Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Untuk file yang diketik, membaca komponen file menjadi variabel.

Untuk file teks, baca satu atau lebih nilai menjadi satu atau lebih variabel

Catatan:

Untuk variabel string:

Read membaca semua karakter hingga (tetapi tidak termasuk) penanda akhir baris berikutnya atau hingga Eof (F) adalah True. Baca tidak pindah ke baris berikutnya setelah membaca. Jika string yang dihasilkan lebih panjang dari panjang maksimum variabel string, maka akan terpotong. Setelah Baca pertama, setiap panggilan Baca berikutnya akan melihat penanda akhir baris dan mengembalikan string panjang nol.

Gunakan beberapa panggilan ke ReadLn untuk membaca beberapa nilai string.

Ketika opsi Sintaks Diperpanjang diaktifkan, prosedur Baca dapat membaca string yang diakhiri null ke dalam array karakter berbasis nol.

Untuk variabel bertipe Integer atau Real:

Baca akan melewatkan spasi, tab, atau penanda akhir baris sebelum baris numerik. Jika string numerik tidak
cocok dengan format yang diharapkan, terjadi kesalahan I / O, jika tidak, variabel akan diberi nilai yang dihasilkan. Bacaan berikutnya akan dimulai dengan spasi, tab, atau penanda akhir baris yang mengakhiri string numerik.

Contoh Baca Prosedur

Menggunakan WinCrt, WinDos; Var F: Teks; Ch: Char; Mulai

(Dapatkan nama file dari garis komando}

Tetapkan (F, ParamStr (1)); Atur Ulang (P); Meskipun Tidak EOF (F) Lakukan Mulai

Membaca(F, Ch);

Tulis (Ch); (Kami menampilkan isi file di layar) Akhir;

Akhir.

Rutin Readln digunakan untuk lebih dari sekadar penundaan layar. Tugas utamanya adalah memasukkan data dari keyboard. Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara memasukkan angka dari keyboard, lalu menampilkannya di layar. Untuk melakukan ini, kita perlu berkenalan dengan bagian untuk menjelaskan variabel Var, serta dengan salah satu tipe data yang digunakan dalam Pascal.

Program nomor 3; menggunakan crt; var n: bilangan bulat; mulai clrscr; write ('Masukkan angka dari keyboard:'); bacaln (n); writeln('Anda memasukkan angka', n); baca sampai habis.

Pada baris # 3, kami menulis kata layanan Var. Digunakan untuk mendeklarasikan variabel. Variabel adalah nilai, angka, atau kata yang berbeda yang dapat berubah selama eksekusi program. Ketika kita memasukkan angka atau huruf dari keyboard, mereka ditulis ke dalam variabel. Setelah kata Var, kami menunjukkan pengidentifikasi variabel (yaitu, namanya, yang kami buat sendiri), dipisahkan oleh spasi. Variabel bukan kata layanan, programmer mengaturnya sendiri. V pada kasus ini kami telah menetapkan satu variabel "n" dan selanjutnya kami hanya akan menggunakan variabel ini. Setelah menulis variabel, tipe data ditunjukkan dengan titik dua. Ada beberapa tipe data, salah satunya adalah Integer. Ini menjelaskan kepada program bahwa variabel "n" kita hanya dapat berupa bilangan bulat, mulai dari -32768 hingga 32767. Penggunaan tipe data yang berbeda tergantung pada kebutuhan spesifik programmer saat menulis program. Hal terpenting pada tahap ini adalah memahami bahwa jika Anda akan menggunakan beberapa nomor dalam program Anda, maka untuk itu Anda perlu menentukan variabel (dalam kasus kami "n") dan tipe data (dalam kasus kami Integer) .

Pada baris #7, kami menulis pernyataan untuk memasukkan data dari Readln keyboard. Pernyataan ini memanggil rutin entri data bawaan dan pada titik ini program berhenti dan mulai menunggu entri data. Kami telah menggunakan operator ini untuk penundaan layar. Dalam program ini, setelah pernyataan Readln, variabel kami "n" ditunjukkan dalam tanda kurung. Angka yang akan kita masukkan dari keyboard akan ditulis ke variabel ini. Dengan demikian, angka ini harus sesuai dengan parameter variabel, mis. harus berupa bilangan bulat dalam kisaran -32768 hingga 32767. Setelah program mencapai baris ke-7, program akan menampilkan pesan "Masukkan angka dari keyboard:" dan akan menunggu. Pada tahap ini, kita harus memasukkan beberapa nomor dan tekan Enter.

Nomor baris 8. Di sinilah kita menulis pernyataan output ke layar Writeln. Ini akan menampilkan pesan "Anda telah memasukkan angka", dan juga akan menampilkan nilai variabel kami "n" (yaitu, nilai yang kami masukkan dari keyboard). Perhatikan bahwa pada baris # 8 kita menempatkan koma sebelum variabel "n", dan variabel itu sendiri tidak diapit oleh apostrof.

