Jelaskan makna dari ayat 7 Surat At Takatsur

Surat At-Takasur terdiri dari 8 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah. At-Takasur sendiri artinya bermegah-megah dan namanya merujuk pada lafaz at-takasur yang terdapat dalam ayat pertama surat ini.

Surat ini termasuk dalam Juz 'Amma atau juz 30 dan menempati urutan surat ke-102. Berikut bacaan arab dan latin surat At-Takasur, lengkap dengan kandungan dan keutamaannya. Yuk, simak!

Ilustrasi Al-Qur'an (pixabay.Com/cahiwak)

Surat ini merupakan pengingat kepada umat muslim akan perbuatan di dunia yang termasuk merugi. Lebih lanjut, berikut bacaan arab surat At-Takasur, latin dan artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmannirrahiim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Ayat 1

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

Al-hākumut-takāsur.

Artinya: "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,"

Ayat 2

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗ

Hattā zurtumul-maqābir.

Artinya: "sampai kamu masuk ke dalam kubur."

Ayat 3

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ

Kallā saufa ta’lamụn.

Artinya: Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),"

Ayat 4

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ

Summa kallā saufa ta’lamụn.

Artinya: "Kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui."

Ayat 5

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ

Kallā lau ta’lamụna ‘ilmal-yaqīn.

Artinya: "Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti."

Ayat 6

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ

Latarawunnal-jahīm.

Artinya: "Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,"

Ayat 7

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ

Summa latarawunnahā ‘ainal-yaqīn.

Artinya: "kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,"

Ayat 8

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

Summa latus'alunna yauma'iżin ‘anin-na’īm.

Artinya: "kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)."

Baca Juga: Meski Uangmu Pas-pasan, Ini 5 Alasan Kamu Jangan Menunda untuk Beramal

Ilustrasi membaca Al-Qur'an (unsplash.com/RachidOucharia)

Surat At-Takasur yang bermakna bermegah-megahan ini dengan jelas menunjukkan bahwa itu adalah perbuatan yang merugi. Allah SWT menyukai hamba yang selalu hidup dalam kesederhanaan dan selalu rendah hati.

Sikap manusia yang suka bermegah-megahan dalam hidupnya akan membuat dirinya terjerumus ke dalam Jahanam dan kekal di dalamnya. Akhir surat At-Takasur, dijelaskan bahwa di hari kiamat nanti, manusia akan diminta pertanggungjawaban atas fungsi harta benda yang dimiliki semasa hidupnya di dunia.

ilustrasi Al-Qur'an (pixabay.com/ freebiespic)

Surat At-Takasur menjelaskan tentang perilaku manusia yang suka bermegah-megahan didalam kehidupan duniawi. Manusia kerap terlalu terhanyut dalam keindahan di dunia sehingga senantiasa melalaikan tujuan hidup manusia yang diciptakan oleh Allah SWT, termasuk selalu taat dan beribadah kepada-Nya.

Manusia yang gemar berfoya-foya, membelanjakan harta bendanya hanya untuk kesenangan duniawi adalah manusia yang merugi, baik di dunia dan akhirat. Hartanya tidak ada gunanya dan tidak dapat menjadi sarana penolong ketika di hari pembalasan. Dan manusia yang melalaikan hakikat hidup pun baru menyadari kesalahannya ketika ajal sudah menjemput.

ilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/ Rodnae Productions)

Surat ini memuat keberkahan besar bagi siapa pun yang mengimaninya dengan sepenuh hati. Berikut beberapa keutamaan dari surat At-Takasur, yaitu:

  • Betemu Rasulullah SAW
    Sayidina Umar berkata, ”Wahai Rasulullah siapa yang kuat membaca seribu ayat?” Maka Rasulullah SAW membaca surat At-Takasur kemudian beliau bersabda, ”Sungguh demi jiwaku yang ada digenggamannya, sesungguhnya surat Al Haqumut takatsur sama dengan membaca seribu ayat.” Kemudian, bagi siapa saja yang membaca surat At-Takasur sebanyak 100 kali setiap selesai solat Isya sebelum tidur, maka atas izin Allah SWT orang tersebut dapat melihat Rasulullah SAW di dalam tidurnya.
  • Terpenuhi hajatnya dan dilimpahkan pahala
    Bagi siapa yang membaca surat At-Takasur sebanyak 1000 kali, maka Allah SWT akan terpenuhi akan hajat rezeki dan kenaikan pangkat.
  • Dilimpahkan pahala
    Allah SWT akan melimpahkan pahala yang sangat besar, bagi siapa saja yang membaca surat At-Takasur sebanyak 7 kali selama hujan turun. Sebagaimana Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca surat At-Takatsur di dalam salat fardu, maka Allah mencatat untuknya pahala seperti seratus syahid, barang siapa yang membacanya dalam salat sunah, maka Allah mencatatnya pahala lima puluh syahid, dan empat puluh baris malaikat mendirikan salat bersamanya, insyaallah.” (Tafsirul Burhan, juz 8: 155).
  • Menjadi obat penawar
    Surat At-Takasur dapat menjadi penawar yang mujarab. Kamu dapat membacakan surat ini pada air hujan yang dicampurkan dengan air minum sebanyak 100 kali atau lebih. Maka atas izin Allah SWT, ini dapat menjadi sebuah penawar yang mujarab.
  • Sama dengan membaca seribu ayat
    Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang mampu membaca seribu ayat setiap hari?” Para Sahabat menjawab, “Siapa yang mampu membaca seribu ayat?” Baginda menjawab, “Seseorang yang membaca surat At-Takatsur.” (Biharul Anwar, Juz 89: 336)
  • Mendapatkan ampunan.
    Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (surat At-Takatsur), maka Allah tidak akan menghisabnya atas nikmat yang diberikan kepadanya selama di dunia. Dan barang siapa yang membacanya ketika turun hujan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 372).

