Tesis PENGEMBANGAN media PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Rofiqoh, Iffatur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android X-Vector Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Berpikir Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Text
932300617_prabab.pdf

Download (1MB)
    Text
    932300617_bab1.pdf

    Download (118kB)
      Text
      932300617_bab2.pdf

      Download (192kB)
        Text
        932300617_bab3.pdf
        Restricted to Registered users only

        Download (1MB)
          Text
          932300617_bab4.pdf
          Restricted to Registered users only

          Download (653kB)
            Text
            932300617_bab5.pdf

            Download (14kB)
              Text
              932300617_daftarpustaka.pdf

              Download (141kB)
                Text
                932300617_lampiran.pdf
                Restricted to Registered users only

                Download (4MB)

                  Abstract

                  Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang dipelajari peserta didik mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tujuan pembelajaran matematika menjawab persoalan yang ditemui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga dibutuhkan solusi untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih nyata dan dekat dengan siswa, salah satu alternatif solusi adalah melalui media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android berjudul X-Vector pada materi vektor dengan sasaran siswa kelas X. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan software Construct 2 dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, angket praktisi, angket respon siswa, dan soal pemahaman konsep untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak dengan presentase skor 95,17% berdasarkan ahli media dan 86,84% berdasarkan ahli materi. Berdasarkan hasil uji coba, media dikatakan efektif karena 86% dari seluruh subjek uji mendapatkan nilai di atas KKM, serta hasil angket menyatakan bahwa media memperoleh skor 78,19% dalam kriteria cukup efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa. Tingkat kepraktisan media adalah 85% dalam kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan memperoleh skor 80,57% dalam kategori cukup praktis berdasarkan angket respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran X-Vector memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa.

                  Item Type:Subjects:Divisions:Depositing User:Date Deposited:Last Modified:URI:
                  Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
                  13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
                  13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
                  Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
                  Mokamad Mahbub Junaidi
                  24 Feb 2022 02:12
                  24 Feb 2022 02:12
                  //etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/3572

                  Actions (login required)

                  View Item

                  Apa itu Media Pembelajaran berbasis Android?

                  Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada dasarnya media pembelajaran berbasis aplikasi android adalah suatu pruduk media pembelajaran berbentuk sebuah aplikasi yang dapat diunduh atau didownload dismartphone berbasis android.

                  Apa tujuan pembuatan media pembelajaran berbasis Android?

                  Tujuan dikembangkan media pembelajaran ini adalah memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada siswa dalam harus membelu alat peraga yang mahal, dan juga mendorong siswa untuk belajar mandiri menggunakan handphone dirumah.

                  Apa yang harus dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran?

                  Dari beberapa keterangan di atas dapat disimpulkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran yaitu: (1) menganalisis potensi, kebutuhan dan karakteristik siswa didik, (2) merumuskan tujuan instruksional yang ingin dicapai, (3) memilih, merubah dan merencanakan materi pembelajaran yang ...

                  Apa yang dimaksud dengan pengembangan media pembelajaran?

                  PENGERTIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN Pengembangan media pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada.

                  Postingan terbaru

                  LIHAT SEMUA