Sekarang mari kita ketik program dalam Pascal.

Jalankan (Ctrl + F9). Kami mengetik nomor, misalnya, 5 dan tekan Enter.

Program berbeda hanya dalam satu baris. Program pertama sudah cukup jelas - ia mencetak angka 36. Dalam program kedua, tidak disebutkan apa itu a dan b, tetapi pernyataan ReadLn disertakan. Mari kita bicara tentang dia.

ReadLn membaca baris "baca", menerjemahkan "baris baca". Ini memberitahu komputer untuk berhenti dan menunggu seseorang memasukkan informasi tertentu dari keyboard, dan kemudian melanjutkan bekerja. Secara khusus, ReadLn (a, b) akan menunggu dua bilangan bulat yang akan dimasukkan.

Jadi, jika program pertama setelah dimulai akan bekerja tanpa henti sampai akhir dan tanpa kerumitan menghasilkan hasil, maka program kedua pada operator ReadLn akan berhenti dan menunggu. Selama menunggu ini, seseorang harus mengetikkan angka 20 pada keyboard (karena yang pertama dalam daftar operator ReadLn adalah a), lalu tekan spasi, lalu ketik 16 dan tekan tombol Enter. Pascal merasakan menekan spasi sebagai sinyal dari seseorang bahwa dia telah selesai mengetik satu nomor pada keyboard dan sekarang akan mulai mengetik yang lain. Setelah mengetik angka terakhir pada keyboard, Anda harus menekan tombol Enter sebagai tanda bahwa memasukkan angka untuk operator ini ReadLn selesai dan komputer dapat terus bekerja. Sesuai dengan ini, komputer segera setelah menekan Enter berhenti menunggu dan pertama-tama mengirim nomor 20 ke memori, ke sel a, dan nomor 16 ke sel b. Pada titik ini, ia menganggap eksekusi pernyataan ReadLn selesai dan melanjutkan ke pernyataan berikutnya - WriteLn. Ini akan mencetak nomor 36.

Dengan demikian, kedua program melakukan hal yang sama. Lalu mengapa menggunakan ReadLn alih-alih operator penugasan? Bagaimanapun, program pertama lebih jelas, dan bekerja tanpa henti. Salah satu alasannya adalah bahwa program dengan ReadLn jauh lebih universal, "lebih bebas": jika program pertama memecahkan masalah penambahan hanya dua angka tertentu, maka program kedua menambahkan dua angka arbitrer. Alasan kedua adalah bahwa program dengan ReadLn memungkinkan programmer, saat menulis program, untuk tidak memikirkan nilai spesifik dari data awal, meninggalkan sakit kepala ini pada saat eksekusi program. Tetapi alasan utamanya adalah bahwa ReadLn memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer, untuk melakukan dialog dengannya saat program sedang berjalan.

Untuk mendukung pentingnya alasan pertama, kami akan menulis sebuah program untuk memecahkan masalah berikut: Ada tiga gajah dan beberapa kelinci di kebun binatang, dan jumlah kelinci sering berubah. Seekor gajah seharusnya makan seratus wortel sehari, dan seekor kelinci dua. Setiap pagi petugas kebun binatang memberitahu komputer jumlah kelinci. Komputer, menanggapi hal ini, harus memberi tahu menteri jumlah total wortel yang perlu diberikan kepada kelinci dan gajah saat ini.

Mari kita buat nama untuk variabel:

kol_krol - jumlah kelinci di kebun binatang

kol_slon - jumlah gajah di kebun binatang

norma_krol - berapa banyak wortel yang harus dimakan kelinci per hari

norma_slon - berapa banyak wortel yang harus dimakan gajah per hari

vsego - berapa banyak wortel yang dibutuhkan

Sekarang mari kita menulis program:

VAR kol_krol, kol_slon, norma_krol, norma_slon, vsego: Integer;

norma_slon: = 100;

ReadLn (kol_krol);

vsego: = norma_krol * kol_krol + norma_slon * kol_slon;

Setelah menulis sebuah program, programmer memasukkannya ke dalam komputer, men-debugnya, dan menulisnya ke disk. Ini menyimpulkan misinya. Di pagi hari pelayan, setelah menghitung kelinci dan menemukan ada 60 kelinci, datang ke komputer dan memulai program untuk dieksekusi.

Komputer, setelah secara otomatis menjalankan dua operator pertama (norma_krol: = 2 dan norma_slon: = 100), berhenti di operator ReadLn. Petugas memasukkan nomor 60, setelah itu komputer mengirimkan nomor ini ke sel kol_krol dan melanjutkan ke pernyataan berikutnya (kol_slon: = 3). Akhirnya, respons akan muncul di monitor: 420.