Baca Juga: 5 Amalan yang Bantu Selamatkan Muslim dari Pertanyaan di Alam Kubur

Baca Artikel Selengkapnya

Manusia banyak yang lalai karena kesibukannya saling berlomba meraih dunia. Ada yang rakus akan kedudukan atau kekuasaan. Ada juga yang saling menyombongkan diri dengan harta dan anaknya. Mereka barulah berhenti ketika sampai di liang lahat. Padahal semua nikmat kelak akan ditanya.

Allah Ta’ala berfirman,

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ (1) حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ (2) كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (3) ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (4) كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ (5) لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ (6) ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ (7) ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ (8)

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS. At Takatsur: 1-8).

Surat ini menjelaskan tentang orang-orang yang lalai dari beribadah kepada Allah. Padahal ibadah itulah tujuan diciptakannya manusia. Yang dimaksud di sini adalah beribadah kepada Allah semata dan meninggalkan ibadah kepada selain Allah, mengenal-Nya dan mendahulukan cinta Allah dari lainnya.

Manusia Menjadi Lalai

Manusia menjadi lalai karena waktunya hanya dihabiskan untuk membanggakan diri dengan harta. Berbangga di sini bisa jadi pada anak, harta, dan kedudukan. Sedangkan berlomba-lomba atau saling mengejar untuk meraih ridho Allah tidak termasuk di sini.

Terus Berbangga Hingga Ke Liang Lahat

Manusia akan terus berbangga satu dan lainnya hingga mereka masuk ke dalam kubur. Artinya, ketika mereka merasakan kematian, barulah mereka berhenti dari berbangga-bangga dengan harta.

Namun perlu diketahui bahwa alam kubur hanyalah tempat mampir sebelum sampai ke alam berikutnya. Alam kubur bukanlah tempat mukim selamanya. Dalam ayat ini pun dikatakan demikian, yaitu disebut alam kubur sebagai tempat ziarah, artinya berkunjung dan itu sifatnya sementara. Negeri yang kekal abadi adalah di akhirat kelak.

Ayat ini sekaligus menunjukkan bahwa amalan itu akan dibalas di negeri yang kekal abadi (bukan negeri yang akan fana).

Jika Mereka Tahu …

Seandainya mereka tahu apa yang terjadi di depan mereka yaitu mengetahui dengan ilmu yang sampai ke hati, tentu mereka tidak lalai sehingga terus-terusan berbangga-bangga dengan harta. Jika mereka tahu, tentu mereka akan segera beramal sholeh.

Namun sayangnya, mereka benar-benar tidak tahu sehingga mereka pun akan melihat neraka Jahim yang dijanjikan pada orang-orang kafir.

Mereka akan Melihat dengan ‘Ainul Yakin

Yang dimaksud dengan ayat,

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ

“dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin”. Maksudnya mereka benar-benar akan melihat dengan penglihatan mereka. Sebagaimana Allah menyebutkan dalam ayat yang lain,

وَرَأَى الْمُجْرِمُونَ النَّارَ فَظَنُّوا أَنَّهُمْ مُوَاقِعُوهَا وَلَمْ يَجِدُوا عَنْهَا مَصْرِفًا

“Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling dari padanya. ” (QS. Al Kahfi: 53).

‘Ilmu Yakin, ‘Ainul Yakin dan Haqqul Yakin

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai ‘ainul yakin dan ilmu yakin. ‘Ilmu yakin adalah sesuatu yang diketahui dengan mendengar, kabar berita, pengqiyasan (permisalan) dan berpikir tanpa melihat secara langsung. Sedangkan ‘ainul yakin adalah menyaksikan langsung dengan penglihatan. Ada juga haqqul yakin, yaitu dengan merasakan secara langsung.

Ibnu Taimiyah mencontohkan ketiga hal di atas dengan memberi permisalan madu. Jika madu tersebut hanya diketahui lewat berita, maka disebut ‘ilmu yakin. Jika diketahui lewat melihat langsung, maka disebut ‘ainul yakin. Jika dirasakan manisnya madu tersebut, maka disebut dengan haqqul yakin.

Akan Ditanya Berbagai Macam Nikmat

Setiap orang akan ditanya berbagai macam nikmat yang mereka rasakan di dunia. Apakah mereka benar-benar telah bersyukur atas nikmat tersebut? Apakah benar mereka telah menunaikan hak Allah? Apakah mereka benar tidak menggunakan nikmat tersebut untuk maksiat? Jika benar, maka mereka akan diberi nikmat yang lebih lagi dari yang sebelumnya.

Ataukah mereka jadi orang yang terperdaya dengan nikmat? Atau mungkin mereka gunakan dalam maksiat? Jika demikian, tentu kelak mereka akan dibalas dengan siksa yang pedih. Allah Ta’ala berfirman,

وَيَوْمَ يُعْرَضُ الَّذِينَ كَفَرُوا عَلَى النَّارِ أَذْهَبْتُمْ طَيِّبَاتِكُمْ فِي حَيَاتِكُمُ الدُّنْيَا وَاسْتَمْتَعْتُمْ بِهَا فَالْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَبِمَا كُنْتُمْ تَفْسُقُونَ

“Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (kepada mereka dikatakan): “Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri d muka bumi tanpa hak dan karena kamu telah fasik.” (QS. Al Ahqaf: 20).

Tentang nikmat ini akan ditanya di mana?

Pertama: Bisa jadi saat dihisab.

Kedua: Bisa jadi saat masuk neraka ditanya tentang nikmat dalam rangka untuk menjelekkan.

Seperti pertanyaan,

كُلَّمَا‭ ‬أُلْقِيَ‭ ‬فِيهَا‭ ‬فَوْجٌ‭ ‬سَأَلَهُمْ‭ ‬خَزَنَتُهَا‭ ‬أَلَمْ‭ ‬يَأْتِكُمْ‭ ‬نَذِيرٌ

” Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir), penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka: “Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?” (QS. Al-Mulk: 8)

Nikmat yang ditanya adalah nikmat umum. Ada juga ulama yang menyatakan bahwa nikmat yang ditanya adalah nikmat makan dan minum, nikmat sehat, nikmat rasa aman, nikmat harta, kedudukan, kekuasaan, istri, anak, dan umur, begitu juga nikmat ilmu dan nikmat diberi akal.

Banyak Ziarah Kubur

Tentang ayat,

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ (1) حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ (2)

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur.” Yang dimaksud ayat ini, kata Ibnu Taimiyah adalah ‘yatakatsaruna biquburil mawtaa‘, yaitu mereka memperbanyak ziarah kubur pada orang yang mati. Hal ini disebutkan oleh Ibnu ‘Athiyyah dalam tafsirnya. Beliau berkata bahwa ayat ini dimaksudkan untuk orang-orang yang banyak ziarah kubur sehingga mereka lalai dari ibadah dan belajar agama. Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih membolehkan ziarah kubur setelah itu, namun dengan maksud mengingat mati. Bukan untuk maksud untuk berbangga diri dan membangun kubur. Demikian perkataan Ibnu ‘Athiyyah secara ringkas yang dinukil dari perkataan Ibnu Taimiyyah dalam Majmu’ Al Fatawa, 2: 375-376.

Ziarah kubur bagi laki-laki hukumnya adalah mustahab (dianjurkan). Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan, 

زُورُوا‭ ‬الْقُبُورَ‭ ‬فَإِنَّهَا‭ ‬تُذَكِّرُكُمُ‭ ‬الآخِرَةَ

“Lakukanlah ziarah kubur karena hal itu lebih mengingatkan kalian pada akhirat (kematian).” (HR. Muslim, no. 976; Ibnu Majah, no. 1569; Ahmad, 1:145).

Adapun ziarah kubur untuk wanita terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Pendapat terkuat adalah dibolehkan wanita untuk ziarah kubur namun dengan syarat: 

  1. tidak melakukan kesyirikan dan kebidahan.
  2. tidak bertabaruj (dandan menor) ketika keluar rumah, 
  3. tidak mengkhususkan hari tertentu untuk ziarah kubur.

Hanya Allah yang memberi hidayah.

Hanya Allah yang memberi hidayah.

Artikel lainnya yang patut disimak: Saling Berbangga dengan Harta

Referensi:

At-Tashiil li Ta’wil At-Tanzil Tafsir Juz ‘Amma fii Sual wa Jawab. Cetakan kedua, Tahun 1424 H. Syaikh Musthafa Al-‘Adawi. Penerbit Maktabah Makkah.

Taisir Al Karimir Rahman fii Tafsir Kalamil Mannan, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, terbitan Muassasah Ar Risalah, cetakan pertama, tahun 1423 H, hal. 933-934.

Tafsir Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Iyad bin ‘Abdul Lathif bin Ibrahim Al Qomisi, terbitan Dar Ibnul Jauzi, cetakan pertama, tahun 1432 H, 7: 174-176.

Diselesaikan sebelum shalat ‘Isya’ @ Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul, 5 Ramadhan 1434 H

Artikel Rumaysho.Com

Silakan follow status kami via Twitter @RumayshoCom, FB Muhammad Abduh Tuasikal dan FB Fans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat

Video yang berhubungan

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA