Jakarta - Proses masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara didukung oleh beragam teori. Sejumlah teori mengusung latar belakang perdagangan ke nusantara, sebagian lainnya mengemukakan latar peperangan di India sebagai faktor pendorong. Apa saja teori masuknya Hindu-Buddha ke nusantara? nusantara detik.com/tag/nusantara Show Penduduk India merintis perdagangan dengan bangsa-bangsa lain di Asia sejak sebelum Masehi. Perdagangan saat itu menggunakan celah sempit di antara Pegunungan Himalaya, yang disebut celah Kaibar. Celah Kaibar juga digunakan pedagang luar India untuk keluar masuk wilayah tersebut. Perdagangan tersebut diyakini berperan dalam perkembangan peradaban Hindu-Buddha di India, seperti Sungai Indus, Sungai Brahmaputra, hingga ke nusantara, seperti dikutip dari Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara, Masa Hindu Budha, dan Masa Islam oleh Tri Worosetyaningsih. Teori Brahmana menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke nusantara dibawa oleh golongan Brahmana yang diundang para penguasa di nusantara. Teori ini dikemukakan olehs orientalis J.C. Van Leur. Teori ini menegaskan kembali bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana. Hal ini didukung oleh beberapa prasasti di Indonesia menggunakan bahasa Sansekerta. Bahasa dalam kitab suci Weda dan upacara keagamaan merupakan bahasa yang dikuasai oleh golongan Brahmana. Golongan kasta Brahmana juga memahami ajaran Hindu secara utuh. Di sisi lain, teori Brahmana tidak menepis kontak penguasa di nusantara dan di India terjadi berkat hubungan dagang. Teori KsatriaTeori Ksatria menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia dibawa orang-orang India dari kasta Ksatria. Teori yang dikemukakan Prof. Dr. J.L. Moens ini berargumen bahwa sekitar abad 4-6 M kerap terjadi peperangan sehingga kasta Ksatria, yang terdiri dari kaum bangsawan dan prajurit mengalami kekalahan. Kekalahan sebagian kasta Ksatria dalam peperangan, menurut teori Ksatria, mendorong orang Ksatria melarikan diri dan mencari daerah baru hingga ke nusantara. Teori WaisyaTeori Waisya menyatakan bahwa golongan Waisya yang punya peran besar dalam menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha. Orientalis Prof. Dr. N.J. Krom, pengusung teori Waisya berpendapat, golongan yang terdiri dari pedagang, petani, dan pemilik tanah tersebut sudah mengenal agama Hindu-Buddha. Kedatangan golongan Waisya ke Indonesia, kata Krom, juga memperkenalkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha pada rakyat Indonesia di samping berdagang. Golongan ini diyakini menetap sementara waktu dan tidak jarang juga menetap permanen di nusantara, lalu menikah dengan penduduk setempat. Teori Arus BalikTeori Arus Balik dikemukakan oleh peneliti iF.D.K. Bosch. Teori ini menyatakan bahwa golongan Brahmana semula menyebar ke penjuru dunia melalui jalur yang digunakan pedagang. Di beberapa tempat, golongan Brahmana berupaya menjalin hubungan dengan warga lokal dan memperkenalkan ajaran agamanya. Pada perkembangan selanjutnya, orang-orang dari nusantara sendiri yang datang ke India untuk mempelajari Hindu-Buddha. Orang-orang nusantara ini lalu kembali ke tanah air untuk menyebarkan ajaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha. Nah, itu dia empat teori masuknya Hindu-Buddha ke nusantara. Teori mana yang kamu yakini? Simak Video "Melihat Situs Lingga Yoni yang Nyaris Terlupakan-Minim Akses Jalan" (twu/pal) Page 2Jakarta - Proses masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara didukung oleh beragam teori. Sejumlah teori mengusung latar belakang perdagangan ke nusantara, sebagian lainnya mengemukakan latar peperangan di India sebagai faktor pendorong. Apa saja teori masuknya Hindu-Buddha ke nusantara? nusantara detik.com/tag/nusantara Penduduk India merintis perdagangan dengan bangsa-bangsa lain di Asia sejak sebelum Masehi. Perdagangan saat itu menggunakan celah sempit di antara Pegunungan Himalaya, yang disebut celah Kaibar. Celah Kaibar juga digunakan pedagang luar India untuk keluar masuk wilayah tersebut. Perdagangan tersebut diyakini berperan dalam perkembangan peradaban Hindu-Buddha di India, seperti Sungai Indus, Sungai Brahmaputra, hingga ke nusantara, seperti dikutip dari Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara, Masa Hindu Budha, dan