Pengertian Sejarah Sistem Tertanam Apikasi Sistem Tertanam pada Industri (Automobile, Communication, Home Appliances, Defense, Textile) 2. Show Katagori Sistem Embedded Mandiri (Standalone) Real Time Networked Mobile Devices 3. Arsitektur Sistem Embedded Arsitektur Perangkat Keras (Hardware Architecture) Arsitektur Perangkat Lunak (Software Architecture) Tujuan Belajar: Setelah mempelajari dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : memahami dan menjelaskan pengertian dasar, katagori konsep dan arsitektur dari sistem embedded baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya. 1.1 Apa Itu Sistem Embedded Pengertiandigital yang merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar, yang biasanya bukan berupa sistem elektronik. Kata menunjukkan bahwa dia merupakan bagian yang tidak dapat berdiri sendiri. Embedded system biasanya merupakan khusus untuk aplikasi tertentu. Contoh sistem atau aplikasinya antara lain adalah instrumentasi medik Ini berbeda dengan Embedded system biasanya diimplementasikan dengan menggunakan mikrokontroler Embedded sistem banyak digunakan pada peralatan digital, seperti jam tangan. Struktur Sistem Embedded Sejarah Sistem Embedded Salah satu sistem embedded modern yang pertama dikenali adalah Apollo Guidance Computer yang dikembangkan oleh Charles Stark Draper di MIT Instrumentasi Laboratorium, awal 1960-an. Apollo Guidance Computer (AGC) adalah on-board digital computer (papan komputer digital) yang diinstall di setiap acecraft program Apollo, baik Command Module (CM) dan Lunar Module (LM). Disediakan onboard computation untuk mendukung spacecraft guidance, navigasi dan kontrol. Apollo flight computer adalah yang pertama menggunakan Integrated Circuit (IC). Versi Blok I digunakan 4.100 IC, masing-masing berisi gerbang logika single 3-input NOR l. Software AGC ditulis dalam bahasa assembly AGC. RAM: 2K words ROM: 36K words Both had cycle times of 11.72 micro-seconds. The memory word length : 16 bits, 15 bits of data and 1 odd-parity bit. Gambar 1. Apollo 1024 bit core memory module Sebuah sistem embedded pertama yang diproduksi secara massal adalah Autonetics D-17 guidance computer untuk rudal Minuteman, dirilis pada tahun 1961. Dibangun dari transistor logika dan memiliki hard disk untuk memori utama. Gambar 3. Autonetics D-17 guidance computer from a Minuteman I missile. Setelah tahun 60-an. dimana telah ditemukannya integrated circuit, embedded system mengalami peningkatan dalam hal produksi dan mengalami penurunan harga. Pada masa tersebut banyak dikembangkan system yang dapat melakukan tugas yang lebih canggih dan komplek. Sebagai contoh : Microprosesor pertamaIntel 4004, berhasil dimanfaatkan untuk pembuatan kalkulator dan system lainnya. System tersebut mulai membutuhkan memori tambahan dan chips pendukung. Sistem embedded saat ini adalah :
Real-time video, set-top boxes, DVD players, medical equipment, residential gateways
Mobile phones, pagers, home appliances, toys, smartcards, MP3 players, PDAs, digital cameras, sensors, smart badges Aplikasi Sistem Embedded Aerospace Sistem navigasi,sistem pendaratan otomatis, flight attitude controls, engine controls, space exploration (seperti : The mars pathfinder) Otomotif Fuel injection control, passenger environmental controls, anti-locking braking systems, air bag controls, GPS mapping, cruise control Mainan anak Video games, MindStone system Komunikasi Satelite, network routers, switches, hubs Peralatan Printer, scanner, keyboard, komputer displays, modems, hard disk, CD-ROM, USB Peralatan rumah Mesin cuci, microwave tangga oven, VCR‟s, DVD, televisi, stereo, sistem alarm keamanan atau keebakaran, lawn sprinkler controls, thermostats, kamera digital, clock radios, cell phones Industri Elevator controls, surveillance systems, robots Instrumentation Data collection, oscilloscopes, signal generators, signal analyzers, power supplies Kesehatan CT, one touch glucose meter, almost all medical facility Peralatan kantor Mesin