Jenis tari berikut ini yang merupakan bentuk tari kreasi drama tari adalah

Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan Barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik.

Seni drama dan tari adalah sebuah sajian kesenian yang di dalamnya mengkolaborasikan unsure-unsur drama dan unsure-unsur tari. Drama yang mempunyai unsure instinsik seperti tokoh, latar, alur, dan sebagainya, dipadu dengan iringan musical dan gerakan-gerakan indah yang mempunyai makna dan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton. Pada dasarnya seni memiliki peran fungsi yang banyak di masyarakat, salah satunya termasuk tari. Pada masyarakat tertentu, tari berperan sebagai sarana untuk pernyataan kehendak. Kebanyakan fungsi ini ada pada jenis tari Primitif. Tari yang berperan untuk kepentingan upacara lebih didominasi taritarian jenis Tradisional yang luhur dan berkembang pada masyarakat tertentu saja Apabila ada tarian upacara yang berkembang di masyarakat memiliki peran fungsi lain adalah sebagai wujud ungkapan syukur atau pernyataan terima kasih saja, biasanya didominasi oleh tari-tarian yang berkembang untuk upacara adat.

Tari upacara adalah tarian yang digunakan untuk keperluan upacara. Pada daerah tertentu di Indonesia, tarian jenis ini berhubungan erat dengan masyarakat yang masih memfungsikan tarian untuk keperluan upacara. Ciri utama Tari Upacara antara lain hidup dan berkembang dalam tradisi yang kuat, memelihara/berlatar belakang agama Hindu, sarana memuja dewa (keagamaan), serta kegiatan/prosesi tradisi yang menjadi simbol masyarakat maka tarian jenis ini berkembang subur dan diwariskan.

Contoh tari-tarian upacara yang intens dipelihara dan dilestarikan dengan memegang tradisi kuat upacaranya antara lain Tari Ndi (dari Irian Jaya), Abhisekharama (tari penobatan/ulang tahun penobatan raja ditampilkan Tari Bedhoyo Ketawang, Bedhoyo 5 dan Bedhoyo 9 (Surakarta) dan Tari Bedhoyo Semang (Yogyakarta).

Tari yang digunakan untuk penyambutan biasanya berhubungan dengan keperluan adat. Tarian jenis ini biasanya untuk penyambutan tamu agung atau tamu terhormat. Beberapa contoh tari untuk upacara adat sebagai berikut di bawah ini.

Tarian religi atau agama biasanya pada saat dipertunjukkan banyak terkait dengan acara-acara prosesi upacara tertentu. Bentuk-bentuk upacara yang digelar meliputi arak pengentin, kelahiran, penyambutan tamu agung, injak telur, Kematian, potong rambut, dan beberapa acara prosesi lain yang selalu dipelihara oleh masyarakat di lingkungan dimana tarian tersebut difungsikan. Dengan demikian pada pertunjukannya selalu dikaitkan dan disatukan ke dalam ritual atau prosesi upacara yang dilaksanakan. Kesatuan tari dengan prosesi upacara sangat dekat dengan mode pertunjukannya. Oleh sebab itu, tarian tertentu dan prosesinya selalu dipergelarkan secara menyatu dalam satu pertunjukan.

Tarian upacara adat atau agama ini pada saat tertentu juga dapat dipresentasikan dalam acara-acara lain yang berhubungan dengan berbagai peristiwa yang sesuai untuk pertunjukan tarian tersebut. Oleh sebab itu, tarian ini eksis dari zaman dulu hingga sekarang. Pertunjukan tari-tarian pergaulan cukup diandalkan pada daerah masing-masing untuk digunakan sebagai promosi daerah. Berbagai kegiatan(even) dan keperluan adat tarian ini hadir sebagai suguhan pertunjukan yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Secara khusus pertunjukan tarian di bawah ini konsep koreografinya untuk keperluan upacara maupun pertunjukan pada kegiatan atau acara-acara yang penting.

