Alat utama yang digunakan untuk melakukan entri data berupa teks melalui pengetikan disebut dengan

 Nama : M. Supriyadi

    NIRM : 07.2.2.14.1844

                            Kelas  : Penyuluhan Peternakan I B

                    STPP MALANG

SISTEM KERJA KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinyamenghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputerditerjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapatmenerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output)serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi carakerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut:

  • Menurut Hamacher,komputer adalah mesin penghitung elektronik yangcepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnyasesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkanoutput berupa informasi.
  • MenurutBlissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampumelakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses inputtadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil daripengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.3.
  • Sedangkan Fuoriberpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses datayang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitunganaritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruhbagian ini saling berkaitan satu sama lain.

Gbr 1. Sistem Kerja Komputer

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalamsuatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yangdiperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personalcomputer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yangmenghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yangbiasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudianscanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapatdimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukansuatu proses akses file.Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistemke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yangdiperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signalinput dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalamsistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakanuntuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  • Peralataan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diprosesoleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,digitizer graphics tablet, scanner.
  • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelumsuatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu : Contohnya : punched card, disket, dan harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahandata dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakterkhusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaankeyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkanoleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dandipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang iniadalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboardstandar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard iniberjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port,yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktisdan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuaidengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitumenekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag iniakan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dankemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teraturdisebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mousesatu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitumouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagaipengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitupointing stick dan trackball.

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi danmen-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapatmengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layarmonitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak ataupersegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengaturgerak suatu objek dalam komputer.

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalahuntuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal verticalyang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanyamenempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy ataumenyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopyhasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkanmelalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan ataumodifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupunfile gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakanuntuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakanuntuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copygambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (OpticalCharacter Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saatini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawabankomputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMRlembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakanalat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampumenerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengankualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalingambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital iniditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantubanyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimanakamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalammemori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atauditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagaimacam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengankamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akandisimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Denganmikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kitainginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkatkeras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card danspeaker untuk mendengarkan suara.

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancanganbangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum(stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah,yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touchsensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudianditerjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah denganmeletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unitpemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalahsebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatuinformasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor  (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiridari ribuan sampai jutaan IC .Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika danlogika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unitmasukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan processor  atau CPUini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memilikikecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000herzt. Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalahpentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan PentiumIV, telah pula diperkenalkan  processor  dengan teknologi mobileyaitu Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputerbuilt up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo) Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor.Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPUbekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.

  1. ALU ( Arithmetical Logical Unit )

Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-  register  untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukanperhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yangdilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukankeputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logicaloperation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika denganmenggunakan operator logika, yaitu :

  • Sama dengan (=)
  • Tidak sama dengan ( <> )
  • Kurang dari ( < )
  • Kurang atau sama dengan dari ( <= )
  • Lebih besar dari ( > )
  • Lebih besar atau samadengan dari ( >= )

Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalianterhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output).Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagianlain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dankapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapatinstruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut keALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah:

  • Mengatur dan mengendalikanalat-alat input dan output
  • Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandinganlogika serta mengawasi kerja dari ALU
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatupemrosesan data.

Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.

Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakanbagian yang sangat penting dalam komputer.Kehandalan suatu komputer dapatdilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4,AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor -nya semakin baik fungsi komputer tersebut.

Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dansebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyaikecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakanuntuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedanginstruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masihdisimpan di memori utama.

Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatankomputer dan dikatakan sebagai memori perantara.

Memori dalam CPU berfungsi membantuproses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapatdibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (nonvolatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintahROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atausyntax-syntax.Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitasdisket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadimati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROMdisebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan softwaredijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak makasistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputermerancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROMterdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubahkembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM ( ErasableProgrammable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet sertadapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM ( Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secaraelektronik dan dapat deprogram kembali

  • RAM ( Random Access Memory )

Merupakan jenis jenis memori yang dapatdibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifatsementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka datayang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yangketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atauharddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empatbagian utama, yaitu :

  • Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melaluialat input.
  • Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksiprogram yang akan diakses.
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah danmenyimpan hasil pengolahan.
  • Output Storage,digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahandata yang akan ditampilkan ke alat output.

Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung kedalam input storage , bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam

Out Put adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran,apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupasuara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Daripenjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawalimemasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa olehCPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalammemori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melaluiperangkat keluaran.Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4macam bentuk, yaitu :

  1. Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus, dan symbol-simbol lain.
  2. Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
  3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
  4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin dalam bentuk symbol yang hanya dapat dimengerti oleh komputer.

BAGIAN DAN FUNGSI KEYBOARD

Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

Kamu tahu kan apa yang dinamakan dengan Keyboard…??

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat  pada CPU komputer.

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :

  1. Alphanumeric Key
  2. Numerik Keypad
  3. Function Key
  4. Modifier Key
  5. Cursor Movement Key.

Komputer dapat menggunakan berbagai jenis tata letak keyboard (papan ketik), supaya pengguna dapat memasukkan data dalam bahasa yang berbeda-beda. Tata letak standar yang digunakan untuk bahasa Inggris adalah QWERTY. Selain ini, ada banyak alternatif yang diusulkan, antara lain yang paling terkenal adalah Dvorak.

  1. Perbandingan tata letak alternatif

Umumnya cara yang digunakan untuk mengukur manfaat dari satu jenis tata letak tertentu antara lain adalah dengan mengukur jarak yang diperlukan oleh jari pengetik pada saat ia harus mengetikkan teks, jumlah pergantian tangan dan jari, dan jumlah tombol yang ditekan yang berada pada baris utama.

Tata letak keyboard untuk teks dengan alfabet non-Roman

Bahasa Arab

Gambar 2 :  Keyboard dalam Bahasa Arab

Bahasa rusia

Gambar 3 : Keyboard dalam Bahasa Rusia

Bahasa Yunani

Gambar 4 : Keyboard dalam Bahasa Yunani

Bahasa Ibrani

Gambar 5 : Keyboard dalam Bahasa Ibrani

Bahasa rusia

Gambar 6 : Keyboard dalam Bahasa Rusia

Mereka yang tidak memiliki keyboard Sirrilik sering kali menggunakan tata letak fonetis, misalnya ‘А’ dituliskan dengan menggunakan tombol ‘A’, ‘Б’ dengan tombol ‘B’, ‘Д’ by dengan tombol ‘D’, dan seterusnya.

  1. Cara kerja dari keyboad antara lain sebagai berikut:
  • Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada    dibawah tombol tersebut.
  • Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
  • Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
  • Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer.
  • Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.

Keyboard mempunyai peranan yang begitu penting dalam satu unit komputer. Karena dengan adanya keyboard komputer dapat digunakan dengan baik. Seringkali dalam mengetik di komputer, tombol-tombol keyboard yang begitu banyak sangat mengganggu. Akan tetapi kalau kita sadari, setiap tombol yang ada mempunyai fungsi-fungsi yang nantinya akan mengaktifkan sesuatu atau menjalankan sebuah perintah.
Oleh karena itu, saya akan menjelaskan fungsi dari setiap tombol keyboard yang ada, diantaranya :

  1. Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
  2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.
  3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
  4. Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
  5. Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
  6. Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
  7. Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
  8. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
  9. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
  10. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
  11. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
  12. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
  13. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Untuk lebih jelasnya tombol  keyboard dibagi atas beberapa fungsi, antara lain :

#   Fungtion Key

F1  =   Kebanyakan digunakan untuk tombol help                                                                     F2  =  Digunakan untuk rename, change volume kalo di Ms. Excel atau OO.

F3  =  Searching

F4  =  Biasanya kebanyakan ditambah dengan tombol Alt untuk bisa berfungsi dengan   baik dan berguna untuk menutup program

F5=Refresh                                                                                                                                            F6=Addressing                                                                                                                             F7 = Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks

F8 = Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek

F9 = Mengupdate Field (Mail Merge)

F10  =  Bila ditambah dengan tombol Shift, maka bisa berguna sebagai alternatif klik kanan.