FAX, mesin fotocopy, telepon Perorangan PDA, pager, IPOD, MP3 player, telepon selular 1.2 Kategori Sistem Embedded1. Mandiri (Standalone) Sebuah perangkat standalone dapat berfungsi secara independen dari perangkat keras lainnya. Tidak terintegrasi ke dalam perangkat lain. Contohya adalah , kotak TiVo yang dapat merekam program televisi, sedangkan DVR yang terintegrasi ke kotak kabel digital merupakan peralatan yang tidak stand alone. Perangkat yang terintegrasi biasanya lebih murah daripada beberapa produk standalone yang melakukan fungsi yang sama. Stand alone juga dapat merujuk kepada sebuah program software yang tidak memerlukan software selain sistem operasi untuk menjalankannya. Ini berarti bahwa kebanyakan program software adalah program mandiri. Software seperti plug-in dan paket ekspansi untuk video game bukan merupakan program stand alone karena tidak akan berjalan kecuali program tertentu telah terinstal. 2. Real Time Sistem embedded dengan tugas-tugas spesifik yang dilakukan dalam periode waktu spesifik disebut dengan sistem real time. Sistem real time terdiri dari hard real time system dan soft real time system. Hard real time adalah sistem yang harus melaksanakan tugas dengan deadline yang tepat. Contoh dari sistem ini sebuah sistem yang harus membuka katup dalam 30 milidetik ketika kelembaban udara melintasi ambang batas tertentu. Jika katup tidak dibuka dalam 30 milidetik maka akan menimbulkan malapetaka. Sedangkan soft real time adalah sistem yang tidak memerlukan deadline, seperti DVD player, jika diberikan suatu perintah dari remote control maka akan mengalami delay selama beberapa milidetik untuk menjalankan perintah tersebut. Delay ini tidak akan berakibat sesuatu yang serius. untuk applikasi yang dedicated. Sistem operasi yang hard real-time mempunyai batasan waktu yang tetap yang sudah didefinisikan dengan baik.Pemrosesan harus selesai dalam batasan-batasan yang sudah didefinisikan, atau sistem akan gagal. Sistem hard real-time sering kali digunakan sebagai alat pengontrol keras, dan tidak mendukung deadline dengan menggunakan batas akhir Sistem soft real-time mempunyai lebih sedikit batasan waktu yang 3. Networked Sistem embedded yang dilengkapi dengan interface network dan diakses oleh suatu jaringan seperti Local Area Network atau internet disebut dengan Networked Information Appliances. Sistem embedded yang terhubung ke jaringan berjalan pada protokol TCP/IP dan memerlukan protokol layer aplikasi serta HTTP web server software untuk menjalankan sistem tersebut. Contoh dari sistem ini adalah sebuah web camera yang dapat mengirimkan gambar secara real time yang telah terhubung ke internet melalui TCP/IP dan HTTP, misalnya ketika pintu terkunci dan sesorang berada didepan pintu tersebut, web camera yang berada pada pintu akan mengirimkan sinyal ke desktop melalui internet dan pintu yang terkunci dapat dibuka dengan menekan tombol mouse. 4. Mobile DevicesMobile device seperti ponsel, PDA, smart phone, dll merupakan kategori khusus dari sistem embedded. Mekipun PDA melakukan banyak tugas untuk tujuan umum (general purpose), tetapi harus dirancang seperti sistem embedded konvensional. Mobile device dianggap sebagai sistem embedded karena keterbatasannya pada kendala memory, ukuran yang kecil, kurangnya interface yang. Meskipun demikian saat ini PDA mampu mendukung software aplikasi general purpose seperti word processor, games, dll. 1.3 Arsitektur Sistem EmbeddedArsitektur sistem embedded merupakan sebuah abstraksi dari perangkat embedded. Komponen hardware dan software bukan direpresentasikan sebagai beberapa komposisi dari elemen yang berinteraksi. Arsitektur sistem embedded merupakan hal yang penting dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi saat mendesain sistem baru. Tantangan yang biasa dihadapi adalah mendefinisikan dan meng-capture desain system keterbatasan biaya menentukan integritas sistem, seperti kehandalan dan keamanan bekerja dalam batas-batas fungsi elemen yang