Buku panduan augmented reality filetype pdf

Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android AbstractAugmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang [1]. Salah satu implementasi AR di bidang edukasi seperti AR Book. Buku merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan. Selain itu, buku jg digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh guru maupun orang tua terhadap anak-anak, misalkan seperti jenis buku panduan mengenai tatacara wudhu. Wudhu adalah suatu bentuk peribadatan kepada Allah Ta’ala dengan mencuci anggota tubuh tertentu dengan tata cara yang khusus, wudhu khususnya diperintahkan sebelum melaksankan ibadah shalat dan thawaf. Umat muslim harus mengetahui tatacara berwudhu yang benar. Salah satu sistem operasi yang digunakan mobilephone atau smartphone yaitu android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang berbasis linux yang bersifat open source. Dengan memanfaatkan media mobile untuk membangun aplikasi menggunakan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran aplikasi AR berbasis Mobile mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah berpindah.


Keywords

Augmented Reality; buku; wudhu; Android


References


Yuen, S. C.-Y., Yaoyuneyong, G., & Johnson, E. 2011. “Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education”. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 119-140.

Radu, I. 2012. Why should my students use AR? A comparative review of the educational impacts of augmented-reality. Mixed and Augmented Reality (ISMAR), IEEE International Symposium (pp.313-314).

Bala, Kiran., Sharma, Sumit., Kaur, Gurpreet. 2015. "A Study on Smartphone based Operating System". International Journal of Computer Applications (0975 – 8887).

Azuma, Ronald T. Aug. 1997. “A Survey of Augmented Reality”. In Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4, 355-385.

Siltanen, S. 2012. Theory and applications of marker-based augmented reality. Finland. 42

Rizki, Yoze. 2012. “Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android”. Jurnal Teknik Elektro. Institut Teknologi Surabaya.

Fidelis, Joshapat Soekahar. 2004 : "Open Source 3D Animation Blender Publisher”. Jakarta.

Safaat, Nazruddin. 2011. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC BerbasisAndroid. Informatika: Bandung.


Article Statistics

Abstract view : 7459 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 5916 times

DOI: https://doi.org/10.15575/join.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

JOIN has been indexed by :

© All rights reserved 2016. Jurnal Online Informatika, p-ISSN: 2528-1682 | e-ISSN:  2527-9165

Buku panduan augmented reality filetype pdf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivs 2.0 Generic License.

0% found this document useful (0 votes)

183 views

104 pages

Original Title

Buku Panduan Augmented Reality.pdf

Copyright

© © All Rights Reserved

Available Formats

PDF, TXT or read online from Scribd

Share this document

Did you find this document useful?

0% found this document useful (0 votes)

183 views104 pages

Buku Panduan Augmented Reality PDF

Original Title:

Buku Panduan Augmented Reality.pdf

Jump to Page

You are on page 1of 104

You're Reading a Free Preview
Pages 8 to 22 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Pages 27 to 30 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Pages 37 to 58 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Pages 63 to 69 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Pages 81 to 86 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Pages 91 to 101 are not shown in this preview.

Reward Your Curiosity

Everything you want to read.

Anytime. Anywhere. Any device.

No Commitment. Cancel anytime.

Buku panduan augmented reality filetype pdf