Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan

Suatu proses algoritma dapat digambarkan dalam beberapa bentuk seperti bahasa natural dinamana bentuk ini merupakan yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti karena bentuk ini menggunakan bahasa yang dimengerti berbeda jika kita menggunakan bentuk pseudocode dimana penyajiannya mirip dengan kode program yang kita perlu sedikit memahaminya, begitu juga dengan flowchart yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan proses yang berjalan. Kali ini saya akan membagikan contoh penulisan algoritma dalam bentuk pseudocode dan flowchart. Sebelum itu kita perlu mamahami lebih rinci mengenai perbedaan antara penyajian algoritma baik dalam bentuk pseudocode maupun flowchart.

Memahami Pseudocode

Pseudocode adalah salah satu bentuk penulisan algoritma yang cukup banyak digunakan, dimana bentuk ini mirip dengan bahasa program. Walaupun mirip namun namun jelas pseudocode bukanlah bahasa pemrograman.

Pseudocode memiliki fungsi untuk mempermudah kita memahami tanpa bergantung pada bahasa pemrograman apapun, dengan aspek yang ringkas kita dapat memetakan sebuah algoritma dengan susunan yang jelas untuk pemecahan suatu masalah. Dengan membuat pseudocode setidaknya kita dapat memiliki gambaran seberapa rumit program yang akan dibuat.

Cara Menulis Pseudocode

Secara umum penulisan pseudocode terbagi kedalam tiga bagian, sebagai berikut:

  1. Judul – Pada bagian ini kita menuliskan judul dari suatu program yang akan dibuat. Biasanya judul diawali dengan kata “program” atau “algoritma” kemudian diikuti dengan nama program yang ingin dibuat. Contoh : program menghitung luas_lingkaran atau program menghitung gaji_karyawan.
  2. Deklarasi – Pada bagian ini kita bisa menulis semua variabel yang diinisialisasikan didalam suatu program. Biasanya menggunakan kata kunci ‘var’ diikuti dengan nama variabel dan tipe data yang digunakan.
  3. Isi – Bagian ini merupakan bagian utama pada suatu program dimana terdiri dari perintah program terstruktur baik berupa kondisional, perulangan dan lainnya.

Contoh Algoritma Dalam Bentuk Pseudocode

Contoh Algoritma Pseudocode untuk menghitung luas persegi panjang. Rumus luas persegi panjang adalah panjang (p) x lebar (l). Jika diketahui:

panjang=6;
lebar=2;

Maka bentuk pseudocodenya adalah seperti berikut ini:

program menghitung_luas_persegi_panjang deklarasi: var panjang:lebar:luas:integer; Deskripsi: panjang <- 6; lebar <- 2; luas <- panjang*lebar; write (luas);

Memahami Flowchart

Flowchart merupakan bentuk algoritma yang menggambarkan suatu sistem dengan menggunakan simbol-simbol serta menjelaskan suatu urutan serta hubungan proses didalam sistem. Flowchart sering digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan operasional dan juga dokumentasi. Ada banyak jenis flowchart dan salah satunya adalah flowchart program. Terdapat beberapa flowchart program yang sering digunakan diantaranya adalah:

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan

Contoh Flowchart Mengitung Luas Persegi Panjang

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan

  • Mulai dan selesai kita menggunakan simbol terminal sebagai simbol untuk awalan dan akhiran.
  • Deklarasi variabel kita gunakan simbol proses
  • Nilai panjang dan lebar kita gunakan simbol input karena nilainya akan di masukan oleh users.
  • Selanjutnya sistem akan menghitung luas berdasarkan nilai panjang dikalikan dengan lebar, pada bagian ini kita gunakan simbol proses
  • Selanjutnya sistem menampilkan hasilnya bagian ini dibuat dengan simbol ouput.

Contoh Lain

Kita akan membuat program untuk menentukan bilangan ganjil dan genap, bagaimana kita menggambarkan kedalam bentuk Pseudocode dan flowchart ?

Baca : Menentukan Bilangan Ganjil Genap di PHP

Pseudocode Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Algoritma menentukan_bilangan_ganjil_genap Deklarasi: var bil:integer; Deskripsi: bil <- 10; Read (bil) If (bil%2==0) Then print "Bilangan Genap"; Else print "Bilangan Ganjil"; Endif

Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan

Dari contoh diatas kita membuat variabel bil dengan nilai 10, lalu kemudian variabel tersebut di cek jika 10 modulus 2 hasilnya adalah 0 maka sistem akan menampilkan bilangan genap, Jika tidak maka tampikan Bilangan ganjil. Berdasarkan contoh tersebut hasil yang dicetak adalah “Bilangan Genap” karena 10mod2 hasilnya adalah 0.