Tarian ini mengisyaratkan pergaulan antara muda dan mudi. Tarian ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama seagai tari pergaulan muda mudi/kaum remajayang merupakan tari sosial yang memiliki latar belakang cerita. Tarian ini merupakan wujud suka cita warga desa dalam menyambut panen, bersih desa, atau acara lainnya yang berhubungan dengan berlangsungnya pertemuan antara kaum muda/laki-laki dan mudi/putri. Ciri-ciri yang nampak pada tari-tarian jenis ini adalah :

o Gerak tari ini dilakukan secara bebas, yang mengikuti adalah muda dan mudi atau warga masyarakat secara umum.

o Tarian ini sering dilaksanakan pada saat bulan pernama baik untuk kalangan anak-anak, remaja putra dan putri atau dewasa maupun orang tua, dapat dilakukan di arena yang luas atau tanah lapang. Pelaksanaan pertunjukan tarian ditujukan untuk keperluan upacara serta kebiasaan yang sering digelar, acara tersebut merupakan puncak dari kegiatan pada waktu siang harinya.

o Tarian ini pada dasarnya digunakan sebagai sarana untuk komunikasi atau pergaulan antara laki-laki/perempuan, anak, remaja dan orang tua atau kegiatan yang berhubungan dengan hajad orang banyak di suatu desa.

Beberapa contoh tari sosial di bawah ini berkembang baik di Indonesia adalah yakni Tari Lenso, Tari Serampang Dua Belas, Tari Joget, Tari Gandrung, Tari Tayub dll.

Ciri tarian jenis ini adalah bahwa tarian ini merupakan bentuk pertunjukan yang dikemas secara lengkap antara unsur seni rupa, musik teater, dan tari. Pertunjukan digarap komunikasi dengan penonton, sehingga kesan teatrikal nampak. Salah satu contoh adalah Kesenian Betawi. Pada jaman dahulu hidup dan berkembang kesenian ini. Kesenian ini memiliki mode penyajian secara teatrikal. Konsumsi pertunjukan lebih diarahkan untuk ceritera rakyat. Unsur ceritera dapat digunakan sebagai media untuk improvisasi di atas panggung. Masalah lain yang dapat difungsikan adalah unsur dialog atau komunikasi dengan penonton. Oleh sebab itu pertunjukan ini sangat digemari di kalangan masyarakat luas terutama masyarakat luas. Selain kesenian Betawi, yang memiliki potensi pengembangan budaya asli dari daerah setempat. Contoh-contoh kesenian tersebut antara ini lain sebab: dalah tari Topeng Betawi, Tari Topeng Gong, Tari Rengganis (Betawi/Jakarta), Jenis Ebeg, Tari Buncis (Banyumas), Reog Ponorogo dengan Dadap-Pentul-Kuda Kepang (Ponorogo/Jatim). Ludrug.

Nah, yang termasuk dalam sendratari adalah jenis tari yang terakhir ini.

Kesenian o Tarian ini lebih menekankan pada ritual-ritual atau upacara, sehingga memiliki perberbedaan dengan tarian rakyat, karena tarian rakyat.

o Tari Rakyat tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat. Bentuk tarinya merupakan ekspresi masyarakat pendukungnya.

o Ciri gerak tari sederhana dengan diulang-ulang. asesoris, dan musik iringannya sangat sederhana. Kostum tari sangat mencolok warnanya, merupakan perpaduan warna warni dan biasanya memiliki banyak ragam bentuk yang terlihat mencolok.

o Ungkapan ekspresinya merupakan pernyataan kehendak.

