Suatu cara menyusun musik yang bersumber dari sebuah tema musik disebut

You're Reading a Free Preview
Page 4 is not shown in this preview.

7 BAB II LANDASAN TEORI

A. “The Disciple of God”

The Disciple of God merupakan seseorang yang dipanggil, mau ikut dan menjadi murid-murid Tuhan. Sebagai contoh dalam Alkitab yang dikatakan sebagai pengikut Tuhan adalah ke 12 Murid Yesus, seperti Simon Petrus, Yohanes, Yudas, dan murid - murid yang lain. Kisah “The Disciple of God” dilandaskan pada Matius 4 : 18 - 20, 8 : 23 - 27 dan 28 : 32, mengenai perjalanan hidup Simon Petrus yang dipanggil Tuhan menjadi penjala manusia.

B. Komposisi Musik

Komposisi musik adalah kegiatan menyusun segala komponen musik yang bersumber dari sebuah tema musik yang ingin dibangun 1 . Bunyi sebagai bahasa musik harus memiliki kemampuan membangkitkan pikiran dan perasaan baru bagi pendengarnya. Penyajian susunan musik ini bisa secara langsung maupun rekaman. 2 Komposisi musik mengandung musik atonal dan tonal. Atonal merupakan gaya komposisi tanpa tanda mula dan tanda kunci. Tonal merupakan gaya komposisi menggunakan tanda kunci. Dalam komposisi musik terdapat komponen yang ingin dikembangkan. Komponen komposisi itu berupa bunyi dan melodi, harmoni, ritmik, bentuk, ekspresi 3 . Komponen dalam komposisi musik, yaitu: 1. Melodi dan bunyi adalah rangkaian dari sejumlah nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi-rendah atau naik-turunnya. Dapat merupakan satu bentuk ungkapan penuh atau hanya berupa penggalan ungkapan. 4 Warna suara yang dihasilkan tersebut bergantung pada sumber 1 “Komposisi Musik” Dalam ArtEdu Seputar Pendidikan Seni dan Budaya, 3 Agustus 2015, http:pandoe.rumahseni2.netkomposisi-musik. 2 Nicolae Sfetcu, The Music Sound New York:Dorling Kindersley, 2014. 347. 3 M.Soeharto . kamus musik Jakarta: P.T Gramedia Widiasarana Indonesia,1992. 4 M.Soeharto.80. 8 bunyi atau resonator ruang gema dan cara memainkan sumber bunyi tersebut, sehingga menghasilkan gaung pada ruangan instrumen. 2. Harmoni adalah bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dimainkan secara bersamaan. Secara teknis meliputi susunan, peranan dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan sesamanya, atau dengan bentuk keseluruhannya. 5 Harmoni dibagi menjadi dua bentuk, harmoni yang disusun secara vertikal dan harmoni yang disusun secara horizontal. a Harmoni yang disusun secara vertikal I. Akor triad : tiga notasi yang disusun menjadi sebuah akor, yaitu tonika, interval tiga dan interval lima dari tonika. II. Akor tujuh : empat buah notasi yang disusun menjadi sebuah akor, yaitu tonika, interval tiga, interval lima dan interval tujuh dari tonika. III. Akor augmented : akor triad yang terdiri dari tiga notasi, yaitu tonika, interval tiga mayor dan interval lima dinaikkan setengah laras atau interval enam minor dari tonika. IV. Akor kuartal : akor-akor yang disusun berjarak interval empat atau augmented empat. V. Available tensions : penambahan notasi pada akor tujuh, yaitu : interval minor, mayor atau augmented sembilan, augmented 11, dan minor atau mayor 13 dari tonika. b. Harmoni disusun secara horisontal atau progresi. I. Progresi diatonis adalah penyusunan harmoni menggunakan notasi yang berasal dari anggota tangga nada berdasarkan tanda kuncinya dan berjumlah tujuh nada. 5 M.Soeharto. 48. 9 II. Kadens i Kadens autentik disebut kadens sempurna memiliki karakteristik yang tegas, yang berakhir dengan susunan akor dominan dan tonika V-I. ii Kadens setengah adalah kadens yang bergerak dari akor apa saja dan berakhir pada akor V. iii Deceptive cadence ialah pergerakan akor apa saja yang menuju akor VI atau dari akor V ke harmoni apa saja yang tidak terduga atau selain akor I dan V. Berkesan seperti menipu karena harapan pendengar, akor berikutnya sebagai solusi yang tegas, namun dalam kenyataannya menuju akor-akor lain yang diluar dugaan. iv Kadens plagal atau kadens gereja ialah kadens sempurna yang berakhir dengan susunan akor subdominant dan tonika akor IV menuju akor I. 3. Ritmik adalah irama yang memiliki durasi tertentu yang besarnya sama, konstan dan teratur 6 . I. Triol berbentuk garis lengkung dengan angka tiga di atasnya yang mengubah not tersebut menjadi dua pertiga dari nilai ketika not tersebut, jika nilai not sama, maka terdiri dari tiga not. II. Polyrhythm merupakan gabungan dari ritme atau irama yang berimpit. Ciri khas dari musik polifoni abad pertengahan, terutama musik sekuler Perancis pada akhir abad ke 14 dan teknik komposisi dari abad ke 20 yang digunakan oleh komponis. 