TRIBUNNEWS.COM - Simak empat jenis pola lantai dalam seni tari dalam artikel ini. Selain itu, dilengkapi juga dengan fungsi dan tujuan dari pola lantai. Pola lantai adalah pola yang dibentuk sebagai aturan bagi penari dalam berpindah, bergerak, maupun bergeser posisi saat di panggung agar tampak lebih menarik. Pola lantai bisa dikatakan sebagai teknik blocking (penguasaan panggung) seorang penari. Baca juga: Apa itu Sumber Daya Alam? Berikut Manfaat, Contoh hingga Cara Pelestariannya Baca juga: 34 Nama Pakaian Adat di Indonesia dan Asal Daerahnya Dikutip dari Modul Pembelajaran SMP Terbuka Seni Budaya Kelas VII Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari oleh Sarjiyem dan Frangky (2020), pola lantai sangat penting dalam sebuah tarian berkelompok. Berikut jenis-jenis pola lantai dalam seni tari lengkap dengan penjelasan masing-masing. 1. Pola Lantai Garis Lurus Diagonal Pola lantai diagonal merupakan pola dalam seni tari yang membentuk garis lurus menyudut ke kanan atas, ke kiri atas, ke kanan bawah ataupun ke kiri bawah. Pola lantai ini memberikan suatu makna akan kedinamisan dan kekuatan. 2. Pola Lantai Garis Lurus Horizontal
sentralsoal.com - Selamat datang di situs sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi penerapan pola lantai tari kreasi sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX revisi terbaru Kurikulum 2013. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi penerapan pola lantai tari kreasi sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX revisi. Gambar: freepik.com 1. Berikut ini adalah jenis tari yang menggunakan pola lantai garis lengkung, kecuali ....A. tari Kecak dari Bali B. tari Bedaya dari keraton Jawa C. tari Badong dari TorajaD. tari Randai dari Minangkabau 2. Sebuah tarian pasti menggunakan musik pengiring atau iringan tari. Fungsi dari iringan tari adalah, kecuali ....A. memberi iramaB. memberi ilusi C. memberi efek D. mempertegas ekspresi gerak 3. Tari piring merupakan tari ....A. Kreasi tradisiB. Kreasi nontradisiC. Tari modern D. Tari tradisional 4. Iringan tari adalah salah satu peranan dalam pementasan. Ada dua macam iringan dalam tari, yaitu ....A. iringan gamelan dan iringan angklungB. iringan langsung dan tidak langsungC. iringan internal dan unternal D. iringan internal dan iringan eksternal 5. Tari tor tor berasal dari daerah ....A. Aceh B. Sumatera utara C. Sumatera selatanD. Sumatera barat 6. Musik iringan tari bersifat bebas sesuai dengan sifat seni sendiri yang bebas. Meskipun bebas tetapi ada aturan yang harus ditaati, yaitu .... D. eksternal 7. Iringan tari yang berasal dari alat musik misalnya gamelan disebut .... D. Tata suara 8. Watak alus atau luruh memerlukan suasana senang yang melambangkan kehalusan jiwa. Hal ini merupakan fungsi iringan musik dalam tari, yakni ....A. memberi irama B. memberi ilusi atau gambaran suasana C. membantu mempertegas ekspresi gerakD. memberikan dorongan semangat 9. Tempat, waktu, dan suasana terjadinya suatu adegan disebut ....A. amanat B. setting C. blokingD. dialog 10. Manakah yang termasuk dalam tari kreasi modern ....A. Tari SamaB. Ballet C. Hip Hop D. Salsa 11. Salah satu sebuah pendukung suatu pertunjukan tari adalah busana. Berikut ini yang termasuk fungsi busana dalam tari, yaitu ....A. menambah keindahan penampilanB. memberi fasilitas dan membantu gerak C. membedakan masing-masing peran atau tokoh D. membantu menghidupkan suasana panggung 12. Semua peralatan yang digunakan untuk pementasan tari disebut .... D. Gerak tari 13. Gerak dasar tari pada dasarnya dibagi menjadi tiga gerak inti. Berikut