4000 jam sama dengan berapa hari

4000 jam berapa menit, inilah satu kalimat yang seharusnya bisa dijawab oleh manusia terpelajar. Artikel ini akan membahas lima hal mengenai juga hal yang mungkin dilakukan termasuk perhitungan matematika yang bisa dipakai untuk menghitung banyak menit dari 4000 jam. Apa saja lima hal ini? Langsung saja simak uraian berikut:

1. Dengan Konsep Waktu

Satuan internasional dari waktu adalah detik. Pada suatu pertemuan untuk menentukan satuan internasional dari waktu, satu detik diberi rumusan sebagai waktu yang diperlukan oleh atom Cesium-133 untuk bergerak-gerak sebanyak 9.192.631.770 kali. Sekarang diketahui setiap 60 detik dianggap sebagai 1 menit, dan setiap 60 menit dianggap sebagai 1 jam.

Ternyata untuk mendapatkan angka-angka ini ternyata sangat tidak mudah dan diperlukan waktu yang sangat panjang diawali dengan dengan jam matahari yang dipakai oleh orang Mesir. Jarum menit sendiri baru muncul pada tahun 1680 dan beberapa tahun kemudian jarum detik muncul. Jadi 4000 jam berapa menit belum dapat dijawab sebelum tahun 1680 karena saat itu belum ada konsep menit.

2. Dengan Rumus yang Sudah Ditetapkan

Satu jam adalah 60 menit sudah menjadi rumus yang diajarkan pada sekolah-sekolah. Jadi sangat mudah untuk menjawab pertanyaan 4000 jam berapa menit sangat mudah yaitu tinggal mengalikan 4000 dengan 60 dan didapat jawaban 240.000.

Tetapi pertanyaannya dari mana para ahli mendapatkan rumus 1 jam sama dengan 60 menit? Untuk menetapkan hal ini manusia memerlukan waktu yang sangat lama. Dari bangsa Mesir yang menggunakan basis perhitungan 12 sampai bangsa Yunani yang suka memakai basis angka 60. Yang jelas konsep-konsep ini diamati dari pergerakan benda-benda di angkasa seperti matahari, bulan atau bintang, terutama matahari.

3. Dengan Operasi Hitung Matematika

Operasi hitung matematika adalah tambah, kurang, kali dan bagi. Dengan memperhatikan konsep jam, pengamat tahu bahwa waktu satu jam diperoleh setelah jarum menit berputar selama enam puluh kali. Dari sini diketahui bahwa operasi hitung matematika yang berupa perkalian bisa dipergunakan untuk merubah satuan jam menjadi menit.

Cara menghitung perubahan satuan dari 4000 jam menjadi menit bisa memakai perhitungan berikut ini:

1 jam = 60 menit (rumus)

Lalu, gunakan perhitungan matematika dengan operasi hitung kali:

4000 jam = 4000 x 60  = 240.000 menit

Jadi persamaannya 4.000 jam = 240.000 menit

4. Dalam Bentuk Pecahan

Suatu angka tidak selalu berwujud bilangan bulat, ada juga bentuk pecahan dari suatu bilangan. Untuk konversi 4000 jam dalam menit bisa dinyatakan dalam bentuk pecahan bila basis untuk menghitung jam bukan basis 60.

Dalam bentuk pecahan 4000 jam adalah 166 67/100 hari, dalam perhitungan konversi 4000 jam berapa menit kebetulan semuanya adalah bilangan bulat. Tetapi bisa saja hasil yang didapat 240.000 dinyatakan dalam pecahan campuran yaitu 240.000 0/0. Angka nol dibelakang angka bukan bilangan signifikan sehingga bisa tidak dituliskan. Atau bisa juga dituliskan 2.400.000/10

5. Dalam Bentuk Desimal

Hasil dari perhitungan 4000 jam dalam menit yaitu 240.000 bisa juga disajikan dalam bentuk desimal yaitu 2,4 x 10 pangkat 5. Bilangan desimal sendiri adalah bilangan yang memakai 10 sebagai dasar. Jadi hanya menyebutkan angka 0,1 sampai 9. Jika angka yang disebut terlalu besar, maka bisa menyajikannya dengan ringkas dengan mengalikan bentuk desimal bilangan tadi (yang kurang dari 10) lalu mengalikannya dengan 10 dengan pangkatnya.