7 4. Struktur Musik adalah susunan struktur yang mengikuti gambaran atau simbol cerita dan bersifat naratif. Dua jenis struktur yaitu form in music yaitu pendengar dapat langsung menangkap bentuk musikalnya, dan form of music bentuk fisik dalam partitur musik. 6 M.Soeharto.109. 7 Stanley Sadie,ed. The New Grove Dictionary of Music and Musicians Second Edition London: Macmillan Publishers Limited 2001,2002, 84. 10 5. Bentuk Form adalah bentuk komposisi musik yang hanya dikaitkan dengan jalur utama melodi ataupun bunyinya 8 . 6. Ekspresi adalah pengungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa dari tempo, dinamika, tempo, dan elemen musik lainnya. I Tempo adalah petunjuk kecepatan dalam bermusik. Contohnya, allegro cepat, sekitar 120 bpm, allegretto agak cepat, sekitar 100 bom, moderato sedang, andante seperti orang berjalan, adagio lambat, lento lebih lambat dari adagio, sekitar 50-60 bpm, dan lain sebagainya. BPM Beats Per Minute merupakan satuan dari kecepatan ketukan atau jumlah ketukan yang dihasilkan dalam satu menit. II Dinamika adalah petunjuk untuk menyatakan lembut kerasnya suara yang ingin dihasilkan. Contohnya, pppianisisimo sangat lembut, ppiano lembut, mpmezzopiano agak lembut, mfmezzoforte agak keras, fforte keras, fffortissimo sangat keras. III Perubahan tempo : petunjuk yang digunakan untuk memberikan arahan apabila terjadi perubahan tempo, seperti crescendo,artinya petunjuk bagian komposisi yang meningkat intensitas bunyinya 9 . Decrescendo artinya menurunkan intensitas bunyi. IV Ekspresi musik adalah petunjuk yang diberikan komponis kepada pemain untuk mengetahui ekspresi yang diinginkan. Contohnya legato dimainkan menyambung, staccato putus-putus, aksen lebih tajam, dan sforzando bertekanan 7. Interpretasi adalah usaha pemain untuk menangkap maksud dan makna komposisi dari komponisnya 10 . 8 M.Soeharto.39. 9 Rutherford Johnson, Michael kennedy, and Joyce Bourne, ed., “Crescendo”, The Oxford Dictionary of Music 6ed, http:www.oxfordreference .comsearch?q=crescendo, diakses pada tanggal 27 Juli 2015. 10 M.Soeharto.55. 11 8. Tonalitas adalah karakter nada dan harmoni pada musik. Ada dua tonalitas yaitu : tonalitas mayor dan minor 11 . a. Tonalitas Mayor Tonalitas mayor pada umumnya dipakai untuk menyampaikan kebahagiaan, semangat, kecerahan, kekuasaan dan suasana damai. Lagu yang disampaikan memberikan sebuah ide yang bahagia, atau pesan yang positif. Tonalitas mayor juga memberikan suasana yang baik. Dilihat dari jarak interval nada yang kokoh dan teguh. b. Tonalitas Minor Berkebalikan dengan tonalitas mayor, tonalitas minor sering dipakai untuk menyampaikan suasana yang menyedihkan, gelap, dan emosi yang negatif. Nada yang dipakai dalam minor memberikan kesan yang melemahkan semangat dan tidak ada karakter keceriaan di dalamnya. 9. Teknik Permainan a. Arpeggio adalah teknik permainan dalam musik dengan cara memainkan suatu rangkaian nada atau akor yang terurai secara berurutan. b. Slur adalah garis lengkung dalam notasi musik yang membawakan sejumlah notasi nada bisa dua atau lebih yang memiliki arti nada tersebut dimainkan secara bersamaan dalam satu petikan. 12 c. Tremolo adalah teknik permainan dalam musik dalam bentuk perulangan secara cepat. 11 Liz Diamond- Manlusac, “Tonality Character”, Tonality in Music, http:study.comacaedemylessonmajor-and-minor-keys-tonality-in-music.html, diakses tanggal 27 Juli 2015. 12 Rutherford Johnson, Michael kennedy, and Joyce Bourne, ed., “Crescendo”, The Oxford Dictionary of Music 6ed, http:www.oxfordreference .comsearch?q=slur, diakses pada tanggal 9 Agustus 2015. 12 d. Trill adalah dua nada yang berdekatan dan dimainkan secara bergantian dan bertempo cepat, dilambangkan dengan huruf tr.