Artikel Lain : Contoh Flowchart Percabangan

Kesimpulan

Sekian artikel mengenai contoh penulisan algoritma dalam bentuk pseudocode dan flowchart. Dari pembahasan ini dapat saya simpulkan bahwa algoritma dapat kita buat dalam bentuk pseudocode jika kita ingin membuat penulisan algoritma yang mirip dengan bahasa pemrograman. Atau kita menggunakan simbol-simbol flowchart untuk menggambarkan alur proses algoritma yang dibuat.

A.      Pilihlah salah satu jawaban yang  paling tepat

1.       Suatu susunan atau urutan langkah-langkah dalam menyelesaikan sebuah persoalan secara sistematis dan logis disebut...

2.       Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan sumbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut...

3.       Simbol bangun ruang berbentuk persegi panjang pada flowchart berfungsi untuk...

a.       Menggambarkan proses secara komputerisasi

b.      Menginputkan data secara manual

d.      Tanda penghubung dalam satu halaman

e.      Tanda penghubung dalam lain pemrograman

4.       Suatu metode yang menekankan penulisan logika penyelesaian masalah menggunakan bahasa yang disamarkan dari bahasa pemrograman disebut metode penulisan ...

5.       Simbol di bawah ini yang digunakan untuk menunjukkan arah aliran proses pada flowchart adalah...












Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan


Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 



6.       Deretan perintah yang digunakan untuk memerintahkan mesin komputer melakukan sesuatu adalah...

7.       Bagan berguna untuk melakukan analisis sistem dengan menggambarkan proses dalam suatu presedur program disebut bagan air...

8.       Jenis data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah...

9.      

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
Perhatikan algoritma di bawah ini.

Keluaran yang dihasilkan dari variabel z adalah...

10.  

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
Output yang dihasilkan dari variabel z adalah..

B.      Jawablah pernyataan berikut ini dengan benar

1.       Apa perbedaan antara interger dengan double?

= Perbedaan sederhananya adalah interger digunakan untuk tipe data yang bernilai angka  bilangan bulat. Sedangkan double digunakan untuk data yang bernilai angka berkoma.

2.       Jelaskan pengertian algoritma dengan metode natural language, flowchart, dan pseudocode

= Natural language merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti.

= Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut.

= Pseudecode adalah code yang menyerupai bahasa program sesungguhnya dengan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah dan tidak ada aturan dalam penulisannya serta di tujukan untuk di baca manusia (bukan mesin)

3.       Bandingkan perancangan algoritma dengan flowchart dan pseudocode

= Flowchart merupakan algoritma yang menggunakan beberapa simbol di dalamnya seperti elips, jajar genjang, belah ketupat,dll. Sedangkan pseudecode merupakan algoritma yang menggunakan baris code

4.       Jelaskan pedoman yang harus dilakukan ketika membangun algoritma dengan flowchart

= Pedoman yang harus dilakukan ketika membangun algoritma dengan flowchart adalah sebagai berikut

- Starting and Ending Points

Setiap flowchart harus memulai awal dan akhir yang direpresentasikan dengan bentuk kotak bundar atau lonjong, dengan tulisan "Mulai/Start" dan "Selesai/End". Oleh karena sebuah proses dapat memiliki beberapa hasil yang berbeda, tergantung pada keputusan yang diambil, flowchart dapat memiliki beberapa kemungkinan endpoint, dengan bentuk lingkaran atau oval yang merepresentasikan setiap endpoint yang ada. Karena kita belum mengetahui berapa banyak space yang kita butuhkan, mulailah dengan menggambar bentuk "Start/Mulai" dan menggambar simbol "End/Selesai" paling terakhir.

Bentuk kotak melambangkan sebuah aksi atau operasi yang harus dilakukan untuk dapat menuju ke langkah selanjutnya. Proses dan variabelnya ditulis didalam bentuk tersebut. Untuk input dan output, gunakan bentuk jajar genjang. Bentuk kotak tersebut biasanya mengandung kata kerja, yang menunjukkan aksi yang akan diambil.

- Connectors and Arrows of Flowchart

Garis dengan panah mengidentifikasikan alur kerja dari sebuah proses dan menghubungkan antara satu proses dengan proses yang lain.

Gunakan bentuk wajik untuk melambangkan sebuah keputusan yang harus diambil. Tulis kondisi spesifik yang harus dipenuhi pada panah yang menuju ke wajik kondisi, yang biasanya memiliki nilai TRUE dan FALSE.

