Ilustrasikan dalam dunia nyata apa yang disebut method

1. Ilustrasikan dalam dunia nyata apa yang disebut :
a. Objek
Object adalah perwujudan dari class, setiap object akan mempunyai attribute dan method yang dimiliki oleh class-nya, contohnya: amir, ahmad, yani merupakan object dari class manusia. Setiap object dapat berinteraksi dengan object lainnya meskipun berasal dari class yang berbeda.

b. Atribut
Atribut dari sebuah kelas adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas, Atribut dapat memiliki hak akses private, public maupun protected. Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai private hanya dapat diakses secara langsung oleh kelas yang membungkusnya, sedangkan kelas lainnya tidak dapat mengakses atribut ini secara langsung.

c. Methode
Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer didalam suatu Class. Dengan kata lain, method pada sebuah kelas hampir sama dengan fungsi atau prosedur pada pemrograman prosedural.

d. Kelas
Class Merupakan model yang berisi kumpulan attribute dan method dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh class manusia memiliki attribute berat, tinggi, usia kemudian memiliki method makan, minum, tidur. Method dalam sebuah class dapat merubah attribute yang dimiliki oleh class tersebut. Sebuah class merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.

2. Sebutkan minimal 5 atribut dan minimal 3 method yang melekat pada diri anda ?
ATRIBUT :
1. Hari rabu ini saya berangkat les 2. Saya memakai baju warna merah 3. Tas saya berwarna hitam 4. Kerudung saya warna hitam

5.Sepatu saya warna coklat

B. Answer the following questions briefly and clearly!

1. Ilustrasikan dalam dunia nyata apa yang disebut : a. Objek b. Atribut c. Methode

d. Kelas

jawab: a.objek adalah gabungan antara data dan fungsi yang masing-masing bekerja sama dan tidak dapat dipisahkan.contoh:manusia,hewan,kendaraan,dll. b. Atribute adalah suatu pengenal yng digunakan untuk menyimpan suatu nilai.Nilai dalam variabel dapat berubah-ubah selama proses pada program masih berlangsung.contoh:Nama,tinggi badan,berat badan,dll. c. Methode adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau objek dapat bekerja.Methode diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana kelas tidak dapat menangani sendiri.contoh:cara makan,tidur,lari,dll. d. kelas merupakan suatu tipe dta yang menggabungkan data dan fungsi untuk mengakses data.Class merupakan definisi data dan fungsi dari suatu hal (benda, konsep, dll).

2. Sebutkan minimal 5 atribut dan minimal 3 method yang melekat pada diri anda ?

jawab: Atribute: 1.nama:friska meilani 2.nama panggilan:friska 3.tinggi badan:150 cm 4.berat badan:44 kg 5.warna kulit seperti warna kulit sawo matang 6.rambut hitam,lurus 7.saya anak pertama dari 5 bersaudara 8.hari ini saya memakai baju batik 9.saya memakai kerudung warna cokelat 10.memakai kaos kaki warna hitam Methode: 1.cara berjalan lambat 2.cara makan lambat 3.cara lari standar 4.minum secara perlahan 5.cara berbelok biasa 6.cara duduk kadang membungkuk 7.mandi standar 8.cara tidur miring 9.cara berbicara standar

3. Sebutkan paradigma lain dalam bahasa pemrograman selain paradigma berorientasi objek, bandingkan dan sebutkan masing-masing kekurangan dan kelemahannya ?

jawab: PARADIGMA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Kelebihan · Milestone diperlihatkan dengan jelas yang memudahkan dalam manajemen proyek · SSAD merupakan pendekatan visual, ini membuat metode ini mudah dimengerti oleh pengguna atau programmer. · Penggunaan analisis grafis dan tool seperti DFD menjadikan SSAD menjadikan bagus untuk digunakan. · SSAD merupakan metode yang diketahui secara umum pada berbagai industry. · SSAD sudah diterapkan begitu lama sehingga metode ini sudah matang dan layak untuk digunakan. · SSAD memungkinkan untuk melakukan validasi antara berbagai kebutuhan

· SSAD relatif simpel dan mudah dimengerti.