Berikut adalah diagram skema dari alur program:

PROSEDUR PELAKSANAAN OPERATOR

APA YANG ADA DI SEL MEMORY

ReadLn (kol_krol)

vsego: = norma_krol

Keesokan paginya, setelah mengetahui bahwa 5 kelinci telah dijual ke kebun binatang lain, petugas memulai program yang sama, memasukkan nomor 55 dan mendapat jawaban - 410.

Dengan contoh yang agak fantastis ini, saya ingin menunjukkan bahwa menggunakan ReadLn memungkinkan Anda membuat program yang, meskipun tetap tidak berubah, memungkinkan Anda untuk dengan mudah memecahkan masalah kapan saja untuk nilai apa pun dari data awal. Seseorang bisa pergi ke arah lain - alih-alih ReadLn, gunakan operator penugasan, misalnya kol_krol: = 60. Tetapi dalam kasus ini, programmer harus lari ke kebun binatang setiap pagi untuk mengoreksi operator penugasan ini dalam program.

Operator ReadLn dapat ditulis tanpa tanda kurung, begitu saja: ReadLn. Mengeksekusi operator dalam catatan seperti itu, komputer akan berhenti dan menunggu, tetapi tidak memasukkan informasi apa pun, tetapi cukup menekan tombol Enter. Jadi, ini hanyalah pernyataan jeda selama eksekusi program. Kami akan berbicara tentang mengapa jeda diperlukan di bawah ini.

Selain operator ReadLn, operator Read juga digunakan untuk entri data. Untuk programmer pemula, perbedaan dalam penggunaannya tidak penting. Kami hanya akan menggunakan ReadLn untuk saat ini. Pernyataan Baca tanpa tanda kurung tidak berhenti.

4. Operator write dan writeln. Prosedur keluaran informasi

Anda akan melihat bahwa program menggunakan pernyataan write dan writeln. Kata bahasa Inggris write diterjemahkan - untuk menulis, dan kata writeln datang sebagai singkatan dari dua kata bahasa Inggris write - to write dan line - to string.

Selain operator write dan writeln, kita berbicara tentang prosedur keluaran informasi.

Apa prosedur ?

Prosedur adalah salah satu konsep dasar Pascal. Ini mirip dengan subrutin BASIC.

Prosedur adalah urutan tertentu dari operator Pascal yang memiliki nama dan dapat diakses dari mana saja dalam program utama dengan menentukan namanya.

Di atas, kita berbicara tentang operator untuk mengeluarkan informasi, meskipun dalam Pascal, tidak seperti BASIC, tidak ada operator untuk mengeluarkan informasi, dan melalui kata layanan write dan writeln, sebuah seruan untuk standar atau dibuat prosedur untuk menampilkan informasi. Prosedur standar tidak memerlukan deskripsi awal; ini tersedia untuk program apa pun yang berisi panggilan untuk itu. Itulah sebabnya pemanggilan untuk menulis atau writeln menyerupai operator PRINT - keluaran informasi dalam bahasa BASIC.

Perbedaan antara dengan operator penarikan dan banding ke prosedur penarikan adalah bahwa nama prosedur keluaran, seperti prosedur Pascal lainnya, bukanlah kata yang dicadangkan, dan oleh karena itu pengguna dapat menulis prosedurnya sendiri bernama write atau writeln. Tetapi ini sangat jarang digunakan dalam praktik.

Jadi, operator write dan writeln adalah operator untuk memanggil rutin output bawaan.

Kedua prosedur ini menampilkan informasi di layar, jika informasi ini terkandung dalam bentuk nilai variabel, maka cukup menuliskan nama variabel tersebut dalam tanda kurung pada pernyataan write atau writeln, misalnya: write (a), tulis (f). Jika ada beberapa variabel, maka ditulis dipisahkan dengan koma, misalnya: write (a, b, c, d), writeln (e, f, g, h).

Jika keterangan itu berupa kata, kalimat, bagian kata atau lambang, maka keterangan itu diapit di antara tanda ";" "; - apostrof, Misalnya:

tulis ("Masukkan panjang jalur"),

writeln("Nilai kecepatannya adalah"

Output simultan dari informasi simbolik dan nilai variabel dimungkinkan, kemudian dalam pernyataan write atau writeln dipisahkan dengan koma, misalnya:

write ("Nilai suhu adalah", t),

writeln("Kecepatannya sama", v, "pada saat bergerak", t).

Perhatikan bahwa ada spasi sebelum apostrof di akhir kata.

Mengapa itu dilakukan?? Tentunya agar informasi numerik berikut ini dipisahkan dengan kata dengan spasi.

