Salah satu pesan pokok yang terdapat dalam surat at-tin adalah

Surel :

Alamat Kantor :

Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta Pusat 10270

hadis di samping menyatakan kepada umat Islam agar عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله ع�� صلا لله اكل فا طلب القلق والخوارج فإن الغلة برية ونج … اح . (رواه الطبراني ) :​

yang di maksud dengan lafas......مصل لما بين يد به يل.....dalam Q.S al-maidah /5:48 adalah​

Iddah wanita hamil yang ditinggal oleh suaminya, baik dicerai maupun meninggal dunia adalah (A) sembilan bulan sepuluh hari (B) empat bulan sepuluh h … ari (C) tiga kali suci (D) sampai melahirkan (E) tiga kali haid​

apakah boleh sholat Dhuha jam 5 pagi?​

Yang Harus di teladani dari kisah Nabi Isa a. s dengan temannya yg serakah adalah​

tolong bantuannya kakak​

تنزع 8 اله نفر بيسميك الرجيم من ل طعنmahroj​

Q.malamtuliskan nama² asmaul husna dan beserta artinya jangan liat gogle ya​

carilah contoh taat pada aturan, kompetisi,dan etos kerja?​

2 Analisis terhadap perilaku konsumsi dengan kurva indiferensi memiliki kelebihan dibanding daya guna marjinal karena memungkinkan untuk menggambarkan … pengaruh pendapatan terhadap kuantitas barang yang diminta. Kaitkanlah hubungan antara pendapatan dan kuantitas barang yang terjadi pada teori perilaku konsumen tersebut dan gunakan gambar untuk memudahkan analisis! 25 3 Analisis biaya produksi dibedakan menjadi dua jangka waktu, yaitu biaya jangka pendek dan biaya jangka panjang. Analisislah perbedaan biaya produksi pada jangka pendek dan jangka panjang, serta bagaimana kurva biaya produksi rata-rata dapat mengalami penurunan berdasarkan faktor – faktor penyebabnya!

Surat At - Tin merupakan salah satu surat makiyah, yaitu surat yang diturunkan pada periode mekah atau sebeum Rasulullah hijrah ke madinah. Demikian menurut pendapat jumhur ulama. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan berada pada juz 30 dan surah ke 95 didalam susunan mushaf Al-qur'an. Surah ini merupakan wahyu ke 28 yang diterima Rasulullah Saw. Surah At - Tin diturunkan sebelum surah Al -buruj dan sesudah Quraisy. Kandungan pokok surah At - Tin adalah tentang manusia dan keniscayaan pembalasan dan ganjaran yang akan diterima dihari akhir nanti. Dalam surah At - Tin ini diuraikan keadaan jenis manusia dengan potensi baik buruknya dan bahwa jika mereka ingin mengembangkan potensi baiknya, adalah wajar jika mereka menjadikan Nabi Muhamad Saw yang merupakan insan kamil sebagai suri tauladan serta mengikuti petunjuk Allah Swt yang selama ini telah menurunkan wahyu nya kepada para Nabi.

Di dalam surah At - Tin ini ada beberapa pesan pokok yang dapat dijadikan pelajaran dan bekal hidup. Pesan pokok tersebut diantaranya kewajiban untuk meneladani akhlak Rasulullah Saw, perintah untuk mensyukuri semua karunia dari Allah, kewajiban beriman terhadap semua keterangan (wahyu) yang diturunkan melalui para rasul, kabar tentang pahala bagi orang yang beriman dan beramal saleh, kabar tentang hari pembalasan pasti datangnya, dan pernyataan bahwa Allah itu hakim yang maha adil, yang tidak akan pernah menzalimi hamba-Nya


Page 2

yang perlu di perhatikan sebelum membaca ayat suci Alqur'an surah At-Tin awali terlebih dahulu berwudlu, menutup aurat, duduk dengan sikap yang baik, kemudian membaca dengan lapad Basmalah 

بِّسْمِ اللَّـهِ الرَّ‌حْمَـٰنِ الرَّ‌حِيمِ lalu di lanjut di lanjut dengan membaca Ta'awuz

sedangkan yang perlu di perhatikan pada saat membaca Qur'an surah At-tin adalah dua hal yakni :

2. Maharijul huruf [mahraj].

Asbabul nuzul Qura'n Surah . At-Tin [95]: Adapun Asbabul nuzul Qura'n Surah. At-Tin [95] yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Al-Aufi dengan bersumber dari Ibnu Abbas. Bahwa Surah at-Tin turun berkaitan dengan pertanyaan para sahabat tentang balasan amal orang yang sudah pikun. Melalui surah at-Tin, Allah Swt. menegaskan bahwa amal orang yang beriman dan beramal saleh akan senantiasa mengalir pahalanya meskipun orang tersebut mengalami pikun.

At-Tin adalah surah ke-95.Juz 30 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah.[surah yang turun di makkah] Surah ini diturunkan setelah surah Al-Buruj. Adapun nama surah At-Tin diambil dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertama surah tersebut artinya buah Tin.

a.    Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 1 sampai 8

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١) وَطُورِ سِينِينَ (٢) وَهَـٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ (٣) لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ (٤) ثُمَّ رَدَدۡنَـٰهُ أَسۡفَلَ سَـٰفِلِينَ (٥) إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ (٦) فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ (٧) أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَـٰكِمِينَ (٨

b.  Arti Per - Ayat  dan cara membaca Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 1 sampai 8

           Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat. 1

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ.

Artinya: " Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat. 2

Artinya: "dan demi bukit Sinai,

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat. 3

وَهَٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ

[wa-hadzaal-baladil amiin]

Artinya: "dan demi kota (Mekah) ini yang aman,

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat. 4

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

[laqod khalaqnaa al- Insaana fii ahsani taqwiim]

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat. 5

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

Tsumma radad-naahu as-fala saafiliin]

Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat.6

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

[illaa al-ladziina aamanuu wa'amiluush-shaalihaati falahum ajrung- ghayru mamnuun]

Artinya: "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat.7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

[Famaa yukadz-dzibuka ba'du bid-diin]

Artinya: "Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat .8

أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ

[Alaysallaahu biah-kamiil-haakiim]


Artinya: "Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

     c. Terjemah Perkata (mufrodat) Surat At-Tin  

    d. Hukum Tazwid Q.S At-Tin  1-8

No Mufrodat
No Mufrodat
1 2.Mad thobii 16 musadad
2 17 Mad thobi i
3 Mad thobii wau 18 Mad thobi i wau

Mad thobii Iya
Mad ari lisukun
19
4
20
5 Alif lam qomariyah 21 Idhar safawi
6 Alif lam qomariyah
Mad ard lisukun

Qolqolah sugro
7 qolqolah 22
8
23 Mad arid li sukun
9 Alif lam qomariyah
Mad  badal
24 Mad thobi i
10 Maz  jaiz 25 musadad
11
26
12 qolqolah 27 musadad
13 gunah 28 Mad lin
14 Qolqolah sugro
Mad badal
29 Wajib tafhim lapad allah
15 Mad thobi i 30 Alif lam qomariyah
Mad thobii
Mad arid lisukun

Tafsir Qur’an Surah  At-Tin (95) Ayat 4 :

 لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

(Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia) artinya semua manusia (dalam bentuk yang sebaik-baiknya) artinya baik bentuk atau pun penampilannya amatlah baik.

Bukti bahwa manusia adalah mahluk Allah yang sangat sempurna yakni sangat berbeda dengan hewan baik secara fisik maupun secara  Rohani.

dari ayat tersebut di atas sehingga ada perbedaan yang sangat mendasar dari Manusia dan dan mahluk lainnya [hewan]. adapun perbedaan tersebut antara manusia dengan hewan dapat di identifikasi sebagai berikut di bawah ini :

A. Perbedaan  manusia dengan hewan secara fisik dan rohani

1. Perbedaan secara fisik/ jasmani antara Manusia dengan Hewan yakni :            

1. a. Manusia  Belajar [kelebihannya selanjutnya yaitu belajar. Manusia mampu mempelajari sesuatu hal yang benar atau salah. Dengan belajar juga bagaimana manusia menjalankan hidupnya di bumi, belajar bagaimana berinteraksi dengan mahluk lainnya.]