yang termasuk ke dalam gerak dasar tari, kecuali .... D. kepala 14. Tari zapin kipas adalah salah satu contoh gerak tari kreasi tradisi gaya ....A. Arab B. Melayu C. IndiaD. Amerika 15. Jenis properti utama yyang digunakan pada tari Pakarena adalah .... D. payung 16. Pola lantai garis lurus dalam gerak tari memiliki makna .... D. memberikan kesan sentuhan intelektual 17. Berikut ini yang bukan pernyataan benar tentang tata panggung adalah ....A. panggung merupakan tempat sebuah tempat tari dipertunjukkanB. tata panggung merupakan salah satu unsur pemberian ruang kepada penari C. panggung tidak berhubungan dengan suasana tarian yang dipertunjukkan D. tata panggung dalam pertunjukan tari dapat menambah keindahan sebuah pentas tari 18. Tarian merak adalah salah satu tari kreasi tradisi .... D. Jawa 19. Jenis tata rias yang mengubah penampilan wajah seseorang dalam umur, wattak, bangsa, sifat dan ciri-ciri khusus yang melekat pada tokoh adalah ....A. tata rias korektifB. tata rias fantasi C. tata rias karakter D. tata rias seni 20. Fungsi musik dalam sebuah pertunjukan teater adalah ....A. Memberi selinganB. Membantu ketenangan tokoh C. Memberi warna psikologis D. Memberi latar belakang 21. Tari kreasi menurut penggolongannya dibagi menjadi 2 yaitu ....A. pola tari kreasi daerah dan modern B. Pola tari kreasi tradisi dan nontradisi C. pola tari kreasi modern dan kontemporerD. pola tari kreasi tradisi dan kontemporer 22. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip dari tata rias dalam menunjang pertunjukan tari adalah ....A. rias hendaknya mencerminkan karakter tokoh atau peranB. kebersihan dan kerapian rias harus diperhatikanC. ketepatan pemakaian rias desain rias harus diperhatikan D. harga alat rias harus sesuai standar 23. Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut .... D. ekspresi 24. Jenis tata rias yang betujuan menyembunyikan kekurangan-kekurangan yang ada pada wajah dan menonjolkan hal-hal yang menarik dari wajah adalah .... D. tata rias seni 25. Unsur keindahan tari seperti irama disebut .... D. Wirupa 26. Pola tari Saman dari Aceh menggunakan jenis ....A. pola lantai lurus vertikal B. pola lantai horisontal C. pola lantai garis melengkungD. pola lantai diagonal 27. Dibawah ini merupakan pengertian Tari Kontemporer yang benar adalah .... D. Tarian yang diciptakan dari leluhur 28. Pola lantai lurus vertikal pada tari menunjukkan kesan ....A. lembut tetapi lemah B. sederhana tetapi kuat C. dinamis tetapi kokohD. lemah tetapi indah 29. Salah satu unsur-unsur daari lakon teater adalah .... D. prolog 30. Pola lantai yang dimainkan oleh penari dapat dibedakan menjadi ....A. tegak dan lengkungB. vertikal dan horisontal C. lurus dan lengkung D. diagonal dan lingkaran 31. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat pola lantai dalam tari adalah ....A. menjaga setiap penari agar tidak bertabrakanB. membantu penari menentukan gerakan selanjutnyaC. memberikan ciri khas suatu tarian D. menunjukkan peran salah satu penari dalam tari 32. Aturan perpindahan tempat pemain dari tempat satu ketempat lainnya disebut ....A. gesture B. blocking D. plot 33. Ada perbedaan dari pentas tari dan pentas musik teater. Pentas tari tidak menggunakan ....A. musikB. panggungC. busana D. property-set 34. Menyusun dan menyediakan surat-surat yang diperlukan untuk produksi teater adalah tugas ....A. bendaharaB. seksi publikasi C. sekertaris D. seksi dokumentasi 35. Tari cendrawasih merupakan ciptaan karya seniman .... D. Irawati Durban 36. Penataan cahaya yang tepat akan semakin menampilkan .... D. panggung yang gemerlap 37. Di bawah ini adalah fungsi dari properti tari, kecuali ....A. penunjang dan pelengkap tariB. menambah nilai-nilai keindahan tariC. mempermudah makna dan pesan yang ingin disampaiakan penari melalui gerakannya D. menutupi kelemahan dari penampilan penari 38. Berikut beberapa jenis iringan internal dalam penyajian tari, kecuali .... D. suara gemericik gelang penari 39. Busana yang digunakan dalam tari akan selalu mengacu pada ....A. keinginan penonton B. bentuk dan tema tari C. kesesuaian harga tiketD. kemungkinan pesan yang disampaikan 40. Latihan terakhir sebelum pementasan teater disebut ....A. briefing B. gladi bersih C. improvisasiD. gladi kotor 41. Berikut yang termasuk rias putri yaitu ....A. rias alusB. rias gagahC. rias tampan D. rias lincah 42. Apa pengertian dari Koreografer ....A. Orang yang menciptakan karya MusikB. Orang yang memciptakan karya lukisC. Orang yang memimpin paduan suara D. Orang yang menciptakan karya tari 43. Pengaturan secara keseluruhan busana yang harus dipakai sesuai dengan peran yang dibawakan adalah pengertian dari ....A. tata rias B. tata busana C. tata pentasD. tata panggung 44. Seksi yang bertanggungjawab atas foto dan video saat pementasan dan sebelum pementasan adalah ....A. dokumentasiB. transportasiC. publikasi D. konsumsi 45. Tari hudog dan giring- giring berasal dari .... D. Sumatera 46. Tarian yang dimainkan dengan musik internal berupa tepukan tangan, tepuk dada, dan paha, serta bernyanyi merupakan sebuah tarian dengan nama ....A. Tari Jaipong B. Tari Saman D. Tari Gambyong 47. Teater tradisional bersifatkerakyatan yang terdapat di daerah Banten adalah ....A. teater makyongB. teater lenongC. teater rajawali D. teater ubrug 48. Pengertian dari tari yang berkembang di daerah tertentu yang berpijak dan berpedoman luas pada adaptasi kebiasaan turun-temurun serta dianut oleh masyarakat pemilik tari tersebut adalah ....A. Tari KlasikB. Tari TradisiC. Tari Kerakyatan D. Tari Tradisional 49. Bentuk panggung dimana gelombang bunyi dipantulkan secara terpusat di sisi tengah ruangan dengan permukaan dinding yang berbentuk cekung adalah jenis panggung ....A. thrust B. tapal kuda C. segi empatD. proscenium 50. Tarian yang merupakan hasil cipta karya seni dari perpaduan tari tradisional kerakyatan dan tari tradisional klasik disebut ....A. Tari DaerahB. Tari Klasik C. Tari Kreasi D. Tari Kontemporer 51. Pengertian penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik atau garis imajinatif yang dilakukan penari di atas panggung adalah .... D. pola ruang 52. Dibawah ini yang merupakan salah satu teater klasik adalah .... D. drama musikal 53. Kesan yang timbul pada pola gari lurus adalah ....A. lembut dan lemahB. lembut dan kuat C. sederhana dan kuat D. sederhana dan lemah 54. Melatih anggota badan agar mencapai kelenturan disebut ....A. olah raga B. olah tubuh C. olah suaraD. olah sukma 55. Tujuan dari riasan dan busana tari adalah ....A. mengacu pada pementasanB. mengaju pada nilai C. mengacu pada bentuk dan tema tari D. mengacu pada estetis musik 56. Hal yang berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan tari disebut ....A. pola lantai B. level C. ruangD. irama 57. Koreografer Huriah Adam menampilkan tarian dengan menggunakan gaya .... D. Debus 58. Gerakan seorang penari yang berjinjit dan melompat termasuk ke dalam level .... D. biasa 59. Jenis panggung dimana penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai adalah jenis panggung ....A. thrust B. proscenium C. arenaD. tapak kuda 60. Tari hudog dan giring- giring berasal dari .... D. Sumatera |