Apa perbedaan dalam prosedur write dan writeln?

Prosedur penulisan memerlukan prosedur input atau output berikut untuk memasukkan atau mengeluarkan informasi pada baris yang sama (dalam satu baris).

Jika pernyataan write ditentukan dalam program dan diikuti oleh pernyataan write atau writeln lainnya, maka informasi yang mereka keluarkan akan ditambahkan ke baris informasi dari pernyataan write pertama.

Misalnya: write("Hari ini dan besok");

tulis ("akhir pekan");

Layar menampilkan:

Hari ini dan besok libur

Spasi di antara kata "; akan"; dan "; akhir pekan"; disediakan oleh spasi di akhir baris pertama. Jika tidak ada, maka penarikan akan terjadi. bersama :

write("Hari ini dan besok");

tulis ("akhir pekan");

Hari ini dan besok libur

Beberapa contoh lagi: t: = 20;

write("Waktu tempuh sama dengan");

tulis ("detik");

Waktu gerakan adalah 20 detik

write("Jumlah bilangan sama dengan");

write("dan ​​produk");

Jumlah angka-angka itu adalah 30, dan produknya adalah 216

Prosedur tulismenyediakan prosedur input atau output berikut untuk memasukkan atau mengeluarkan informasi dari awal setiap baris baru:.

Dalam sebuah program:

writeln("Malam ini, malam ini, malam ini,");

writeln("Ketika pilot, terus terang, tidak ada hubungannya");

Layar menampilkan:

Malam ini, malam ini, malam ini

Ketika pilot, terus terang, tidak ada hubungannya

Dalam sebuah program:

writeln("Jumlah dan selisih bilangan sama:");

Di layar:

Jumlah dan selisih kedua bilangan tersebut sama:

5. Operator membaca dan membaca. Prosedur pemasukan informasi

Seperti pernyataan output, pernyataan read dan reeadln adalah pernyataan panggilan bawaan. prosedur pemasukan informasi.

Operator read dan readln, yang berasal dari dua kata bahasa Inggris read dan line, digunakan dalam program untuk memasukkan informasi ke dalam memori komputer dan "; pembacaan"; nilai menjadi variabel.

Mari kita pertimbangkan pekerjaan operator dan prosedur ini untuk memasukkan informasi.

Program kami memiliki readln (a) rutin. Saat menjalankan program, setelah menemukan pernyataan readln, komputer akan berhenti sementara menunggu informasi yang akan dimasukkan. Setelah kita memasukkan nilai variabel a - 16 dari keyboard, komputer akan memberikan nilai ini ke variabel a, yaitu. akan mengirimkannya ke lokasi memori bernama A dan akan melanjutkan menjalankan program. Kami menyebut proses ini "; dengan membaca"; nilai menjadi variabel.

Jadi prosedur read dan readln "; read"; nilai variabel dan menetapkannya ke variabel yang tertulis di dalamnya.

Mungkin ada beberapa variabel seperti itu, kemudian ditulis dalam operator ini dipisahkan dengan koma, misalnya:

baca (a, b, c, n, g, j, i), readln (e, f, k, p, d), dll.

Apa perbedaan antara prosedur read dan readln?

Prosedur read akan memerlukan input atau output informasi dalam satu baris, dan prosedur readln memungkinkan setelah dirinya sendiri untuk memasukkan dan mengeluarkan informasi dari awal baris baru.

Sebagai contoh:

Dalam program: write("Masukkan nilai a dan b"); baca (a, b);

write("Memasukkan informasi dalam satu baris");

Saat menjalankan bagian program ini, semua yang tertulis di pernyataan tulis pertama akan ditampilkan di layar, lalu kursor akan berada di baris yang sama, dan komputer akan menunggu nilai a dan b menjadi masuk. Mari kita masukkan nilainya - 2 dan 3, pisahkan dengan spasi atau, dengan kata lain, melalui spasi. Setelah itu, informasi yang ditulis dalam pernyataan tulis berikutnya akan ditampilkan di baris yang sama.

Di layar:

Masukkan nilai untuk a dan b 2 3 Masukkan informasi pada satu baris

Dalam sebuah program:

writeln("Masukkan nilai a, b dan c); readln (a, b, c);

writeln("Input dan output informasi dari awal baris");

Di layar:

Masukkan nilai a, b dan c

Input dan output informasi dari awal baris

Bab 2. Memasuki dan Menjalankan Program

1. Dalam lingkungan terintegrasi Turbo Pascal 7.0.

Setelah memulai Turbo Pascal, shell berikut akan muncul di layar (lihat Gambar 3):

Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Beras. 3

Baris atas jendela yang terbuka berisi "; Tidak bisa"; kemungkinan mode operasi Turbo Pascal, yang lebih rendah adalah referensi singkat tentang tujuan tombol fungsi utama. Sisa layar milik jendela teks editor, digariskan oleh batas ganda dan dimaksudkan untuk memasukkan dan mengedit teks program.