Beberapa flowchart yang lebih kompleks dapat terdiri dari database, dokumen atau operasi manual. Silahkan lihat pada attachment gambar untuk bentuk bentuk lain dari flowchart yang dapat digunakan.

5.       Jelaskan simbol-simbol dalam membangun algoritma dengan flowchart

= Simbol-simbol dalam flowchart

-Terminator/Simbol Titik Terminal menunjukkan permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses.

-Flow Line / garis alir adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol ini juga berfungsi untuk menunjukkan arah aliran program.

-Processing Symbol / Simbol Proses digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol inspeksi

-Decision Symbol / Simbol Keputusan merupakan simbol yang digunakan untuk memilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini biasanya ditemui pada flowchart program.

-Input-Output / Simbol Keluar-Masuk menunjukkan proses input-output yang terjadi tanpa bergantung dari jenis peralatannya.

Simbol ini fungsinya adalah untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang letaknya berjauhan atau rumit bila dihubungkan dengan garis dalam satu halaman

-Connector (Off-page)  Sama seperti on-page connector, hanya saya simbol ini digunakan untuk menghubungkan simbol dalam halaman berbeda. label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka

-Preparation Symbol / Simbol Persiapan merupakan simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan di dalam storage.



A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

1.

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 

Jika nilai x, = 12, y= 10, dan z=1, output dari algoritma tersebut adalah...

a.       Bilangan  terkecil adalah 12

b.      Bilangan terkecil adalah 10

c.       Bilangan terkecil adalah 1

d.      Tidak ada bilangan  yang lebih kecil dari 5

2.  Perhatikan soal nomor 1. Jika algoritma tersebut digunakan untuk mencari bilangan terkecil dari x, y, z, baris yang terjadi kesalahan logika terletak pada...

                c. Write ( ‘Bilangan terkecil adalah ’, y )

3. Perhatikan algoritma pencabangan berikut.

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
     



Output algoritma diatas adalah ...

d.      Tidak terjadi proses aksi pada logika pencadangan karena bernilai false semua

4. Perhatikan script soal no. 3 jenis penulisan algoritma yang digunakan adalah...

5. Simbol berikut ini yang digunaka untuk menunjukan proses secara terkomputerisasi












Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan


Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 

6.       Output yang dihasilkan dari logika percabangan di bawah ini jika variabel nilai memiliki data sebesar 76 adalah...



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 

d.      Tidak mengerjakan statement apapun

7.       Perhatikan algoritma berikut. Tipe data yang cocok untuk ekspresi pada struktur case adalah...

Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 


8.       Berdasarkan algoritma pada soal nomor 7, jika ekspresi variabel hari memiliki nilai ‘4’, output yang akan ditampilkan pada proses algoritma tersebut adalah...

9.       Berdasarkan algoritma pada soal nomor 7, jika ekspresi variabel hari memiliki nilai ‘10’, output yang akan ditampilkan pada proses algoritma tersebut adalah...

e.      Hari yang anda inputkan belum terdaftar

10.   Perhatikan algoritma di bawah ini



Metode penulisan algoritma yang menggunakan simbol atau gambar untuk cara penulisannya dinamakan
 

Variabel z akan bernilai 1 dari hasil operasi aritmatika bagi hasil tersebut. Bilangan x termasuk bilangan..

B.Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar

1. Jelaskan struktur logika percabangan dengan satu kondisi

    = Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan dikerjakan, sedangkan jika tidak maka pernyataan           

       tidak dikerjakan dan proses langsung keluar dari percabangan

2. Jelaskan struktur logika percabangan dengan dua kondisi

    = Pada percabangan dua kondisi ada dua pernyataan untuk kedua kondisi. Jika <kondisi> bernilai

       benar maka pernyataan 1 dikerjakan, sedangkan jika tidak (<kondisi> bernilai salah) maka

3. Jelaskan struktur logika percabangan dengan tiga kondisi

    = Mula-mula <kondisi1> di cek nilai kebenarannya. Jika benar, maka dikerjakan pernyataan1. Jika

       salah, maka dicek nilai kebenaran <kondisi2>. Jika <kondisi2> benar maka dikerjakan pernyataan

4. Jelaskan struktur logika percabangan bersarang

    = Merupakan logika if yang dimana di dalamnya terdapat juga if lainnya

5. Jelaskan struktur logika percabangan dengan case

    = Merupakan logika if yang memuat case tertentu dan apabila bernilai true salah satu case