tersedia (seperti processing power, memori, battery life, dll) marketability dan sellability persyaratan deterministik Arsitektur dapat bertindak sebagai dasar yang kokoh untuk keadaan. Mendefinisikan dan memahami arsitektur sistem embedded merupakan komponen penting dari desain sistem Setiap sistem embedded memiliki arsitektur. Arsitektur embedded adalah alat yang berguna dalam memahami semua elemen utama, mengapa semua elemen berada ditempatnya dan mengapa semua elemen berperilaku demikian. Gambar 3. Tipe arsitektur sistem embedded Gambar 4. Arsitektur sistem embedded User Interface : untuk interaksi dengan pengguna. Terdiri keyboard, touch pad, dll ASIC: Application Specific Integrated Circuit : untuk fungsi yang spesifik seperti motor control, data modulation, dll Microcontroller(μC) : bagian dari mikroprosesor Real Time Operating System (RTOS): terdiri dari semua software untuk kontrol sistem dan interface pengguna Controller Process: Keseluruhan kontrol algoritma untuk proses eksternal yang menyediakan waktu dan kontrol untuk berbagai unit di dalam sistem embedded. Digital Signal Processor (DSP) , merupakan jenis dari mikroprosessors DSP assembly code : kode untuk DSP yang disimpan dalam memori program Dual Ported Memory : Data Memory yang dapat diakses oleh dua prosesor pada saat yang sama CODEC: Compressor/Decompressor data User Interface Process : Bagian dari RTOS yang menjalankan perangkat lunak untuk kegiatan interface pengguna Controller Process : Bagian dari RTOS yang menjalankan software untuk timing dan control antara berbagai unit dari sistem embedded Embedded Systems Hardware Commercial off-the-shelf components (COTS)
Domain-specific processors
Embedded Software
Waktu: secara sistematik telah terhubung dengan teori komputasi - RTOS seringkali mereduksi karakterisasi suatu task menjadi sebuah bilangan(yakni, prioritasnya) Tetapi: Komputasi memerlukan waktu bahkan pada komputer yang - sangat cepat, waktu masih perlu dipertimbangkan Proses fisik memerlukan waktu - Perlu ditemukan abstraksi yang memungkinkan kendali waktu ! Didunia fisik, banyak kejadian berlangsung pada waktu yang sama Tantangan: mengkompromikan sekuensialitas software dengan - konkurensi dunia nyata yang baik Tetapi tidak mencukupi Pendekatan lain adalah kompilasikan konkurensi (Estrel) Pendekatan klasik (semaphores, monitors, dsb) memberikan fondasi • Estrel: synchronous/reactive language
Kekurangan: terlalu statik untuk sistem tertentu - Karena itu diperlukan pendekatan menengah
terjadi Deadlock tidak dapat ditolerir Tidak seperti model komputasi Turing tradisional, HALT tidak boleh - Correctness bukan semata mata menampilkan jawaban akhir yang benar mempertimbangkan hal-hal sepertitiming, power consumption, fault recovery, security and robustness Harus
Sistem disebut interaktif, bila: Bereaksi dengan kecepatannya sendiri (atau kecepatan manusia yang mengendalikannya) Sistem disebut transformatsional, bila: - (misalnya perkalian dua buah matriks) - Sistem disebut reaktif, bila: Mentransformasikan suatu input data menjadi suatu output data kecepatan reaksi yang tetap Bereaksi secara kontinu dengan lingkungan, selalu dengan Harus beradaptasi terhadap perubahan kondisi sumber daya dan permintaan dapat sering berubah Kendala waktu nyata, Safety-critical, Fault-tolerance dapat merupakan isu utama 1. 1.4 PertanyaanApa yang dimaksud dengan sistem embedded ? 2. Ceritakan sejarah sistem embedded secara singkat dan jelas ! 3. Sebutkan aplikasi sistem embedded pada bidang kedokteran ! 4. Gambarkan arsitektur sistem embedded ! 5. Mengapa arsitektur merupaka hal yang penting pada saat mendesain sebuah sistem embedded ? 6. Sebutkan kategori yang ada dalam sistem embedded ! 7. Apa yang dimaksud dengan sistem real time sistem embedded ? 8. Jelaskan perbedaan antara hard real time sistem dengan soft real time sistem ! 9. Sebutkan sifat-sifat embedded software ! 10. Jelaskan perbedaan antara sistem interaktif dan sistem reaktif pada embedded software ! |