Saat kami memasuki program, kami bekerja dengan editor teks yang dibangun ke dalam lingkungan Turbo Pascal. Karena itu, di bawah ini kita akan berkenalan dengan pekerjaan editor dan perintah utamanya.

Indikasi bahwa lingkungan sedang dalam status pengeditan adalah adanya kursor di jendela editor - tanda hubung kecil yang berkedip.

Untuk membuat teks program, Anda perlu memasukkan teks ini menggunakan keyboard, seperti mengetik teks pada mesin tik. Setelah mengisi baris berikutnya, tekan tombol B> Enter> "; Memasukkan"; untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya (kursor selalu menunjukkan tempat di layar tempat karakter program yang dimasukkan berikutnya akan ditempatkan).

Jendela editor mensimulasikan selembar kertas yang cukup panjang dan lebar, yang sebagian terlihat di jendela layar. Jika kursor mencapai tepi bawah, jendela editor digulir: isinya naik satu baris dan baris baru muncul di bagian bawah "; daun";. Panjang baris maksimum dalam Turbo Pascal - 126 karakter.

Jendela dapat digeser relatif terhadap lembar menggunakan tombol berikut:

PgUp- satu halaman ke atas ( Halaman UP- halaman ke atas);

PgDn- satu halaman ke bawah ( Halaman bawah- halaman bawah);

Rumah- ke awal baris saat ini ( RUMAH- rumah);

Akhir- ke akhir baris saat ini ( AKHIR- tamat);

Ctrl-PgUp- ke awal teks;

Ctrl-PgDn- di akhir teks.

Tombol kursor " kursor”Dapat dipindahkan sepanjang teks di layar (perhatikan, hanya pada teks!). Oleh "; murni "; layar tidak tertulis tidak menggerakkan kursor!

Jika Anda membuat kesalahan saat memasukkan karakter berikutnya, Anda dapat menghapusnya menggunakan tombol yang ditunjukkan oleh panah kiri (tombol Menghapus- B> Backspace>, terletak di sebelah kanan dan di atas zona tombol alfanumerik utama di atas tombol B> Enter> - “ Memasukkan”). B> Del Key ete> (Menghapus - cuci, keluarkan) menghapus karakter di mana saat ini menunjukkan kursor, dan perintah Ctrl-Y menentukan seluruh baris di mana kursor diposisikan. Harus diingat bahwa editor Turbo Pascal menyisipkan karakter pemisah yang tidak terlihat di akhir setiap baris. Karakter ini disisipkan dengan tombol B> Enter> dan dihapus dengan tombol B> Backspace> atau B> Del ete> ... Dengan menyisipkan / menghapus pemisah, Anda dapat "; memotong”/";lem"; garis.

Ke "; memotong"; baris, pindahkan kursor ke lokasi yang diinginkan dan tekan tombol B> Enter> untuk"; lem"; garis yang berdekatan, Anda perlu menempatkan kursor di akhir baris pertama dan tekan tombol B> Del ete> atau posisikan kursor di awal baris berikutnya dan tekan tombol B> Backspace>.

Sisipkan mode

Mode normal editor adalah mode insert, di mana setiap karakter yang baru dimasukkan seperti "; mendorong"; teks di layar, menggeser sisa baris ke kanan. Perhatikan bahwa"; pemotongan"; dan penyisipan karakter yang hilang selanjutnya hanya dimungkinkan dalam mode ini.

Contoh "; pemotongan";, ";menempelkan"; baris dan penyisipan karakter ke dalam teks.

Misalkan untuk beberapa alasan catatan berikut diterima di layar:

Program Serg; var

a, b, c: bilangan bulat;

Jika kita berbicara tentang sisi estetis penulisan sebuah program, maka sebaiknya bagian deskripsi yang diawali dengan kata var, dimulai dengan garis merah. Untuk membuat perubahan pada teks, tempatkan kursor pada huruf v dan tekan tombol B> Enter>, sementara bagian teks setelah kursor dan di bawahnya akan pindah ke baris berikutnya, kita mendapatkan:

Program Serg;

a, b, c: bilangan bulat;

Untuk keindahan dan kejelasan yang lebih besar, tanpa menggerakkan kursor, tetapi meninggalkannya pada huruf v, tekan tombol B> Spasi> beberapa kali. Seluruh baris akan bergerak ke kanan dan catatan akan menjadi seperti ini:

Program Serg;

a, b, c: bilangan bulat;

Mari kita akui situasi lain ketika bagian dari teks "; robek"; dan kami membutuhkannya"; lem";, misalnya, ternyata seperti ini:

write ("Masukkan jumlah tahun yang

kawanan itu adalah Seryozha ";);

Tempatkan kursor di awal baris kedua sebelum huruf ";p"; dan tekan tombol B> Backspace>, kita mendapatkan:

write ("Masukkan jumlah tahun Seryozha");

Anda dapat melakukan sebaliknya, posisikan kursor di akhir baris pertama setelah huruf "; o"; dan menekan tombol B> Hapus> "; tarik" beberapa kali; garis bawah ke atas.