F11 = Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)

F12  = Untuk save as

#  Tombol Alternatif

Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar.

Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor).
Scroll Lock = Untuk mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll.
Pause Break = Untuk merubah kondisi komputer menjadi stand by.

Tab = Loncat beberapa karakter

Caps Lock = Merubah karakter menjadi huruf besar.

Shift = Merubah karakter dan mengaktifkan fung symbol pada kondisi tertentu.

Shift + F10 = Alternatif klik kanan.

Ctrl = tombol ini akan berguna bila sudah di tambahi dengan beberapa penekanan pada tombol lain seperti :

Ctrl + A = Select All

Ctrl + B = Bold

Ctrl + C = Copy

Ctrl + D = Font

Ctrl + E = Center Alignment

Ctrl + F = Find

Ctrl + G = GoTo

Ctrl + H = Replace

Ctrl + I = Italic

Ctrl + J = Justify Alignment

Ctrl + K = Insert Hyperlink

Ctrl + L = Left Alignment

Ctrl + M = Hanging Indent

Ctrl + N = New

Ctrl + O = Open

Ctrl + P = Print

Ctrl + Q = Normal Style

Ctrl + R = Right Alignment

Ctrl + S = Save / Save As

Ctrl + T = Left Indent

Ctrl + U = Underline

Ctrl + V = Paste

Ctrl + W = Close

Ctrl + X = Cut

Ctrl + Y = Redo

Ctrl + Z = Undo

Ctrl + 1 = Single Spacing

Ctrl + 2 = Double Spacing

Ctrl + 5 = 1,5 lines

Ctrl + Esc = Start Menu

Ctrl + Alt + Del = Restart

Alt = juga akan berfungsi bila sudah dihubungkan dengan beberapa penekanan tombol pada keyboard seperti :

Alt + (tiap huruf pada sistem yang karakternya bergaris bawah) = menuju ke perintah yang diharapkan

Alt + F4 = menutup program

[lambang Windows] = Mengaktifkan start menu.

[lambang Windows] + M = Me-minimize semua program.

[lambang Windows] + Shift + M = Me-maximize semua program.

[lambang Windows] + E = Membuka Windows Explorer.

Num Lock = Meng-aktifkan fungsi tombol numerikal yang ada disebelah kanan pada key board.

Home = Mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat

End = Menaruh kursor pada posisi di akhir kalimat

Page Up/Pg Up = Untuk menaikkan layar per paragraph

Page Down/Pg Dn = Untuk menurunkan layar per paragraph

Del = Menghapus per karakter dari depan

Insert/ins = Untuk me-replace per karakter.

Backspace = Mengahapus per karakter dari belakang.

Space = Lompat satu karakter.

Arrows Keys = Untuk tombol navigasi.

#  Tombol Navigasi

Esc = Membatalkan dialog

Enter = Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraph

Tab = Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal

Windows = Mengktifkan Menu Start

Shortcut = Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor

Delete = Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor

Backspace = Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor

Insert = Menyisip karakter di posisi kursor

Home = Memindahkan posisi kurosr ke awal baris

End = Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris

Page Up = Menggulung layar ke atas

Page Down = Menggulung layar ke atas

Up = Memindahkan kursor 1 baris ke atas

Down = Memindahkan kursor 1 baris ke bawah

Left = Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri

Right = Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

  • Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

  • Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

  • Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

Gambar 7 : Struktur Tombol Keyboard

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

Gambar 8 : Port pada Keyboard Serial

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

Gambar 9 : Port pada Keyboard PS2 dan Konektor pada Motherboard

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Gambar 10 : Keyboard dan Mouse Wireless

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat

Gambar 11 : Konektor USB

  1. Tips menggunakan keyboard

Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.

Untuk itu ada baiknya Anda ikuti tips berikut ini untuk menghindari cedera pada tangan Anda :

  1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan. Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
  2. Posisi siku menggantung. Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
  3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda. Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
  4. Tekan tombol dengan tenang. Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
  5. Bila tidak sedang mengetik. Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.