Masa Islam oleh Tri Worosetyaningsih. Teori Brahmana menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke nusantara dibawa oleh golongan Brahmana yang diundang para penguasa di nusantara. Teori ini dikemukakan olehs orientalis J.C. Van Leur. Teori ini menegaskan kembali bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana. Hal ini didukung oleh beberapa prasasti di Indonesia menggunakan bahasa Sansekerta. Bahasa dalam kitab suci Weda dan upacara keagamaan merupakan bahasa yang dikuasai oleh golongan Brahmana. Golongan kasta Brahmana juga memahami ajaran Hindu secara utuh. Di sisi lain, teori Brahmana tidak menepis kontak penguasa di nusantara dan di India terjadi berkat hubungan dagang. Teori KsatriaTeori Ksatria menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia dibawa orang-orang India dari kasta Ksatria. Teori yang dikemukakan Prof. Dr. J.L. Moens ini berargumen bahwa sekitar abad 4-6 M kerap terjadi peperangan sehingga kasta Ksatria, yang terdiri dari kaum bangsawan dan prajurit mengalami kekalahan. Kekalahan sebagian kasta Ksatria dalam peperangan, menurut teori Ksatria, mendorong orang Ksatria melarikan diri dan mencari daerah baru hingga ke nusantara. Teori WaisyaTeori Waisya menyatakan bahwa golongan Waisya yang punya peran besar dalam menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha. Orientalis Prof. Dr. N.J. Krom, pengusung teori Waisya berpendapat, golongan yang terdiri dari pedagang, petani, dan pemilik tanah tersebut sudah mengenal agama Hindu-Buddha. Kedatangan golongan Waisya ke Indonesia, kata Krom, juga memperkenalkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha pada rakyat Indonesia di samping berdagang. Golongan ini diyakini menetap sementara waktu dan tidak jarang juga menetap permanen di nusantara, lalu menikah dengan penduduk setempat. Teori Arus BalikTeori Arus Balik dikemukakan oleh peneliti iF.D.K. Bosch. Teori ini menyatakan bahwa golongan Brahmana semula menyebar ke penjuru dunia melalui jalur yang digunakan pedagang. Di beberapa tempat, golongan Brahmana berupaya menjalin hubungan dengan warga lokal dan memperkenalkan ajaran agamanya. Pada perkembangan selanjutnya, orang-orang dari nusantara sendiri yang datang ke India untuk mempelajari Hindu-Buddha. Orang-orang nusantara ini lalu kembali ke tanah air untuk menyebarkan ajaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha. Nah, itu dia empat teori masuknya Hindu-Buddha ke nusantara. Teori mana yang kamu yakini? Simak Video "Melihat Situs Lingga Yoni yang Nyaris Terlupakan-Minim Akses Jalan" [Gambas:Video 20detik] (twu/pal) tirto.id - Terdapat beberapa teori dalam sejarah dan proses masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara atau yang kemudian dikenal dengan nama Indonesia. Salah satunya adalah Teori Waisya. Lantas, apa kelebihan dan kelemahan serta tokoh-tokoh pencetus atau pendukung Teori Waisya? Selain Teori Waisya, masih terdapat sejumlah teori lain terkait masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia, yaitu Teori Brahmana, Teori Ksatria, Teori Sudra, dan Teori Arus-Balik. Teori-teori masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara ini dibagi menurut jenisnya, yakni cara aktif dan pasif. Teori menggunakan cara aktif diartikan bahwa orang Nusantara berangkat ke India melalui jalur maritim dan belajar agama Hindu-Buddha di sana, kemudian menyebarkannya secara aktif di Nusantara. Teori dengan cara aktif ini yang nantinya menjadi latar belakang munculnya Teori Arus-Balik.
Sementara teori dengan cara pasif memiliki pengertian bahwa agama Hindu-Buddha disebarkan di Nusantara melalui orang-orang India atau bangsa lain yang datang ke Nusantara. Penyebaran agama Hindu-Buddha menggunakan cara-cara pasif inilah yang menyebabkan munculnya Teori Brahmana, Ksatria, dan Waisya.
Baca juga:
Sejarah dan Penjelasan Teori Waisya: Masuknya Agama Hindu-Buddha ke NusantaraSeperti diketahui, dalam ajaran agama Hindu dikenal pembagian kasta dalam strata sosial masyarakatnya. Pembagian kasta tersebut meliputi:
Dengan demikian, Teori Waisya meyakini bahwa penyebaran ágama Hindu-Buddha ke Nusantara dibawa oleh orang-orang India dari Kasta Waisya. Dengan kata lain, orang-orang India dari kasta Waisya, terutama pedagang, memiliki peran utama dalam melakukan penyebaran ágama Hindu-Buddha di Nusantara.