Dengan tombol B> Backspace> dan B> Del ete> bisa "; bersatu"; ";robek"Rangkaian. Misalnya, dalam situasi seperti ini:

write ("Masukkan jumlah tahun Seryozha");

Letakkan kursor di depan huruf ";d"; dan tekan tombol B> Backspace> beberapa kali hingga kata "; Enter"; akan menerima konstruksi yang diinginkan, atau dengan menempatkan kursor setelah huruf "; e"; tekan tombol B> Hapus> beberapa kali.

Memasukkan karakter yang hilang bahkan lebih mudah.

Misalnya, Anda melewatkan beberapa huruf:

wrte ("Vvete jumlah tahun yang akan menjadi Sezhe");

Kata pertama hilang huruf "; i" ;, di kata "; Enter"; hilang dua huruf "; di" ;, dalam kata "; Seryozha"; huruf "; ep" ;.

Tempatkan kursor pada huruf ";t"; di kata pertama dan ketik "; i"; dari keyboard, itu akan segera dimasukkan di tempat yang tepat. Selanjutnya, letakkan kursor pada huruf "; "; dalam kata "; Vvete"; dan ketik dari keyboard "; di" ;, kata "; akan berpisah"; dan huruf"; di "; akan jatuh ke tempatnya. Tempatkan kursor di"; e "; di kata"; Sezha "; dan ketik"; er ";,

Mode campuran

Editor juga dapat bekerja dalam mode melapiskan karakter baru pada teks lama yang ada: dalam mode ini, karakter baru menggantikan karakter yang ditunjuk oleh kursor, dan sisa baris di sebelah kanan kursor tidak digeser ke hak. Untuk beralih ke blending mode, tekan tombol B> Ins ert> (Insert- masukkan), jika Anda menekan tombol ini lagi, mode penyisipan dipulihkan. Indikasi mode mana editor berada adalah bentuk kursor: dalam mode insert, kursor terlihat seperti garis bawah yang berkedip, dan dalam mode overlay, itu adalah persegi panjang berkedip besar yang mengaburkan seluruh karakter.

Mode indentasi otomatis

Fitur lain dari editor adalah bahwa ia biasanya bekerja dalam mode indentasi otomatis. Dalam mode ini, setiap baris baru dimulai pada posisi layar yang sama dengan yang sebelumnya.

Mode indentasi otomatis mempertahankan gaya pemformatan teks yang baik: indentasi margin kiri menyoroti berbagai operator dan membuat program lebih visual.

Anda dapat membatalkan mode indentasi otomatis dengan perintah Ctrl-O I(dengan tombol ditekan Ctrl kuncinya ditekan dulu HAI, lalu kuncinya HAI kuncinya dilepaskan dan ditekan Saya), perintah diulang Ctrl-O I akan mengembalikan mode indentasi otomatis.

Perintah yang paling umum digunakan tercantum di bawah ini editor teks Turbo Pascal, selain yang tercantum di atas.

Mengedit perintah

ruang belakang- B> Backspace> - hapus karakter di sebelah kiri kursor;

Del- hapus karakter yang ditunjuk oleh kursor;

Ctrl-Y- hapus garis tempat kursor berada;

Memasuki- B> Enter> - masukkan baris baru, "; memotong"; tua;

Ctrl-Q L- kembalikan baris saat ini (berlaku jika

kursor tidak meninggalkan baris yang diubah).

Bekerja dengan blok

Ctrl-K B- tandai awal blok;

Ctrl-K Y- hapus blok;

Ctrl-K V- pindahkan blok;

Ctrl-K P- cetak blok;

Ctrl-K H- sembunyikan / tampilkan blok (hapus centang);

Ctrl-K K- tandai ujung blok;

Ctrl-K C- salin satu blok;

Ctrl-K W- tulis blok ke file disk;

Eksekusi program

Setelah program diketik, Anda dapat mencoba menjalankannya.

Untuk melakukannya, tekan tombol B> Ctrl> + (sambil menahan tombol B> Ctrl>, tekan tombol B> F9>). Operasi yang sama dapat dilakukan dengan masuk ke menu utama, menekan tombol B> F10>, lalu menggerakkan penunjuk untuk memilih opsi Lari dan tekan tombol B> Enter>.

