Fungsi dari sensor actuator adalah unutk memantau suatu Actuator.Ketika Actuator yang dipantau mulai:
- Actuator Sensor mengirimkan satu pulsa positif ke controller.
- Actuator Sensor mengirimkan satu pulsa negatif ke controller.
GAME MAZE BLOCK
kali ini saya Tio Pamungkas dari 3IA09 dengan NPM:58413918 akan menjelaskan sedikit tentang ide dan pembuatan game “Maze Block” yang menggunakan aplikasi blender. Saya sarankan perhatikan dengan baik-baik. Selain untuk membuat desain grafis blender juga menyediakan fitur blender game, dimana game yang di buat berbentuk 3 dimensi. Blender menyediakan fitur-fitur controller yang cukup lengkap pada menu-nya. Oleh karena itu pembuatan game pada blender dapat dengan mudah dipahami.
Sebelum menggunakan blender untuk membuat game kita harus memahami fungsi-fungsi yang ada pada tool maupun key yang digunakan. Seperti contoh numlock 7 ialah untuk mengarahkan kamera tepat disisi atas objek ( kubus adalah objek default awalnya ). Dan numlock 1 untuk melihat objek dari sisi samping. Klik shift+A untuk nambahkan objek . Itu adalah sedikit contoh dari tool dan key pada blender, selanjutnya kita langsung masuk pada pembuatan game pada blender.
Karena disini tujuannya membuat game labirin,maka kita harus membuat sebuah labirin yang dapat dibentuk dengan menggunakan Plane yang terdapat pada blender,kemudian dari plane tersebut baru kita bisa membuat model labirin sesuai yang kita inginkan menggunakan tool extrude plane.Terlihat seperti gambar dibawah ini yang berperan sebagai pemain adalah sebuah kubus berwarna putih yang akan melewati rintangan labirin dengan tambahan gangguan dari kubus berwarna merah yang dibuat,jika berhasil melewati semua rintangan maka tentunya akan mencapai finish/menang.
Untuk membuat sebuah game,tentunya harus memiliki logika agar mencapai suatu tujuan,pada tutorial yang saya pelajari,kita harus masuk ke menu blender game dan tampilan logic break agar kita bisa memberi logika pada game kita,disini akan diberi logika untuk si pemain(kubus putih) agar bisa bergerak sesuai yang kita kehendaki menggunakan keyboard.
Terdapat tiga tools utama untuk memberi logika pada objek,yaitu Sensor,Controller dan Actuator.
Sensor berfungsi sebagai alat penggerak objek,disini memakai keyboard sebagai penggerak objek
Controller adalah alur logika untuk menghubungkan antara sensor dan actuator,contoh controller seperti and,or dll.
Kemudian Actuator berfungsi sebagai pemberi aksi pada objek,actuator dapat
membuat objek bergerak.Seperti gambar dibawah ini pertama beri sensor pada
objek kubus putih berupa keyboard agar kita bisa menjalankan objek menggunakan
keyboard,kemudian pada beri pilih actuator dan motion yang berfungsi memberi
gerak pada si objek.Pada motion,terdapat sumbu x,y,z yang biasa digunakan
blender untuk menentukan titik koordinat daerah yang akan dilewati.Agar kubus
dapat bergerak maju,maka atur sumbu x sebesar 0.1 dan sumbu yang lainnya
dibiarkan 0.Sebaliknya agar kubus dapat bergerak mundur,atur sumbu x menjadi
-0.1 dan sumbu lainnya dibiarkan 0 juga.begitu juga untuk berjalan ke kanan
kekiri kita harus menentukan sumbu apa yang bisa digunakan.Nah,untuk
menggabungkan antara keyboard dan gerak yang sudah diatur,maka digunakan
controller and agar logika keyboard dan motion dapat berjalan bersamaan.
Dan outputnya kira-kira seperti ini:
Referensi : //nurulhanifah28.blogspot.co.id/2015/04/tutorial-game-labirin-menggunakan.html
MEMBUAT ARENA PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER
I. PENGERTIAN BLENDER
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalti kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Keunggulan Blender 3D• Interface yang user friendly dan tertata rapi.
• Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
• texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
• Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
• bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
• Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisadikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
• File Berukuran kecil.
• Free (gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik.
II. CARA MEMBUAT BASKET GAME
Dalam Makalah ini berisi tentang cara membuat game basket sederhana, pada pembuatan objek ini saya menggunakan aplikasi Blender 2.71, Game basket ini adalah game yang di kembangkan dari game memasukkan bola ke lubang hanya pda game basket ini nilai yang ada berada di atas atau lubangnnya tidak dibawah melainkan diatas jadi permainan ini mirip dengan permainan basket.Scene Pembuka
Langkah awal adalah dengan mengatur letak camera menghadap kebawah yang mengarah pada suatu plane dengan mengklik kanan kamera lalu tekan N, akan muncul properties untuk mengatur posisi kamera lalu masukkan pada kolom location dengan X=0,Y=0,Z=10 , jjuga rotasi X=Y=Z=0. Seperti ini.
Scene Permainan
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
def init():
#first time there will not be an 'init' property
if not 'init' in own:
#create property 'init'
own['init'] = 1
if not 'score' in bge.logic.globalDict:
#create propery and set initial value
bge.logic.globalDict['score'] = 0
bge.logic.globalDict['timer'] = 0
def update():
#update he game score from global dictionary
own['score'] = bge.logic.globalDict['score']
bge.logic.globalDict['timer'] += 0.0167
own['time'] = bge.logic.globalDict['timer']
init()
update()
main() script ini berguna untuk deklarasi untuk nilai pertama pada variabble score dan time yang nantinya keduanya akan di proses pada script nilai add5,8, dan 10. di game propertie ada beberapa type data yang digunakan diantara : Score = integer dan timer=float
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
own.text = "Time %4.1f" % (30 – bge.logic.globalDict['timer']) main() "Time %4.1f" % (30 --> untuk memulai nilai dari timer dari detik ke 30 pada proses score
cont = bge.logic.getCurrentController()
own = cont.owner
own.text = "Score " + str(bge.logic.globalDict['score']) main() variable Score nantinya akan di jumlahkan dari setiap script pada ring yang bernomor 10 5 dan 8.
Scene Finish
Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat scene akhir, scene tersebut berguna sebagai scene terakhir dan memberi pernyataan bahwa kita telah menyelesaikan permainan. Langkah yang awal yang harus kita lakukan adalah buat objek Plane dengan menekan SHIFT+A>Mesh>Plane dan membesarkannya dengan menekan S. Lalu diberi teks, dan diberi warna seperti ini
III CARA MEMBUAT SOCCER GAME
Dalam Makalah ini berisi tentang cara membuat game sederhana, pada pembuatan objek ini saya menggunakan aplikasi Blender 2.71, Game sederhana tersebut berisi sebuah objek berbentuk kubus, dan lapangan sepak bola serta masing masing gawangnya. Untuk lebih jelasnya saya akan membahas satu bagaimana membuat objek-objek tersebut.Scene Pembuka
Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat scene pembuka, scene tersebut berguna untuk masuk kedalam permainan. Langkah yang awal yang harus kita lakukan adalah masuk kedalam blender, kemudian ganti Blender Render menjadi Blender Game dan buat objek Plane dengan menekan SHIFT+A>Mesh>Plane dan membesarkannya dengan menekan S. Lalu tambahkan plane lagi diatas plane yang sebelumnya dan berikan di plane tersebut dengan menekan SHIFT+A>Text. Kemudian plane dan text tersebut kita beri warna dengan cara masuk kedalam Material kemudian pilih warna yang kita inginkan. Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara supaya tulisan yang sudah kita buat sebelumnya dapat berfungsi seperti tombol button yang dapat berpindah ke scene selanjutnya atau scene permainan. Kita masuk ke Game Logic, untuk memudahkan pembaca saya akan menyertai gambar dibawah ini.
Ini adalah bentuk game Logic pada menu Credit.
Ini adalah bentuk game Logic pada menu Exit.
Scene Permainan
Sekarang kita masuk kedalam Scene Permainan, pada Scene ini kita kembali membuat Plane,sehingga membentuk sebuah lapangan sepak bola. Lalu kita juga membuat sebuah objek dengan menggunakan kubus dan sebuah bola dengan uv sphere. Lalu untuk score
Selanjutnya adalah menyimpan project ini dengan ekstensi .exe, langkah pertama yaitu buka File>User Preferences>Addons>Game Engine>Game Engine: Save As Game Engine Runtime>Save User Settings>Close. Buka File>Export>Save As Game Engine Runtime, maka game sudah tersimpan dengan ekstensi .exe.
Nama :
Angga Setyo S 50412892
M. Yafie D 55412129
Okta Panca P 55412579
Rizky Darmawan 58412318
Game:
Soccer VS Basket