Kekurangan · SSAD berorientasi utama pada proses, sehingga mengabaikan kebutuhan non-fungsional. · Sedikit sekali manajemen langsung terkait dengan SSAD · Prinsip dasar SSAD merupakan pengembangan non-iterative (waterfall), akan tetapi kebutuhan akan berubah pada setiap proses. · Interaksi antara analisis atau pengguna tidak komprehensif, karena sistem telah didefinisikan dari awal, sehingga tidak adaptif terhadap perubahan (kebutuhan-kebutuhan baru). · Selain dengan menggunakan desain logic dan DFD, tidak cukup tool yang digunakan untuk mengkomunikasikan dengan pengguna, sehingga sangat sliit bagi pengguna untuk melakukan evaluasi. · Pada SAAD sliit sekali untuk memutuskan ketika ingin menghentikan dekomposisi dan mliai membuat sistem. · SSAD tidak selalu memenuhi kebutuhan pengguna. · SSAD tidak dapat memenuhi kebutuhan terkait bahasa pemrograman berorientasi obyek, karena metode ini memang didesain untuk mendukung bahasa pemrograman terstruktur, tidak berorientasi pada obyek (Jadalowen, 2002). PARADIGMA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK Kelebihan · Dibandingkan dengan metode SSAD, OOAD lebih mudah digunakan dalam pembangunan sistem · Dibandingkan dengan SSAD, waktu pengembangan, level organisasi, ketangguhan,dan penggunaan kembali (reuse) kode program lebih tinggi dibandingkan dengan metode OOAD (Sommerville, 2000). · Tidak ada pemisahan antara fase desain dan analisis, sehingga meningkatkan komunikasi antara user dan developer dari awal hingga akhir pembangunan sistem. · Analis dan programmer tidak dibatasi dengan batasan implementasi sistem, jadi desain dapat diformliasikan yang dapat dikonfirmasi dengan berbagai lingkungan eksekusi. · Relasi obyek dengan entitas (thing) umumnya dapat di mapping dengan baik seperti kondisi pada dunia nyata dan keterkaitan dalam sistem. Hal ini memudahkan dalam mehami desain (Sommerville, 2000). · Memungkinkan adanya perubahan dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap kebernaran software yang membantu untuk mengurangi resiko pada pembangunan sistem yang kompleks (Booch, 2007). · Encapsliation data dan method, memungkinkan penggunaan kembali pada proyek lain, hal ini akan memperingan proses desain, pemrograman dan reduksi harga. · OOAD memungkinkan adanya standarisasi obyek yang akan memudahkan memahami desain dan mengurangi resiko pelaksanaan proyek. · Dekomposisi obyek, memungkinkan seorang analis untuk memcah masalah menjadi pecahan-pecahan masalah dan bagian-bagian yang dimanage secara terpisah. Kode program dapat dikerjakan bersama-sama. Metode ini memungkinkan pembangunan software dengan cepat, sehingga dapat segera masuk ke pasaran dan kompetitif. Sistem yang dihasilkan sangat fleksibel dan mudah dalam memelihara. Kekurangan · Pada awal desain OOAD, sistem mungkin akan sangat simple. · Pada OOAD lebih fockus pada coding dibandingkan dengan SSAD. · Pada OOAD tidak menekankan pada kinerja team seperti pada SSAD. · Pada OOAD tidak mudah untuk mendefinisikan class dan obyek yang dibutuhkan sistem. · Sering kali pemrogramam berorientasi obyek digunakan untuk melakukan anlisisis terhadap fungsional siste, sementara metode OOAD tidak berbasis pada fungsional sistem. · OOAD merupakan jenis manajemen proyek yang tergolong baru, yang berbeda dengan metode analisis dengan metode terstruktur. Konsekuensinya adalah, team developer butuh waktu yang lebih lama untuk berpindah ke OOAD, karena mereka sudah menggunakan SSAD dalam waktu yang lama ( Hantos, 2005). · Metodologi pengembangan sistem dengan OOAD menggunakan konsep reuse. Reuse merupakan salah satu keuntungan utama yang menjadi alasan digunakannya OOAD. Namun demikian, tanpa prosedur yang emplisit terhadap reuse, akan sangat sliit untuk menerapkan konsep ini pada skala besar (Hantos, 2005).

4. Mengapa saat ini metodologi berorientasi objek berkembang lebih pesat dibandingkan dengan metode-metode yang lain dalam bahasa pemrograman ?

jawab: Karena pemrograman berorientasi objek memliki beberapa keuntungan seperti : 1.)maintenance; program lebih mudah dibaca dan dipahami, dan pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan program hanya dengan mengijinkan rincian yang dibutuhkan untuk programmer. 2.)pengubahan program (berupa penambahan atau penghapusan fitur tertentu); perubahan yang dilakukan antara lain menyangkut penambahan dan penghapusan dalam suatu database program misalnya. 3.)dapat digunakannya obyek-obyek sesering yang diinginkan, kita dapat menyimpan obyek-obyek yang yang dirancang dengan baik ke dalam sebuah tolkit rutin yang bermanfaat yang dapat disisipkan kedalam kode yang baru dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan pada kode tersebut. Jadi, sangat jelas sekal bahwa pemrograman berorientasi objek sangat cocok sekali digunakan dalam kasus pembuatan software yang rumit dan kompleks karena memberikan berbagai kemudahan kepada pemrogram seperti yang telah disebutkan diatas. permodelan yang mana yang lebh bagus? itu tergantung dari kebutuhan dan dari sudut pandang mana anda melihatnya. Yang perlu anda ingat adalah tujuan dari pemodelan itu sendiri, yang mana agar pada akhir proyek sistem dapat diperoleh sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pemakai, tepat waktu dan sesuai anggaran, serta mudah digunakan, dimengerti dan dipelihara.

5. Sebutkan bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi obyek (OOP) ?

jawab: 1.Visual Foxpro 2.Java 3.C++ 4.Pascal (bahasa pemrograman) 5.SIMULA 6.Smalltalk 7.Ruby 8.Python 9.PHP 10.C# 11.Delphi 12.Eiffel 13.Perl

14.Adobe Flash AS 3.0

6. Apa yang anda ketahui perbedaan antara syntax error dan runtime error ?

jawab: Compile-Time Error atau yang disebut dengan Syntax Error. Ini biasanya terjadi karena : kesalahan penulisan , misalnya lupa memberikan tanda titik koma pada akhir pernyataan, Java akan menunjukkan baris/kode yang terdapat kesalahan tersebut namun kadang petunjuk inipun bisa salah.Dalam kapitalisasi, ejaan, atau penggunaan karakter yang tidak benar.

Run time Errors, Sebuah program yang berhasil dikompile belum tentu berhasil di jalankan. Inilah yang dinamakan Run time error, kesalahan ini tidak akan ditampilkan sampai kita menjalankan program tersebut. Hal ini bisa saja terjadi misalnya dikarenakan struktur yang di buat programmer tidak jelas atau mungkin tidak logis.

Program Aplikasi Pembayaran

Ilustrasikan dalam dunia nyata apa yang disebut method