b. Hewan tidak pernah belajar belajar

2. a. Manusia memerlukan menggunakan Pakaian [Manusia juga satu-satunya anggota kerajaan hewan yang menggunakan pakaian. Mungkin karena memang tubuhnya tergolong  telanjang. Perkembangan pola berpakaian ini dipengaruhi juga oleh evolusi. ]

b. Hewan  tidak membutuhkan/ Menggunakan Pakaian

3. a. Manusia Memiliki Rasa Malu

b. Hewan  tidak memilik Rasa Malu

4. a. Manusia Bicara Laring atau kotak suara kita ada di bagian terbawah tenggorokan, jauh lebih rendah letaknya dibanding simpanse. Ini membuat kita mampu mengucapkan banyak kata   dan mampu berbicara daripada bangsa primata lain. Kita mulai memiliki kemampuan ini sejak 350.000 tahun lalu, saat nenek moyang manusia mulai bisa berbicara dengan baik.

b. Hewan tidak bisa  Bicara

5. a. Manusia Tidak Berbulu/hanya bagian bagian tertentu [Dibanding kerabat kita para kera, kita ini termasuk telanjang, lho. Ya, sebab bagi bangsa primata, bulu itu semacam pakaian alami. Walau tidak ditumbuhi bulu sama panjang dengan bangsa monyet, justru bulu di tubuh kita jauh lebih lebat kalau dihitung rata-rata jumlah produksinya. Untung lah bulu itu tidak sama panjang dengan bulu monyet ]

b. Berbulu banyak dan sangat lebat

6. a. Manusia Postur tubuh sangat indah dan menarik

  b.  Postur tubuh sangat tidak indah dan tidak    menarik  menarik

7. a. manusia bisa mengetahui bahwa api itu panas dan membahayakan

  b. Hewan tidak bisa mengetahui bahwa api itu panas dan membahayakan      

Manusia tergolong bangsa primata, namun manusia lah yang mampu berjalan tegak lurus. Ini membuat tangan kita bebas bekerja, tak seperti primata lain yang menggunakan tangan sebagai penopang tubuh untuk berjalan. Kita hanya memerlukan tangan untuk berjalan saat masih bayi saja. Bayangkan kalau kita terus-terusan merangkak, pastinya agak susah menciptakan komputer atau segala teknologi canggih saat ini kan? 

9. Masa Kanak-kanak Panjang

Dibanding hewan lain atau sebangsa primata, manusia menghabiskan paling banyak waktu bersama orang tuanya. Alasan paling masuk akal menurut ilmuwan adalah karena manusia memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan otaknya yang sangat kompleks dan memang lebih unggul disbanding mahluk hidup lain.

10. Hidup Lama Setelah Reproduksi

Sebagian besar hewan hidup tidak lama setelah mereka melakukan reproduksi. Tapi manusia, khususnya yang perempuan, masih bias hidup lama setelah mereka melahirkan. Ilmuwan menduga ini disebabkan adanya ikatan social di antara manusia, terutama keluarga besar. Kakek dan nenek bias membantu mengasuh anak atau sekedar memberi perhatian. Itu adalah keadaan yang tidak berlaku pada hewan.

Manusia bukan satu-satunya “hewan” yang mampu memegang benda dengan tangannya melalui bentuk jari yang ideal. Bangsa primata lain seperti kera juga mampu melakukannya. Yang membuat manusia unik adalah bentuk jari dan ukurannya saling berbeda satu sama lain. Setiap jari memiliki fungsi berbeda dalam melakukan suatu tugas. Ini membuat jari-jari kita bisa menulis dengan baik, memetik gitar, dan memanfaatkan objek lainnya. Hal yang tak bisa dilakukan bangsa primata lain sebaik kita.


B. Perbedaan  manusia dengan hewan secara rohani

Perbedaan secara fisik/ jasmani Manusiadengan Hewan yakni :

1. a. Manusia di beri akal dan nalurisehingga manusia dapat membedakan yang baik dan yang salah

    b. hewan  tidak di beri akal  hanya di beri instink / Naluri.sehingga tidak  bisa membedakan yang 

2. a.  Manusia di beri hati dan perasaannya [Walau sama-sama masuk dalam Kingdom binatang, tetapi manusia unggul karena memili akal pikiran yang dapat berpikir. Dengan akal pikiran          manusia mampu mengontrol emosinya. Itulah yang menyebabkan manusia berbeda dengan hewan dan tumbuhan. ]

    b. Hewan di beri hati tetapi tidak dengan perasaanya  

3. a. Manusia di beri Ruh dalam penciptaannya yang kekal tetapi tidak abdi sampai akherat 

    b.  Hewan tidak di beri ruh dan hanya di beri hidup untuk di di dunia saja

Tafsir Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 5

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

Artinya:" (Kemudian Kami kembalikan dia) maksudnya sebagian di antara mereka (ke tempat yang serendah-rendahnya) ungkapan ini merupakan kata kiasan bagi masa tua, karena jika usia telah lanjut kekuatan pun sudah mulai melemah dan pikun. Dengan demikian ia akan berkurang dalam beramal, berbeda dengan sewaktu masih muda; sekalipun demikian dalam hal mendapat pahala ia akan mendapat imbalan yang sama sebagaimana sewaktu ia beramal di kala masih muda, hal ini diungkapkan dalam firman selanjutnya, yaitu : 

Tafsir Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 6:

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Artinya:" (Kecuali) melainkan (orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya) atau pahala yang tak pernah terputus. Di dalam sebuah hadis telah disebutkan, bahwa apabila orang mukmin mencapai usia tua hingga ia tidak mampu lagi untuk mengerjakan amal kebaikan, maka dituliskan baginya pahala amal kebaikan yang biasa ia kerjakan di masa mudanya dahulu.


Tafsir Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

Artinya:" (Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan) hai orang kafir (sesudah itu) yakni sesudah hal-hal yang telah disebutkan tadi, yaitu mengenai penciptaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian dijadikan-Nya tua dan pikun, yang hal ini menunjukkan kepada kekuasaan-Nya untuk membangkitkan makhluk hidup kembali (hari pembalasan) yang terlebih dahulu diawali dengan hari kebangkitan lalu perhitungan amal perbuatan. Maksudnya apakah gerangan yang mendorongmu mendustakan hal tersebut? Tentu saja tidak ada yang mendorongnya untuk mendustakan hal tersebut selain dirinya sendiri.


Tafsir Qur'an Surah At-Tin [95] : Ayat 8

أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ

Artinya:" (Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?) artinya Dia adalah hakim yang paling adil di antara hakim-hakim yang adil lainnya, dan keputusan-Nya berdasarkan sifat tersebut. Di dalam sebuah hadis disebutkan, "Barang siapa membaca surah At-Tiin hingga akhir surah, maka hendaknya sesudah itu ia menjawab, 'Balaa Wa Anaa 'Alaa Dzaalika Minasy Syaahidiina/tentu saja kami termasuk orang-orang yang menyaksikan akan hal tersebut.'" Menurut Tafsir Jalalayin menyebutkan bahwa : "Barang siapa membaca surah At-Tiin hingga akhir surah, maka hendaknya sesudah itu ia menjawab, 'Balaa Wa Anaa 'Alaa Dzaalika Minasy Syaahidiina/tentu saja kami termasuk orang-orang yang menyaksikan akan hal tersebut.'"

6.    Pesan pokok surah At-Tin

Dalam surah At-tin di uraikan jenis manusia potensi baik dan buruknya dan jika ingin mengembangkan potensinya baiknya adalah wajar jika mereka menjadikan Nabi muhamad saw .yang merupakan insane kamil sebagai suri tauladan serta mengikuti petunjuk petunjuk Allah yang selama ini telah menurunkan wahyu kepada para nabi .