Menu tingkat kedua yang terkait dengan opsi ini akan muncul di layar. Menu baru seperti "; jatuh"; dari baris paling atas, itulah sebabnya menu seperti itu sering disebut menu pull-down. Layar akan terlihat seperti ini (lihat Gambar 4):

Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Beras. 4

Sekarang Anda perlu menemukan opsi di menu baru LARI(mulai) dan tekan tombol B> Enter>.

Jika tidak ada kesalahan saat memasukkan teks, maka setelah beberapa detik, gambar di layar akan berubah. Turbo Pascal menempatkan layar pada pembuangan program pengguna yang sedang berjalan. Layar ini disebut jendela program.

Menanggapi permintaan:

Masukkan jumlah tahun yang akan menjadi Seryozha, Anda harus memasukkan 16 dan tekan tombol B> Enter>.

Setelah selesai dijalankan (hasil kerja program sering disebut run-nya), jendela editor dengan teks program akan muncul kembali di layar. Jika Anda tidak sempat melihat gambar jendela program, tekan Alt-F5. Dalam hal ini, jendela editor bersembunyi dan Anda akan dapat melihat hasil dari program tersebut. Untuk mengembalikan layar ke mode pemutaran jendela editor, tekan tombol apa saja.

Anda dapat membuat layar lebih nyaman untuk melihat hasil program. Untuk melakukan ini, jendela kedua dapat dibuka di bagian bawah layar.

Untuk melakukan ini, tekan tombol F10 untuk masuk ke mode pemilihan dari menu utama, pindahkan penunjuk ke opsi Debug(debug) dan tekan tombol B> Enter> - menu tingkat kedua yang terkait dengan opsi ini akan terbuka di layar. Layar akan terlihat seperti ini (lihat Gambar 5):

Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Beras. 5

Temukan opsi OUTPUT di menu baru, pindahkan penunjuk ke sana, dan tekan B> Enter>.

Jendela kedua akan muncul di bagian bawah layar, tetapi tidak akan hilang lagi.

Sekarang kita akan mencapai bahwa layar menampilkan dua jendela secara bersamaan: tekan tombol F10 lagi, pilih JENDELA, tekan B> Enter>, pindahkan penunjuk ke opsi UBIN(ubin) dan tekan B> Enter>.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, layar akan terlihat seperti ini (lihat Gambar 6):

Beras. 6

Batas ganda yang menguraikan jendela program menunjukkan bahwa jendela khusus ini sedang aktif.

Mari kita buat jendela editor aktif: tekan tombol B> Alt> dan, tanpa melepaskannya, kunci dengan angka 1 (jendela editor memiliki nomor 1, jendela program memiliki nomor 2, angka-angka ini ditulis di sudut kanan atas) dari frame). Sekarang semuanya siap untuk bekerja lebih lanjut dengan program ini.

Kesalahan pertama dan koreksinya

1. Tidak ada titik koma, misalnya, setelah pernyataan readln (a). Setelah memulai program, dengan menekan tombol B> Ctrl> + B> F9>, pesan yang ditulis dengan warna merah akan muncul di baris atas layar:

Kesalahan 85: ";;"; mengharapkan.

(Kesalahan 85: ";;"; hilang.)

Editor akan menempatkan kursor pada karakter berikutnya setelah karakter yang hilang, dalam contoh kita pada variabel b. Setelah menekan tombol apa saja, pesan kesalahan menghilang dan editor beralih ke mode penyisipan. Anda perlu memindahkan kursor ke tempat yang diinginkan, letakkan titik koma - ";" dan terus bekerja.

2. Dalam pendeskripsian variabel, variabel tidak ditulis, tetapi dalam program itu ada, misalnya variabel C... Setelah memulai program, sebuah pesan akan ditampilkan:

Kesalahan 3: Pengidentifikasi tidak dikenal.

(Kesalahan 3: ID Tidak Dikenal.)

Kursor akan diposisikan pada variabel ini, dalam contoh kita pada variabel C... Perlu untuk memperbaiki kesalahan, mis. tulis variabel C di bagian deklarasi variabel dan lanjutkan.

3. Tidak ada perhentian penuh setelah operator akhir di akhir program. Pesan kompiler akan seperti ini:

Kesalahan 10: Akhir file yang tidak terduga.

(Kesalahan 10: Akhir file salah.)

kursor akan diposisikan pada huruf "; e"; dalam kata"; akhir";. Hal ini diperlukan untuk menghentikan dan menjalankan program lagi.