Ciri-ciri tari ini adalah o Balet merupakan suatu tarian yang mempunyai disiplin tinggi dan aturan-aturan ketat serta didasari tradisitradisi tua o Tari-tari yang ada pada saat itu berorientasi pada pertunjukanpertunjukan klasik, pendekatan koreografis bertema kontemporer.

o Tari balet termasuk ke dalam tarian klasik, oleh karena itu tarian ini memiliki aturan teknik gerak yang baku, dengan standar tari yang tinggi.

o Tari Balet di Indonesia menjadi konsumsi kaum elit pecinta dan yang mempunyai bakat tari saja, karena dikelola secara profesional dengan berbagai fasilitas dan penunjang dana yang cukup memadai.Pada Grup tari balet kelompok tertentu banyak mendapat dukungan dana dan fasilitas untuk pembinaan dan pengembangan kelompok balet. Hal ini diprakarsai oleh pengelola sanggar yang telah berpengalaman di berbagai kegiatan peristiwa dikelola dengan melakukan berbagai pendekatan ke pihak pemerintah maupun swasta melalui prosedur yang baik.

o Modern dance mempunyai bentuk mengekspresikan artistic yang bersifat individual o Awal tari modern , karena adanya penolakan terhadap bentuk yang formal seperti pada tari balet o Lebih menekankan pada ekspresi artistik dari pertunjukkannya atau penampilan individual dengan teknik dan gaya tari dari koreografer yang sifatnya kontemporer. Selain itu menghindari pada penekanan teknik.

o Tarian ini merupakan perpaduan antara gerak tari, dramatikal, dan musik iringan. Koreografi tarian ini lebih bersifat kolaborasi, dengan demikian ketiga unsur seni yang mendukung tidak menjadikan dominan pada salah satunya.

o Tarian ini biasanya dipergelarkan di suatu tempat yang banyak ditengerai banyak pengunjung yang datang ke situ. Tempat tersebut disebut dengan tempat berkumpulnya massa (Broad Way)

o Kolaborasi gerak pada tarian ini mengandung unsur-unsur Balet, Jazz dan beberapa tarian etnik untuk tari-tarian yang berasal dari Eropa, tarian yang ada di Indonesia biasanya berupa tarian yang dipergelarkan pada saat untuk mengamen.

o Mode penyajian tarian ini berbentuk yang hangat dan baru(spektakuler), terkadang penyesuaian dari tarian yang dipergelarkan secara besarbesaran atau pada tarian jenis ini sebagai promosi.

o Contoh di Indonesia tari-tarian karya Guruh Sukarno Putra

o Tarian ini merupakan pertunjukan individual dari tari rakyat tradisi negara-negara Eropa maupun Indonesia. o Tarian ini tumbuh dan berkembang di masyarakat urban atau pendatang.

Pada hakikatnya, tarian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang terutama menyngkut kepada gerak, ruang, dan waktu. Gerak sebagai ekspresi atau sebagai ungkapan perasaan koreografer, penari, maupun seniman selaras dengan irama atau musik. Gerak sehari-hari dapat dijadikan gerak tari apabila diperhalus atau diperindah. Gerak tari harus diberi aspek estetis (keindahan). Oleh sebab itu, tari merupakan ekspresi gerak yang indah dengan diiringin musik atau ritme. Jenis tari dilihat dari pola garapan dibagi 2 yaitu Tari Tradisional dan Tari Nontradisional/tari kreasi. Tari Tradisional dibagi tiga yakni Tari Primitif, Tari Rakyat, dan Tari Klasik/Istana. Selanjutnya, Tari berdasarkan orientasi Peran/fungsi dibagi menjadi 3 yaitu Tari Uapacara (tari Adat dan Tari Religi /Agama), Tari Sosial/Pergaulan, dan Tari Teatrikal/Pertunjukan. Perkembangan tari secara umum dapat diamati berdasarkan bentuknya dapat disebut sebagai berikut: Tari Daerah, Tari Rakyat, Tari Balet, Tari Modern Dance, Tari Musik Panggung atau Opera, Tari Pendidikan. Pada masing-masing bentuk tari di atas, dalam perkembangannya didukung oleh masyarakat pendukungnya. Rentan atau kelemahan tari Klasik yang berkembang saat ini lebih cenderung semakin sedikit diapresiasi oleh banyak orang. Prosentasi tarian ini ditonton tidak sembarang waktu, melainkan banyak orang menonton koreografi tari yang memiliki pola garapan bebas.