Di dalam surah At-tin  ada beberapa pesan pokok tersebut yaitu :

a.  Jika ingin menjadi manusia maka wajib hukumnya untuk meneladani akhlak Rusulullah

b.  Manusia harus menyukuri semua karunia dari Allah, termasuk akal dan nafsu . karena dua potendi tersebut  manusia dapat hidup  berkembang  dan mampu mengendalikan hidupnya.

c.   Manusia harus beriman terhadap semua keterangan (wahyu) uyang di turunkan melalui para rasul.manusia juga harus mengerjakan  kebajikan .jika ia  tidak ingin jatuh kejurang kehinaan (neraka) dan kesengsaraan .

d.  Pahala bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh itu tidak akan pernah putus pahala itu akan akan tetap mengalir walaupun ia sudah meninggal dunia .

e.   Hari pembalasan sudah pasti datang  dan setiap manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannyan di hadapan Allah swt

f.   Allah itu hakim yang maha adil . Allah itu tidak akan menzalimi hambanya.

Uji Kopetensi  : Bab.1 Q.S Surah At-Tin

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1. Al-Qur'an Surat At-tin, tergolong dalam  surat

2. Lapad غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬  di artikan

3.Hukum bacaan dibawah ini  yang .mengandung hukun bacaan mad jaiz munfasil

c. خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ                       

4. Bacaan yang  mengandung hukum bacaan ihfa.

a. خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ         

d. وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ

5. Tafsir dari lapad  ٱلۡبَلَدِ    adalah....

6. Lapad  أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬    diaetikan mahluk tang sangay sempurna arau mahluk yang sangat bagus dalam bentuknya  karena memiliki tiga hal yakni :

7. Ada beberapa arti dari kata Tin yang ditafsirkan sebagai……

c.   Salah satu bukit di damaskus  

8. Lapad غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬  di artikan

9. Lapad  زَّيۡتُونِ selain ditafsirkan sebagai buah zaitun juga ditafsirkan sebagai tempat di sebuah gunung di yerusalem tempat Nabi Isa As  di selamatkan dari usaha pembunuhan.

10. Hukum bacaan yang terdapat pada lapad ٱلۡإِنسَـٰنَ yakni :

11. Lapad عَمِلُو    ditafsirkan

c. sesuatu perbuatan yang di sengaja    

12. ilmu Al-Qur'an yang membahas mengenai latar belakang atau sebab-sebab suatu  atau beberapa ayat al-Qur'an diturunkan disebut

13. Setelah hancurnya sistem kekhalifahan, kota mekah ini disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh ………………kemudian menjadi pelayan bagi kedua kota suci Islam, Mekkah dan Madinah

14. Sebagai penduduk pertama kota mekah yakni….

15. Ada beberapa tempat- tempat sangat sakral  di kota makkah kecuali

16. Surat at-Tin merupakan termasuk kedalam kelompok  Surat  Makiyyah merupakan wahyu  ke………………

17. Surah At-Tin  terdiri dari……………………

a. 8 ayat berada dalam Juz ke 30                .                                              

b. 7 ayat berada dalam Juz ke 30.             

c. 9 ayat berada dalam Juz ke 30                .                              

d. 6 ayat berada dalam Juz ke 30.

18. surah At-Tin  merupakan surat ke………………….dalam susunan mushaf Al-qur’an .

19. Sebelum Surat At-Tin  ini turunkan pula  surah………..

20.  sesudah surat at-Tin maka turub surat

a. Salinlah dan beri sakal pada ayat -ayat di bawah ini :

4. لقد خلقنا الإنسان في أحسن تقويم

6. إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات فلهم أجر غير ممنون

8. أليس الله بأحكم الحاكمين

b. Artikan Ayat tersebut diatas

c. Hukum bacaan pada lapad ٱللَّهُ adalah……..

d. Terangkan kandungan dari surat at-Tin ayat 1-2 dan 3

d. Apa pesan yang di sampaikan dari surat At-Tin  yang kalian ketahui

III. Coba Identifikasi Apa perbedaan manusia dengan binatang ?

Buatlah baga untuk membedakannya >