OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi objek. Tujuan dari OOP yaitu untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. setiap bagian dari permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek Show contoh: pesawat terbang. pesawat terbang terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi yaitu seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, sayap, dan lain lain. pesawat tersebut terbentuk dari kumpulan objek-objek yang lebih kecil dan saling berhubungan satu sama lainnya, saling berinterasi, berkomunikasi dan saling mengieim pesan kepada objek-objek lainnya. begitu pula dengan program, sebuah program memiliki objek yang besar yang terdiri dari objek objek yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dikembangkan. objek objek tersebut akan saling berinteraksi satu sama lain sehingga program tersebut dapat dijalankan. Pengertian ClassClass adalah merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. class berfungsi untuk menampung objek objek dan method(behaviour) yang ada. contohnya: class hewan, buah-buahan, orang, bangunan, mobil, motor, dll Pengertian ObjekObjek adalah bentuk nyata dari sebuah class dan dapat di lihat, di pegang,dan dirasakan. contohnya: class buah-buahan maka objeknya apel, nanas, durian, jambu, mangga
Pengertian MethodMethod adalah suatu operasi berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah ojek< contoh dalam kehidupan sehari hari yaitu:
ModifierModifier adalah digunakan unutk menghubungkan suatu unsur class dengan unsur class lainnya. Jenis Jenis Modifier Menurut Hak Aksesnya– Public (+) – Protected (#) – Private (-)
Dalam proses belajar program berorientasi objek banyak istilah yang sering membuat siswa bingung, misalnya pengertian dan perbedaan antara objek, class, instance, variabel, instance variabel, class variabel. Maka pada praktek ini akan dijelaskan secara detil pengertian dan perbedaannya
class PersegiPanjang attr_accessor :panjang def initialize(p,l) @panjang = p @lebar = l @@jumlah = @@jumlah + 1 end def luas @panjang * @lebar end def keliling 2 * (@panjang + @lebar) end @@jumlah = 0 def self.jumlah_kotak @@jumlah end end kotak1 = PersegiPanjang.new(10,2) kotak1.luas kotak1.keliling kotak1.panjang kotak2 = kotak1 p kotak1 p kotak2 kotak3 = PersegiPanjang.new(30,3) p kotak3 p PersegiPanjang.jumlah_kotak
class PersegiPanjang ... def self.jumlah_kotak @@jumlah end ... end p "Total Objek persegi panjang : #{PersegiPanjang.jumlah_kotak}" |