Karena tanpa tahu perhitungan jam tayang, bukan tak mungkin kamu akan capek dan lelah sendiri. Mengingat view banyak tapi jam tayang belum tercapai. Oleh karena itu, sanepo akan menjelaskan kepada kalian semua gambaran jam tayang YouTube.

Baca Cepat

  • 1 Cara Menghitung Jam Tayang YouTube
  • 2 Faktor Perhitungan Jumlah Jam Tayang YouTube
    • 2.1 1. Durasi Video

cara menghitung jam tayang YouTube

Mungkin diantara kamu masih ada yang bingung apa bedanya view dan jam tayang? Jam tayang merupakan waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video yang kamu buat. Sedangkan view merupakan jumlah orang yang menonton video kamu.

Untuk bisa menghitung jam tayang di YouTube, ada beberapa acuan yang bisa kita pakai. Pertama kita perlu menggunakan acuan jam. Mungkin diantara kamu masih ada yang bingung 4000 jam berapa jam tayang. 

Berdasarkan informasi yang sanepo dapatkan, 4000 jam tayangharus kamu capai selama setengah tahun atau sekitar 167 hari. Ini artinya, dalam satu tahun, paling tidak channel YouTube kamu memiliki view yang stabil sebelum melakukan monetisasi.

Cara melihat 4000 jam tayang pada channel YouTube hanya perlu mengakses creator studio. Sayangnya dalam Creator Studio, statistik yang ditampilkan merupakan statistik menit. Jadi total menit yang telah ditonton orang lain di video milikmu. 

Kalau kita hitung dengan acuan menit, untuk 1 jam sama dengan 60 menit. Jadi untuk 4000 jam maka sama dengan 240.000 menit. Oleh karena itu, kamu memerlukan waktu dengan durasi 240.000 menit untuk bisa monetisasi.

Faktor Perhitungan Jumlah Jam Tayang YouTube

Faktor yang mempengaruhi jam tayang

Ada dua faktor yang mempengaruhi perhitungan jam tayang YouTube, yakni durasi video dan jumlah video. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan berikut ini. 

1. Durasi Video

Durasi video menjadi sangat penting untuk bisa merangkak naik dan ditonton secara keseluruhan oleh orang lain. Durasi yang disukai oleh orang untuk menonton video YouTube yakni dibawah 10 menit. 

Durasi yang tak terlalu panjang biasanya lebih disukai oleh orang lain. Sehingga mereka bisa menonton video yang kamu buat hingga selesai. Durasi yang pendek juga memungkinkan videomu direkomendasikan oleh YouTube. 

Berapa lama mendapatkan 4000 jam tayang Youtube?

Banyak orang yang penasaran nih berapa lama sih waktu yang kita butuhkan agar dalam 12 bulan itu bisa mendapatkan 4000 jam tayang Youtube. 4000 jam tayang ini kan sama dengan 240.000 menit tayangan video.

4000 jam tayang itu apa?

Maksud dari 4000 jam tayang ini yaitu video-video yang terdapat pada channel Youtube Anda sudah ada yang menontonnya sebanyak 4000 jam, dalam waktu 12 bulan terakhir. Semua itu bisa Anda lihat dari akumulasi total jumlah jam tayang keseluruhan video.

Apakah Youtube Shorts harus 1000 subscriber?

Kreator Shorts harus memiliki setidaknya 1000 subscriber di channel atau akunnya.

Berapa durasi minimal video Youtube Untuk AdSense?

Penempatan iklan video harus terdengar suaranya secara default. Iklan scroll tidak diizinkan untuk TrueView. Untuk mid-roll, durasi konten video harus setidaknya 10 menit.

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA