Jelaskan kendala kendala apa saja yang kamu temukan saat membuat objek sederhana dengan Adobe Flash

Sabtu , 20 Sep 2014, 18:52 WIB

Blogspot.com

Salah satu film animasi Indonesia (ilustrasi).

Red: Yudha Manggala P Putra

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah kendala masih menghambat industri animasi di Indonesia.Head of Creative MD Animation, Eki NF, mengungkapkan, pihaknya masih terkendala sumber daya manusia, modal, hardware, infrastruktur dan software."Soal sumber daya manusia misalnya, animator kita banyak namun mereka tersebar dan untuk mendatangkan mereka ke Jakarta banyak tantangannya lah, seperti menambah urbanisasi. Koneksi internet kita masih repot," ungkap Eki kepada, di sela penyelenggaraan festival popular culture Asia 2014, di Jakarta.Selanjutnya, kata Eki, software yang saat ini bisa didapat secara gratis, tak ada  jaminan akan terus gratis."Dua tahun lagi kita tidak tahu, apakah masih gratis. Kalau kita pakai yang berbayar, satu software hanya bisa dipakai satu komputer, itu Rp40 juta. Kita sekarang didukung sekitar 200 animator, bayangkan 200 komputer sudah berapa biayanya," paparnya.Eki menambahkan, kendala lainnya ialah soal distribusi penayangan di televisi yang masih sangat terbatas. Dia mengakui industri kreatif bidang animasi menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia.Teknologi komputer yang menjadikan 3D grafis dan visual efek semakin canggih, menjadikan lahan yang menjanjikan dalam industri kreatif. "Kita bareng-bareng jalan, kita akan tahu sendiri kok masalahnya apa. Kita juga akan berpikir solusinya bagaimana," katanya.Sementara itu, menurut Founder festival Popular Culture (Popcon) Asia, Grace Kusnadi Goh, pelaku industri kreatif lokal masih terkendala jaringan. Menurut dia, kualitas konten para kreator lokal tidak perlu diragukan lagi.

"Kendalanya soal networking. Kalau dari segi bakat kita enggak kalah dari negara lain. Makanya, di Popcon Asia ini kita juga undang pelaku industri kreatif dari luar (negeri),supaya mereka bisa lihat konten-konten lokal kita. Kreator-kreator lokal juga bisa membangun networking, " kata Grace saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

"Tahun depan, Popcon akan diselenggarakan juga di Surabaya dan Makassar. Semoga bisa membantu kreator lokal membangun networking," tambah dia.

  • film animasi indonesia
  • film animasi
  • indonesia
  • popcon

sumber : Antara

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe manganPengembangAdobe Systems, sebelumnya MacromediaJenisRich Internet applicationSitus webwww.adobe.com/flashplatform/

Adobe Flash Player logo

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh suryadi cah besuki. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript di mana di dalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan data.

  • Flash/SWF Downloader
  • SWF Converter

Diperoleh dari "//id.wikipedia.org/w/index.php?title=Adobe_Flash&oldid=19363425"

1. Buat dokumen baru lalu berinama terserah Anda.

2. Kemudian import file gambar kedalam library. 

Perlu di ketahui bahwa didalam adobe flash ada 4 jenis import file yang pertama Import to Stage artinya file akan import dan langsung ditampilkan kedalam stage, yang ke-2 adalah Import to Library maksudnya file yang diimport tidak langsung ditampilkan kedalam stage akan tetapi file disimpan didalam panel  library, yang ke-3 Open External Library maksudnya mengimport file dari panel library pada dokumen flash yang lain dan nantinya akan masukkan pada panel library, dan yang terakhir adalah Import Video artinya adalah mengimport file video yang kemudian video tersebut langsung ditampilkan pada stage.

3. Baik sekarang kita akan gunakan saja import to Library karena kita akan mengimport banyak file, jadi file harus disimpan dulu pada library sebelum nantinya digunakan pada stage.

4. Berikut adalah cara import file, pilih menu File kemudian anda pilih Import to Library.

5. Lalu akan muncul dialog atau windows Import to Library seperti terlihat pada gambar dibawah Kemudian disitu cari file yang akan diimport. (untuk file gambarnya nya anda dapat download disini)


6. Jika import berhasil, kita lihat panel library pasti disana terdapat gambar yang kita import barusan.

7.  Selanjutnya kita akan coba buat animasinya. Tapi sebelumnya kita ganti dulu nama Layer 1 menjadi karakter. Untuk mengganti nama layer tentunya anda masih ingat bukan, jika anda lupa silahkan anda buka kembali tutorial sebelumnya yang berjudul Belajar Flash: Menggambar Keindahan Gurun Pasir Untuk Background Animamsi.


8. Jika sudah mengganti nama layer lalu kita masukan gambar yang diimport pada libary tadi kedalam stage, caranya adalah anda cukup klik lalu geser gambar kedalam stage, atau anda dapat klik 2x gambar tersebut


9. Lalu kita atur posisi gambar pada stage. Agar posisi gambar sama maka buat garis bantu pada stage atau istilahnya adalah guide. Untuk menampilkan guide anda harus menampilkan dulu rules pada worksapce anda.



10. Untuk menampilkan rules caranya adalah anda pilih menu view kemudian pilih rules
Cukup sekian pembahasan animasi keyframe kali ini. Semoga bermanfaat.



11. Jika rules sudah muncul lalu tarik ke bawah ke arah stage untuk membuat guide horizontal,  lalu klik rules yang sebelah kiri kemudian tarik ke kanan ke arah stage untuk membuat guide vertikal, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



12. Jika pembuatan guide sudah selesai. Lalu kita tambahkan blankKeyFrame pada Layer Karakter di frame 3, cara untuk menambahkan blankKeyFrame adalah klik kanan pada frame tersebut kemudian pilih InserBlanktKeyFrame  atau anda tekan F7 pada keyboard untuk menambahkan BlankKeyFrame


13. Jika keyframe sudah terbuat masukan gambar ke-2 kedalam stage.

'

14. Selanjutnya lakukan hal yang sama yaitu tambahkan keyframe pada frame selanjutnya masing-masing keyframe beri jeda 1 frame (misalnya 1,3,5,....) kemudian masukan gambar lainnya pada keyframe tersebut.

15. Untuk keyframe yang terakhir (frame 15) tambahkan satu frame didepannya (frame 16) untuk memberi jeda agar sama dengan yang lainnya sebelum nanti kembali lagi untuk membaca frame satu. Untuk lebih jenaslnya dapat dilihat gambar dibawah ini.

16. Berikut adalah hasil akhirnya.

17. Jika sudah selesai silahkan anda test movie, untuk melihat animasinya. Untuk melakukan test movie anda dapat menekan tombol CTRL + Enter.

Adi Hadisaputra

Video yang berhubungan

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA