½ x tinggi kepala b. 8 x tinggi kepala c. 7 x tinggi kepala d. 8 ½ x tinggi kepala e. 9 x tinggi kepala 10. Rok yang divariasi dari rok suai dengan menambah beberapa centimeter melebar keluar bagian bawahnya dinamakan dengan model rok… a. Rok siluet A d. Rok lipit b. Rok suai e. Rok susun c. Rok siluet S 11. Dibawah ini yang termasuk warna primer adalah.....
12. Merupakan warna sekunder adalah.....
13. Dalam menggambar busana terlebih dahulu kita menggambar proporsi tubuh, yang termasuk dalam bagian kepala adalah, kecuali… a. Alis d. Bibir
b. Mata e. Hidung 14. Warna dibawah ini yang tidak termasuk dalam lingkaran warna adalah.....
15. Selain unsur—unsur desain juga terdapat prinsip—prisip desain, yang bukan merupakan prisip—prinsip desain dibawah ini adalah.....
16. Gambar model yang digunakan untuk tujuan produksi adalah… a. Design sketching b. Production sketching c. Presentation drawing d. Empashis drawing e. Fashion ilustration 17. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan aksen/center of interest, kecuali.....
18. Irama dalam desain dapat diciptakan melalui....
19. Di bawah ini yang termasuk cara menggambar desain busana, kecuali… a. Design sketching b. Production sketching c. Presentation drawing d. Empashis drawing e. Fashion ilustration 20. kombinasi warna dapat dibedakan menjadi beberapa bagian. Kombinasi warna yang membentuk segitiga sama sisi dalam lingkaran warna adalah kombinasi warna....
21. Kombinasi warna analogus yaitu kombinasi warna....
22. Semua yang ada disekeliling kita dapat dijadikan suatu sumber ide, kalau kita membuat busana anak sebaiknya menggunakan sumber ide dari… a. Animasi d. Bencana alam b. Wajah-wajah artis e. Bagunan keajaipan dunia c. Perang dunia 23. Sedangkan kombinasi warna komplementer adalah kombinasi warna......
24. Orang yang berbadan kurus agar terlihat lebih gemuk sebaiknya memilih bahan dengan…. a. Warna gelap b. Motif garis horizontal c. Corak bahan kecil – kecil d. Motif garis vertical e. Motif kotak – kotak kecil 25. Garis selain untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada bentuk badan manusia juga berfungsi untuk… a. Menetukan model d. A dan B salah b. Menentukan siluet e. A,B dan C benar c. Menentukan arah 26. Bahan yang tipis tembus pandang transparan dan bersifat agak kaku contohnya kaca, organdi, serat nenas sebaiknya digunakan untuk…. a. Pakaian agak longgar dan besar b. Pakaian dengan kerutan sedikit dan agak longgar c. Pakaian mantel dan pantaloon d. Pakaian pesta malam e. Pakaian adat 27. Lengan yang dibuat lebar pada bagian bawah dan pada bagian atasnya polos (licin) merupakan lengan…. a. Lonceng b. Kop c. Balon d. Pof e. Tulip 28. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan aksen/center of interest, kecuali.... a. Apa yang akan dijadikan aksen b. Bagaimana menciptakan aksen c. Berapa banyak aksen yang di butuhkan d. Warna apa aksen yang digunakan e. Dimana aksen ditempatkan 29. Dibawah ini merupakan jenis – jenis warna dingin, kecuali…. a. Hijau b. Ungu c. Merah d. Hijau tua e. Biru muda 30. Pemilihan corak bahan untuk seseorang yang bertubuh gemuk pendek adalah…. a. Memakai garis vertical dengan motif abstrak b. Memakai garis horisontal dengan motif kecil dan jarang c. Memakai bahan dengan warna yang menyala d. Memakai garis vertikal dan berwarna gelap e. Memakai tekstur yang berkilau dan bermatif besar – besar 31. Fungsi dari pembuatan kolase dalam mengambar busana adalah…. a. Sebagai inspirasi dalam mengambar busana b. Sebagai tempelan-tempelan gambar c. Sebagai bahan untuk menentukan siluet d. Sebagai alat untuk menentukan bentuk desain e. Sebagai media pembentukan garis 32. Pada posisi berapakah letak dada perbandingan tubuh secara ilustrasi…. a. 5 b. 4 c. 3 d. 2 e. 1 33. Garis leher merupakan bentuk pakaian yang terletak disekitar leher, jenis variasi dari square neckline adalah…. a. Sweet heart b. Sabrina c. Decolet d. Open front e. Off shoulder 34. Gerak kaki yang sesuai untuk menyajikan gambar busana berupa celana panjang cutbray adalah…. a.
b.
c.
d.
e.
35. Ukuran proporsi tubuh secara illustrasi pada mengambar busana adalah…. a. 5 ½ Tinggi kepala b. 6 ½ Tinggi kepala c. 7 ½ Tinggi kepala d. 8 ½ Tinggi kepala e. 9 ½ Tinggi kepala 36. Pada mengambar busana, proporsi tubuh dibedakan menjadi tiga bagian yang meliputi…. a. Sajian, anatomi dan illustrasi b. Anatomi, model/desain dan illustrasi c. Sketsa, model/desain dan anatomi d. Model/desain, sajian dan illustrasi e. Mode/desain, sketsa dan sajian 37. Gambar desain rok disamping merupakan model rok dengan panjang….
a. Min 38. Desain produksi satu pada mengambar busana bertujuan untuk….. a. Menjelaskan ukuran – ukuran desain busana yang akan diwujutkan b. Menjelaskan detail – detal desain busana yang akan diwujudkan c. Menjelaskan fungsi dan kegunaan busana yang akan diwujudkan d. Menjelaskan keindahan desain busana yang akan diwujudkan e. Menjelaskan langkah kerja desain yang akan diwujudkan 39.Desain produksi dua pada mengambar busana bertujuan untuk….. a. Menjelaskan ukuran – ukuran desain busana yang akan diwujutkan b. Menjelaskan detail – detal desain busana yang akan diwujudkan c. Menjelaskan fungsi dan kegunaan busana yang akan diwujudkan d. Menjelaskan keindahan desain busana yang akan diwujudkan e. Menjelaskan langkah kerja desain yang akan diwujudkan 40. Pada soal nomor 37, desain sapatu dan topi merupakan…. a. Detail-detal busana b. Kreatif fabric busana c. Aksesoris busana d. Bahan pelengkap buasana e. Hiasan busana 41. Pada soal nomor 34, arternatif jawaban A sesuai untuk menyajikan gambar busana…. a. Rok siluet slim (suai) b. Celana sdepocket pants c. Jump sweet d. Overall e. Sweeping skirt 42. Desain celana berikut merupakan celana….
a. Jump sweet b. Cutbray c. Overol d. Sdepocket pantd e. Legging 43. Pada desain celana diatas berdasar panjangnya adalah…. a. Short c. Bermuda e. Full length b. Jamaica d. Capri 44. Desain busana pada soal nomor 42 adalah lengan…. a. Licin c. Pof e. Kimono b. Balon d. Lonceng kombinasi 45. Desain busana pada soal nomor 37 merupakan kerah…. a. Sanghai c. ½ Tegak e. Rebah b. Tulip d. Setali 46. Desain busana soal nomor 42 merupakan garis leher…. a. Off shoulder c. Diamond e. Kamisol b. Sabrina d. Sweet heart 47. Desain busana soal nomor 4 merupakan kombinasi rok…. a. Lipit searah c. Lingkar e. A line b. Sweeping d. Pias 48. Busana yang sengaja didesain longar, jahitan kuat, berbahan katun dan nyaman dipakai adalah busana…. a. Pesta c. Kerja e. Rumah b. Casual d. Rekreasi
== GOOD LUCK ==
By: Lphie K. List Koleksi Soal Produktif Tata Busana lihat disini KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL PRODUKTIF TATA BUSANA MENGAMBAR BUSANA (FASHION DRAWING)
1. C 2. C 3. A 4. E 5. E 6. B 7. B 8. A 9. D 10. A 11. B 12. A 13. C 14. E 15. C 16. B 17. B 18. B 19. D 20. E 21. D 22. A 23. B 24. B 25. E 26. D 27. A 28. B 29. C 30. D 31. A 32. D 33. A 34. C 35. E 36. B 37. A 38. B 39. A 40. C 41. A 42. B 43. E 44. D 45. C 46. A 47. C 48. E Referensi : Buku-buku mata pelajaran tata busana. Page 2
|