Baca juga:
Dikutip dari buku Sejarah Indonesia: Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia terbitan Kemendikbud (2020), Teori Waisya memberikan peranan utama kepada kaum saudagar asing yang berdagang hingga ke wilayah Nusantara sekaligus menyebarkan ajaran agama Hindu atau Buddha. Para pedagang dari India yang menjalankan aktivitas niaganya di Nusantara kemudian menjalin relasi dengan kerajaan-kerajaan di wilayah-wilayah yang mereka singgahi. Kaum saudagar ini membawa hadiah berupa barang-barang mewah sehingga mendapatkan jaminan keamanan dan kepercayaan dari raja setempat. Di samping melakukan kegiatan niaga, para pedagang dari golongan Waisya ini juga menyebarkan ajaran agama Hindu-Buddha kepada masyarakat di berbagai tempat. Interaksi yang cukup intens dengan masyarakat setempat, serta dukungan dari kerajaan, membuat agama Hindu-Buddha lebih mudah diterima. Kaum saudagar asing tersebut seringkali menetap cukup lama di Nusantara untuk menghabiskan barang dagangan sekaligus menunggu musim yang baik untuk berlayar pulang. Maka, tidak mengherankan jika di sejumlah daerah di Indonesia banyak dijumpai perkampungan India.
Baca juga:
Tokoh Pendukung dan Pencetus Teori WaisyaTokoh peneliti yang diyakini sebagai pencetus sekaligus pendukung utama Teori Waisya terkait masuknya ajaran agama Hindu-Buddha ke Nusantara atau Indonesia adalah Nicolaas Johannes (N.J.) Krom. Dikutip dari buku berjudul Silang Budaya Lokal dan Hindu-Buddha karya Nur Khosiah (2017), N.J. Krom mengajukan hipotesis yang memberikan peran kepada para pedagang bahwa kaum Waisya inilah yang merupakan golongan terbesar di antara orang-orang India yang datang ke Nusantara. N.J. Krom kemudian mencetuskan Teori Waisya sebagai antitesis dari munculnya Teori Ksatria terkait masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara. Pendapat yang menyatakan bahwa kaum ksatria adalah golongan yang paling besar ke Nusantara (misalnya melalui penaklukan atau peperangan) disangkal oleh N.J. Krom. Disampaikan pula oleh N.J. Krom bahwa tidak mungkin masyarakat Nusantara hidup di bawah tekanan seperti yang digambarkan dalam Teori Ksatria. Hal ini mengingat unsur Nusantara dalam budaya yang dihasilkan atas kehadiran ajaran Hindu-Buddha sangat jelas.
Baca juga:
Masyarakat lokal, menurut N.J. Krom, ikut berperan aktif dalam proses pembentukan budaya Hindu-Buddha di berbagai wilayah di Nusantara sehingga ajaran dua agama dari India itu dapat beradaptasi, berakulturasi, serta diterima dengan baik. Teori yang dicetuskan N.J. Krom mendapat dukungan dari Godfried Horiowald Von Faber kendati tokoh ini sebenarnya merupakan pencetus teori lainnya yakni Teori Sudra. Menurut Von Vaber, situasi kurang kondusif yang terjadi di India menyebabkan golongan Sudra menjadi orang-orang buangan. Orang-orang dari golongan Sudra, yang sebagian besar merupakan bekerja untuk kaum Waisya, kemudian meninggalkan India dan mengikuti tuan mereka ke Nusantara. Golongan Sudra selanjutnya memberikan andil besar terhadap penyebaran budaya Hindu-Buddha di Nusantara menjadi lebih luas lagi.
Baca juga:
Kelebihan dan Kekurangan Teori WaisyaSelain memiliki kelebihan berkat dasar yang kuat, Teori Waisya terkait dengan masuknya ajaran Hindu dan Buddha ke Nusantara juga memiliki kekurangan. Salah satu kelebihan Teori Waisya adalah mendapat banyak dukungan kalangan peneliti atau sejarawan. Kelebihan lainnya yaitu bahwa orang-orang dari Kasta Waisya memiliki pendekatan dan keluwesan untuk berbaur dengan masyarakat lokal, serta untuk memikat hati raja-raja atau kaum bangsawan, sehingga ajaran Hindu-Buddha dengan lebih mudah diterima. Sedangkan kekurangan dalam Teori Waisya, seperti disampaikan Desi Fajarwati dalam Keesaan Tuhan dalam Perspektif Pancasila dan Agama-agama di Indonesia (2018), bahwa tidak banyak dari kaum pedagang yang menguasai kitab suci agama Hindu maupun Buddha. Walaupun orang-orang dari Kasta waisya memiliki pemahaman terkait ágama Hindu atau Buddha, namun para penentang teori ini berpendapat bahwa pengetahuan agama yang terbatas itu tidak akan memberikan pengaruh kuat terhadap masyarakat lokal di Nusantara.
Baca juga:
Baca juga
artikel terkait
SEJARAH MASUKNYA AGAMA HINDU-BUDDHA
atau
tulisan menarik lainnya
Syamsul Dwi Maarif
Subscribe for updates Unsubscribe from updates
|