C. Penyusunan Komposisi Musik

17 4 Cawan KeempatWahyu 16:8-9: panas yang sangat menyengat. Manusia dihanguskan oleh api dari matahari. 5 Cawan Kelima Wahyu 16:10-11: kegelapan. Kegelapan pada kerajaan antikris. 6 Cawan Keenam Wahyu 16:12-14: sungai Efrat menjadi kering. Persiapan jalan bagi raja-raja dari timur. 7 Cawan Ketujuh Wahyu 16:17-21: gempa bumi terbesar.

C. Komposisi Musik

1. Pengertian Komposisi Musik

Komposisi musik merupakan susunan musik yang disusun menggunakani notasi musik dan biasanya disajikan secara langsung atau direkam. 17 Komposisi musik terdiri dari musik atonal dan tonal. Atonal merupakan gaya komposisi tanpa tanda mula atau tanda kunci, sebaliknya tonal menggunakan tanda kunci. Komposisi musik adalah susunan komponen musik yang bersumber dari sebuah tema musik yang ingin dikembangkan. Komponen komposisi musik tersebut, yaitu: a. Bunyi dan melodi, berdasarkan timbre dan struktur melodi. Timbre adalah jenis suara yang dihasilkan. Timbre bergantung pada jenis sumber bunyi, resonator ruang gema dan cara memainkan sumber bunyinya. Timbre merupakan warna suara yang dihasilkan dalam kombinasi pola harmonisa, bahan, dan ukuran instrumen. b. Harmoni adalah perpaduan bunyi dua nada atau lebih dan dibunyikan secara bersamaan. Harmoni juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara akord satu dengan yang lainnya. Dua aspek mengenai harmoni : 1 Harmoni yang disusun secara vertikal. a Akord triad adalah susunan akord yang terdiri dari tiga notasi, yaitu: tonika, interval tiga dan interval lima dari tonika. 17 Nicolae Sfetcu, The Music Sound New York: Dorling Kindersley, 2014, 347. 18 b Akord tujuh adalah susunan akord yang terdiri dari empat notasi, yaitu: tonika, interval tiga, interval lima, dan interval tujuh dari tonika. c Akord diminished adalah akor triad yang terdiri dari tiga notasi, yaitu tonika, interval tiga minor dan interval lima minor dari tonika. Akord diminished tujuh adalah akord yang terdiri empat notasi, yaitu tonika, interval tiga minor, interval lima minor, dan interval tujuh minor dari tonika. d Akord augmented adalah akor triad yang terdiri dari tiga notasi, yaitu tonika, interval tiga mayor dan interval lima dinaikkan setengah laras atau interval enam minor dari tonika. e Akord kuartal adalah susunan akord yang berjarak interval empat atau augmented empat. Contoh: D-G-C Csus2, E-A-D C69, F-B-E CM711, A-D-G C6sus2, B-E-A CM7 13. f Available tensions adalah penambahan notasi pada akord tujuh, yaitu: interval minor, mayor atau augmented sembilan, augmented 11, dan minor atau mayor 13 dari tonika. 2 Harmoni disusun secara horizontal atau progresi. a Progresi secara diatonis adalah harmoni yang disusun secara diatonis menggunakan notasi yang berasal dari anggota tangga nada berdasarkan tanda kuncinya. b Kadens. 1 Kadens otentik memiliki karakteristik yang tegas yang tidak hanya berfungsi untuk mengakhiri satu kalimat, bagian atau seksi, tapi juga mengakhiri keseluruhan komposisi; menggunakan pergerakan akor: V-I. 2 Kadens setengah adalah kadens yang bergerak dari akor apa saja menuju akor V, ibarat koma dalam suatu kalimat panjang. 3 Deceptive cadence ialah pergerakan akor apa saja yang menuju akor VI atau dari akor V ke harmoni apa saja yang tidak terduga atau selain akor I dan V. Dengan demikian, jenis 19 kadens ini memiliki kecenderungan menipu karena harapan pendengar, akor berikutnya sebagai solusi yang tegas, namun dalam kenyataannya menuju akor-akor lain yang diluar dugaan. 4 Plagal cadence atau kadens gereja ialah kadens yang bergerak dari akor IV menuju akor I. c. Ritme. Pola irama ketukan yang memiliki durasi tertentu yang besarnya sama, konstan dan teratur. Ketukan dasar dengan panjang durasi yang tetap dinamakan pulsa. Sedangkan ketukan yang memiliki durasi dengan panjang yang tidak sama tetapi konsisten dan berulang-ulang dengan pola tertentu, disebut irama. 1 Triol berbentuk garis lengkung dengan angka tiga diatasnya yang mengubah not tersebut menjadi dua pertiga dari nilai ketiga not tersebut, jika nilai not sama, maka terdiri dari tiga not. 2 Sextool adalah berbentuk garis lengkung dengan angka enam diatasnya atau disebut triol ganda, jika nilai not sama, maka terdiri dari enam not.. 3 Septool berbentuk garis lengkung dengan angka tujuh diatasnya, jika nilai not sama, maka terdiri dari tujuh not 4 Polyrhythm merupakan gabungan dari ritme atau irama yang berimpit. Ciri khas dari musik polifoni abad pertengahan, terutama musik sekuler Perancis pada akhir abad ke 14 dan teknik komposisi dari abad ke 20 yang digunakan oleh komposer, seperti Starvinsky, Bartok, dan Hindemith. 18 5 Salah satu teknik dalam pola ritme adalah roll atau diddles. Roll adalah istilah untuk pukulan ganda double stroke, yaitu teknik bermain dua not dengan satu tangan sambil memanfaatkan pantulan bounce. Teknik bermain dengan dua tangan berturut turut, dinamakan open roll. 18 Stanley Sadie, The New Grove Dictionary of Music and Musicians Second Edition London: Macmillan Publishers Limited 2001,2002, 84. 20 d. Struktur musik. Ketika musik program disusun menurut gambaran atau simbol cerita, maka struktur musik akan mengikuti struktur cerita yang bersifat naratif. 19 Struktur musik terdiri dari dua jenis, yaitu form in music yang berarti kesatuan bentuk musikal yang ditangkap oleh pendengar, dan form of music yang berarti bentuk musik secara fisik dalam sebuah partitur. e. Ekspresi adalah pengungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa dari tempo, dinamika, timbre, dan elemen musik lainnya, dalam satu kalimat musik yang diwujudkan oleh seniman musik kepada pendengarnya. 1 Tempo adalah kecepatan dan perubahan kecepatan suatu komposisi musik. Contohnya, allegro cepat, sekitar 120 bpm, allegretto agak cepat, sekitar 100 bpm, moderato sedang, andante seperti orang berjalan, adagio lambat, lento lebih lambat dari adagio, sekitar 50-60 bpm, dan lain sebagainya. BPM adalah singkatan dari Beats Per Minute. BPM merupakan satuan dari kecepatan ketukan atau jumlah ketukan yang dihasilkan dalam satu menit. 2 Dinamika adalah tanda untuk menyatakan keras lembutnya perubahan suara yang dihasilkan. Contohnya, pppianisisimo sangat lembut, ppiano lembut, mpmezzopiano agak lembut, mfmezzoforte agak keras, fforte keras, fffortissimo sangat keras. 3 Tanda perubahan tempo digunakan sebagai petunjuk komposer untuk menunjukan bagian yang mengalami perubahan tempo. Beberapa istilah perubahan tempo, seperti crescendo, artinya 19 Megan Stevens, Music and Image in Concert Australia: Music and Media Sydeny, 2009, 41-43. 21 petunjuk bagian komposisi yang secara bertahap meningkatkan kenyaringan. 20 4 Gaya dalam ekspresi musik adalah bentuk penyampaian melodi yang disampaikan ketika penyajian musik berlangsung. Contohnya, legato dimainkan secara tersambung, staccato terputus-putus, aksen lebih tajam, dan sforzando bertekanan. f. Teknik Permainan. 1 Slur adalah garis lengkung dalam notasi musik yang membawahi sejumlah notasi nada sebagai petunjuk bahwa nada-nada tersebut disajikan secara bersambungan dalam satu nafas atau gerakan. 2 Glissando adalah teknik permainan dalam musik dengan cara menggelincirkan jajaran nada berurutan, baik kromatik maupun diatonik. 3 Arpeggio adalah. teknik permainan dalam musik dengan cara memainkan suatu rangkaian nada atau akord yang terurai secara berurutan. 4 Trill adalah dua nada yang berdekatan dan dimainkan secara bergantian dan bertempo cepat; dilambangkan dengan huruf tr. 5 Tremolo adalah teknik permainan dalam musik dalam bentuk perulangan nada secara cepat. 6 Pizzicato adalah teknik permainan instrumen strings yang dilakukan dengan cara dipetik.

2. Penyusunan Komposisi Musik