Menulis file ke disk

Jadi, program telah diedit dan dieksekusi (digulir), sekarang perlu ditulis ke disk. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan menu utama, di mana Anda dapat memilih opsi "; Mengajukan"; (lihat Gbr. 7). Urutan tindakannya adalah sebagai berikut: 1) tekan tombol F10 dan masuk ke menu utama; 2) pindahkan penunjuk ke opsi"; Mengajukan"; dan tekan B> Enter>, menu opsi kedua"; Mengajukan";:

Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Beras. 7

Anda dapat memilih opsi "; Menyimpan";. Ia menulis isi jendela editor aktif ke file disk.

Jika Anda menekan tombol B> Enter>, lingkungan akan menanyakan nama file, jika tidak ada yang diinstal dan jendela dikaitkan dengan nama NONAME00.PAS. Anda dapat mengubah nama, atau tetap sama.

Opsi ini dipanggil langsung dari editor dengan menekan B> F2>.

Anda dapat memilih opsi MENYIMPANSEBAGAI... Itu menulis isi jendela editor aktif ke file disk dengan nama yang berbeda.

Kotak dialog untuk opsi ini terlihat seperti (lihat Gambar 8):

Tanda apakah yang harus ada pada setiap ujung baris program pascal?

Beras. delapan

Di bidang input, Anda harus menulis nama file tempat konten jendela editor aktif akan disalin. Anda dapat memilih file yang ada dari bidang pilihan atau dari protokol dengan opsi. Dalam hal ini, tergantung pada pengaturan lingkungan, konten lama file akan dimusnahkan atau disimpan sebagai salinan asuransi dengan ekstensi ..BAK.

Penulisan teks program baris demi baris

Di Pascal, tidak ada aturan untuk memecah teks program menjadi beberapa baris.

Namun, untuk merekam program, Anda dapat memberikan beberapa

Sangat penting bahwa teks program diposisikan secara visual, tidak hanya demi keindahan, tetapi (dan ini adalah hal utama!) Demi menghindari kesalahan. (Menemukan kesalahan dalam teks yang jelas jauh lebih mudah.)

1. Setiap operator harus ditulis pada baris baru, dengan pengecualian operator pendek dan terkait bermakna.

Sebagai contoh,

tulis ... readln ... - ditulis dalam satu baris, operator pendek tugas dapat ditulis dalam satu baris:

a: = 23; b: = 105; c: = -11.2.

2. Operator dengan level yang sama, terletak di jalur yang berbeda, harus disejajarkan secara vertikal, mis. berjarak sama dari tepi kiri.

Sebagai contoh, mari kita menulis urutan operator untuk menentukan jumlah digit angka tiga digit:

s: = div 100;

d: = div 10 mod 10;

e: = mod 10;

Di sini, semua operator setara, mereka pergi satu demi satu secara berurutan, jadi semuanya mulai dari posisi vertikal yang sama.

3. Operator yang termasuk dalam operator lain harus digeser ke kanan dengan beberapa posisi (sebaiknya sama).

jika kemudian

4. Direkomendasikan untuk menyelaraskan pasangan kata dasar secara vertikal: mulai dan akhir, yang telah kita temui, serta kata-kata yang akan kita ketahui nanti: mengulang dan sampai, catatan dan akhir, kasus dan akhir.

Berikut adalah beberapa opsi penempatan operator yang paling populer jika:

A) jika kemudian ...

lain ...

B) jika kemudian ...

lain ...

v) jika...

kemudian ...

lain ...

G) jika ...

kemudian ...

lain ...

e) jika ... kemudian ... lain ...

6. Komentar ditulis di sebelah konstruksi (pengidentifikasi, operator, bagian darinya), yang mereka jelaskan, atau pada baris terpisah.

Dokumen

pemrograman pemrograman pemrograman, jenderal ... Peti mati kesunyian... Beberapa kali berpasangan pemrograman lulus ...

  • Dokumen

    Penelitian terkait pemrograman dan efektivitas organisasi. Luar biasa ... bahasa pemrograman, metode desain tertentu dan pemrograman, jenderal ... Peti mati kesunyian... Beberapa kali berpasangan pemrograman lulus ...

  • Dokumen

    Apakah itu akan disebut? "Hasilnya adalah Neuro-Linguistic pemrograman- frasa rumit yang menyembunyikan ... pendiam, vokal, suara, suara, kata, kesunyian, disonansi, konsonan, harmonis, melengking, tenang ...

  • Dokumen

    PUSAT PSIKOTERAPEUTIS "LAD" V. I. ELMANOVICH NEUROLINGUISTIC PEMROGRAMAN(panduan metodologis untuk pemula) BAGIAN1. ... MODALITAS (A). 1. Jika volume = 0, maka "mendengarkan kesunyian ", jika volumenya maksimal, maka "menyala ...

  • Diperbarui: 18.07.

    103583

    Jika Anda melihat kesalahan, pilih sepotong teks dan tekan Ctrl + Enter